Tuesday, October 13, 2020

PENDERITAAN: Sarana Untuk Memurnikan

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 13 Oktober 2020

Baca:  1 Petrus 2:18-25

"Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung."  1 Petrus 2:19

Selama menjalani hari-hari di dunia ini tak seorang pun dapat melepaskan diri dari masalah, krisis, sakit-penyakit, kesukaran, tekanan dan sebagainya.  Bagaimanapun juga hal-hal itu adalah bagian dari kehidupan manusia.  Musa menyebutkan bahwa kesukaran dan penderitaan adalah kebanggaan hidup manusia  (Mazmur 90:10).  Sesungguhnya semua orang takkan pernah rela hati mengalami masalah, walau kenyataannya hampir semua orang pasti pernah mengalami semuanya itu.  Masalah dan penderitaan itu datang bukan karena dicari, bahkan bisa saja datang tiba-tiba tanpa diundang sekalipun kita sudah berusah untuk lari menghindarinya, namun pada akhirnya datang dan melanda hidup kita.

     Rasul Petrus menyatakan,  "Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa?"  (1 Petrus 2:20), namun jika kita sudah berbuat baik dan melakukan kebenaran tapi harus menderita, itu adalah kasih karunia.  Jadi bila kita diijinkan mengalami masalah dan penderitaan, sekalipun kita sudah hidup dalam kebenaran, itu artinya Tuhan punya maksud, yaitu menaikkan level iman, memroses dan memurnikan hidup kita, hingga kehendak dan rencana-Nya digenapi dalam hidup kita:  "Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia."  (2 Timotius 2:21).  Karena itu tetaplah mengucap syukur dalam segala hal!  Tetapi kita harus ingat juga bahwa masalah dan penderitaan bisa terjadi karena serangan dari Iblis, karena dia datang hanya untuk mencuri, membunuh dan membinasakan  (Yohanes 10:10a).  Dalam situasi ini, tidak ada jalan lain selain kita harus melawannya dengan iman yang teguh  (1 Petrus 5:9).

     Kita harus percaya bahwa Tuhan pasti menjaga dan memelihara hidup kita, kecuali jika ada celah yang terbuka bagi Iblis, yaitu dosa dan pelanggaran kita sendiri.  Ketidaktaatan selalu mendatangkan akibat!  Jika kita tidak segera bertobat, Iblis akan masuk, menyerang dan menguasai kita, penderitaan pun harus kita alami.

Menanggung penderitaan karena hidup dalam kebenarana dalah jalan menuju kepada hidup yang dimuliakan, sebab tanpa salib tak ada kemuliaan!

22 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya Bapa,Tuhan Yesus,kami menyerahkan hidup kami didalam tangan kuat kuasaMu Bapa,sertai dan lindungi kami Bapa dari segala yang jahat,tutup bungkus kami dengan kuat kuasa darah YesusMu Bapa untuk kami dan keluarga kami Bapa,amin

    ReplyDelete
  2. Karena salibMU kuhidup. Haleluya!

    ReplyDelete
  3. Meskipun dalam gumul yang berat, tapi bersama dengan Tuhan Yesus selalu dihindarkan dari kuasa kegelapan. Tuhan Yesus lah kekuatanku melawan kuasa iblis.

    ReplyDelete
  4. Apapun yg terjadi tetap mengucap syukur dalam segala hal, dalam penderitaan siap untuk di murnikan, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  5. AminπŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♂️πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  6. Tuhan berikan aku kekuatan untuk mengahadapi segala masalah yg menghimpit kehidupanku. TanganMu menggandeng aku untuk bsa tetap teguh menghadapi nya. Aminnn

    ReplyDelete
  7. Amin Terimakasih Tuhan atas firman mu pada hari ini bapak bapak ampunilah segala dosa besar kami bapak ajar kan kami untuk berjalan dengan kehendak mu bapak di dalam kasih mu tak terbatas bagi kami bapak aku tau kuasa dan kelian hanya ku dapat dari mana mu bapakπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ’–πŸ’–

    ReplyDelete
  8. Amin puji Tuhan. Tuhan mengasihi kita sekalipun sekarang ini Ia mengizinkan penderitaan dan pencobaan dalam hidup kita.Dengan iman kita kepada kasih Tuhan semua penderitaan kita dapat berubah menjadi kemuliaan-NYA dan untuk kebaikan kita.(1Petrus 5:10).

    ReplyDelete
  9. Lulus dengan nilai yang terbaik menjadikan kita naik kelas... begitu pula dalam hidup, rintangan dan cobaan membuat kita semakin tangguh dalam menghadapi masalah... Terima kasih Tuhan Engkau ingatkan kami bahwa hidup ini adalah kasih karunia yang Engkau beri bagi kami... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  10. Amin.. Puji Tuhan.. Tuhan yg kuatkan kita semua dlm menghadapi kesukaran..Ajar kami supaya tidak salah melangkah

    ReplyDelete