Thursday, October 15, 2020

'MESIR' TAK DAPAT MENOLONG KITA!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 15 Oktober 2020

Baca:  Yesaya 31:1-9

"Sebab orang Mesir adalah manusia, bukan allah, dan kuda-kuda mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Apabila TUHAN mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu, dan mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama."  Yesaya 31:3

Kata  'Mesir'  adalah gambaran tentang dunia;  kuda, kereta dan pasukan berkuda adalah gambaran tentang kekayaan dan kekuatan.  Mesir, kuda, kereta dan pasukan berkuda bukanlah sumber pertolongan kita, karena itu jangan sekali-kali kita menyandarkan hidup dan menggantungkan harapan kepada dunia dengan segala yang ada.  "Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus,..."  (Yesaya 31:1).  Orang yang hidup mengandalkan manusia adalah orang yang terkutuk!  "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!"  (Yeremia 17:5).

     Mengapa kita tidak boleh berharap kepada manusia?  Sebab manusia itu tak lebih dari hembusan nafas  (Yesaya 2:22).  Tuhan juga tidak menghendaki kita mengandalkan kepandaian, kekayaan, jabatan, kekuatan diri sendiri.  Bila kita mengandalkan kekayaan kita akan menjadi orang-orang yang paling malang, sebab kekayaan itu sesuatu yang tidak pasti dan mudah lenyap:  "Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali."  (Amsal 23:5).  Kekayaan juga tak bisa menyelamatkan jiwa kita!  Namun dalam hidup sehari-hari banyak orang berlaku sombong, membangga-banggakan harta kekayaan yang dimiliki:  rumah mewah, mobil mewah, tabungan atau deposito di bank, dan sebagainya.  Mereka berpikir bahwa memiliki kekayaan berarti bisa melakukan segala-galanya dan berbuat sekehendak hati kita.

     Hari ini kita diingatkan:  adalah sia-sia berharap pada manusia dan semua yang ada di dunia ini!  Dalam segala hal mari kita hidup mengandalkan Tuhan saja!  Dia lebih daripada cukup, sebab pengharapan di dalam Tuhan itu tidak pernah mengecewakan!

"Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!"  Yeremia 17:7

31 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya Bapa,Bapa ampuni segala dosa kami Bapa,jauhkan kami dari segala yang jahat,jauhkan kami dari segala percobaan Bapa,Bapa kuasailah roh,tubuh dan jiwa kami Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,amin

    ReplyDelete
  2. Tuhan Yesus terima kasih karena Engkau adalah satu-satunya pengharapan kami

    ReplyDelete
  3. "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!" (Yeremia 17:5). Mari kita andalkan Tuhan saja sebab pengharapan di dalam Tuhan itu tidak pernah mengecewakan!

    ReplyDelete
  4. Puji Tuhan.....
    Tuhan Yesus yang selalu ku andalkan dalam hidup ku sebagai sumber segala kekuatan dan pertolongan.
    Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  5. Amin...Tuhan Yesus Memberkati...πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  6. Andalkan Tuhan lebih dari segalanya... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih Bapa atas berkat dan rejeki Tuhan berikan kepada saya dan kesehatan serta kekuatan dalam kehidupan dan pekerjaan saya, kiranya Tuhan tetap selalu menyertai saya dalam hidup dan pekerjaan saya. Amin

    ReplyDelete
  8. Amin Terimakasih Tuhan atas firman hari ini bapak ampunilah segala dosaku dan keluarga ku bapak bapak harapan ku dan masa depan aku hanya lh ketentuan dari mu bapak Terimakasih Tuhan dan hanya lh Engakau sumber kekuatan ku mulai dari sekarang ini sampai sela2nya Tuhan Amin πŸ™ GBU TYM

    ReplyDelete
  9. Amin puji Tuhan. Bersandar pada manusia adalah awal dari kehancuran.Oleh karena itu Allah memerintahkan kita umatNYA untuk tidak takut dan gentar ditengah-tengah kepungan kekuatan dan kekuasaan dunia,serta penyakit dan penderitaan.Karena Tuhan akan menolong kita.(Yeremia 46:27-28).

    ReplyDelete
  10. AminπŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  11. amin diberkatilah orang yang memiliki blog ini. Tuhan memberkatimu dan keluargamu,karena blog anda memberikan kekuatan iman kita setiap hari.

    ReplyDelete