Monday, August 24, 2020

ANAK MUDA KRISTIANI: Masa Depan Gereja

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 24 Agustus 2020

Baca:  Amsal 22:1-16

"Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya."  Amsal 22:15

Ngeri!  Itulah kesan yang timbul bila kita melihat dan memperhatikan kehidupan orang muda di zaman sekarang ini.  Kenakalan remaja/pemuda ada di mana-mana, bukan hanya terjadi di kota-kota besar, tapi hampir terjadi di semua tempat.  Kehidupan anak-anak muda benar-benar rentan dengan pengaruh buruk:  pergaulan bebas  (free sex), terjerumus dalam narkoba, terlibat dalam prostitusi, menjadi korban trafficking atau perdagangan manusia yaitu perekrutan, pengiriman, atau penampungan orang-orang dengan cara ancaman atau kekerasan demi tujuan eksploitasi, pelacuran, perbudakan, dan sebagainya.

     Kaum muda Kristiani benar-benar harus menjadi perhatian utama gereja, sebab mereka adalah aset berharga dan masa depan gereja.  Jangan sampai mereka terbawa oleh arus dunia ini!  Pemazmur menyatakan,  "Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu."  (Mazmur 119:9).  Hanya dengan firman Tuhan-lah orang muda dapat mempertahankan kelakuannya tetap bersih dan sesuai dengan kehendak Tuhan.  Tidak ada jalan lain selain para muda harus banyak melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan rohani, supaya waktu-waktu luang yang ada mereka pergunakan untuk perkara-perkara yang membangun iman.  Mereka harus melatih diri dalam hal ibadah  (1 Timotius 4:8), bukan malah menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah.  Giatkanlah melakukan ini menjelang hari Tuhan yang mendekat  (Ibrani 10:25).  Semakin banyak mereka mendengarkan firman Tuhan, semakin bertumbuhlah iman mereka, karena iman timbul dari pendengaran firman Kristus  (Roma 10:17).  Sayangnya banyak anak muda Kristen memilih untuk berkompromi dengan cara hidup dunia oleh karena mereka takut ditolak, dibenci, atau ditinggalkan teman.

     Usia muda adalah  'usia emas'  melayani Tuhan dengan memaksimalkan potensi.  Paulus pada Timotius,  "Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu." (1 Timotius 4:12).

"Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan..."  2 Timotius 2:22

37 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus buat FirmanNya,Bapa beri kami roh hikmat untuk mendidik anak kami agar mengerti FirmanMu Bapa,kuasailah roh,tubuh dan jiwa kami Bapa dan anak-anak kami Bapa agar tetap berada didalam Kristus Yesus,terima kasih Tuhan Yesus,amin

    ReplyDelete
  2. AminπŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♂️

    ReplyDelete
  3. Orang muda adalah tiang gereja.

    ReplyDelete
  4. Amin..Tuhan Yesus berkatilah anak2 kamiπŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  5. Hai orang muda sudah saatnya hidupmu dalam perkenanan Tuhan dan jangan pernah lagi kompromi dengan cara hidup dunia. Terpujilah namaMU Tuhan.

    ReplyDelete
  6. Pujih Tuhan karena kesempatan Adalah Anugerah Tuhan. Untuk melayani Tuhan
    Selagi mada bisa,masih mampu dan masih kuat untuk Tuhan dan jadi berkat untuk orang orang disekitarnya.

    ReplyDelete
  7. Tuhan yg memampukan kami, untuk dapat mendidik anak2 kami khususnya kaum muda, untuk mempertahankan kelakuannya tetap bersih, berjalan sesuai Firman Tuhan..Amin..

    ReplyDelete
  8. Anak2 kita perlu dididik dan dibiasakan berkumpul sekeluarga tiap2 hari bermezbah dan syaring firman Tuhan...Dengan demikian mereka akan terdidik mendengar dan melaksanakan firman Tuhan...Kami berdoa agar anak2 kita kelak dipakai Tuhan dengan luar biasa...Amin.

    ReplyDelete
  9. Tuhan terimakasih atas berita anugerah yang kami baca, ampuni akan dosa kami yang sudah kami perbuat dan jauhkan kami dari bencana dan orang yang ingin mencelakan kami serta yang iri kepada kami dan berikan berkat dan rejeki Tuhan dalam kehidupan kami, amin

    ReplyDelete
  10. Bapa aku mohon ampunilah kesalahanku yang selalu melawan akan kehendakMu dan tuntunlah aku kejalan yang benar, karena hanya Engkaulah yang kami harapkan dalam kehidupan ini.Amin

    ReplyDelete