Friday, June 26, 2020

TAK BERAKAR KUAT: Mudah Sekali Goyah

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 26 Juni 2020


"Sekalipun demikian mereka masih saja berbuat dosa dan tidak percaya kepada perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib."  Mazmur 78:32

Kondisi dan situasi yang terjadi di sekitar atau segala sesuatu yang tampak secara kasat mata acapkali memengaruhi sikap hati kita, terlebih-lebih bagi mereka yang masih belum dewasa rohaninya.  Firman Tuhan yang belum berakar kuat akan membuat iman mereka langsung drop begitu angin atau badai datang menerpa, semangat dalam mengiring Tuhan menyurut, keraguan dan kebimbangan melanda.

     Keadaan ini tak jauh berbeda dengan perjalanan iman bangsa Israel di masa lampau yang seringkali mengalami jatuh bangun dalam pengiringannya kepada Tuhan.  Jika suasana enak dan menyenangkan, mereka bisa memuji-muji Tuhan ketika mengalami pertolongan dan mujizat dari-Nya.  Saat melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana Tuhan membelah Laut Teberau,  -sehingga mereka dapat berjalan di tengah lautan seperti berjalan di atas tanah kering-,  mereka bermazmur bagi Tuhan dan memuliakan nama-Nya.  Namun begitu diperhadapkan dengan situasi sulit, kesukaran dan tantangan yang berat, dengan secepat kilat sikap hati mereka berubah 180 derajat:  menggerutu, mengeluh, mengomel, bersungut-sungut, marah kepada pemimpin dan marah kepada Tuhan.  "Berapa kali mereka memberontak terhadap Dia di padang gurun, dan menyusahkan hati-Nya di padang belantara! Mereka tidak ingat kepada kekuasaan-Nya, kepada hari Ia membebaskan mereka dari pada lawan, ketika Ia mengadakan tanda-tanda di Mesir dan mujizat-mujizat di padang Zoan."  (Mazmur 78:40, 42, 43).  Mereka benar-benar telah melukai dan menyakiti hati Tuhan.  Begitulah keadaannya bila firman Tuhan tidak berakar kuat di dalam hidup seseorang!

     Sebagai orang percaya kita diingatkan bahwa hidup kita ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat!  Jika mata kita hanya melihat pada besarnya masalah, besarnya pergumulan, atau terpaku pada  'Goliat' si raksasa, kita akan mudah lemah dan jatuh.  Sebaliknya, jika firman Tuhan berakar kuat di dalam kita, kita akan mampu berjalan dengan mata iman, dan pandangan kita terarah kepada Tuhan yang adalah Jehovah Gibbor  (Tuhan yang perkasa), El Shaddai  (Tuhan yang Mahakuasa).

Tinggallah di dalam firman Tuhan supaya iman kita tetap kuat di segala keadaan!

25 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,Bapa beri kami dewasa rohani Bapa,ampuni segala kesalahan kami Bapa,kami menyerahkan hidup kami didalam tangan kuat kuasaMu Bapa,amin

    ReplyDelete
  2. Ya Tuhan aku percaya padaMu walau mujizat yg Engkau beri tidak sedasyat mujizat yg Engkau beri bagi umat kesayanganMu Israel... Kesehatan dan berkatMu setiap hari sungguh membuatku terkagum kagum... Apa yg Engkau buat sungguh baik adanya... Terima kasih Yesus atas firmanMu yg sangat membuatku selalu mengucap syukur padaMu... Pagi ini hamba berterima kasih atas pemeliharaanMu bagi istri dan anak2ku...terutama buat istri yg berulang Tahun...Halleluya Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ulang tahun buat istrinya pak.sehat semua keluarga Tuhan Yesus memberkati

      Delete
    2. Selamat Ulang Tahun buat istri pak,Tuhan Yesus beri kesehatan buat seluruh keluarga,Tuhan Yesus berkati,amin

      Delete
    3. Terima kasih ya...TUHAN YESUS MEMBERKATI

      Delete
  3. El Shaddai, Jehovah Gibbor !!

    ReplyDelete
  4. Amin, kiranya Kasih TUHAN YESUS Memampukan kita untuk selalu kuat dalam setiap keadaan dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  5. Trima kasih ya Tuhan. Lagi2 Engkau mengingatkan padaku utk sll berakar kuat pada-Mu. Amin.

    ReplyDelete
  6. Sangat menguatkan kak :)Gbu..

    ReplyDelete
  7. Sangat Menguatkan ka, Terkmakasih. GBUπŸ™

    ReplyDelete
  8. Aminnn πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  9. Dalam kelemahan ku, Tuhan Yesus yang memegang tangan ku agar tidak goyah menggumuli beban hidup ini melainkan tetap kokoh didalam Tuhan.
    Halelluyah,,,, Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  10. Amin πŸ™


    God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  11. Hanya bersamaMU Tuhan Yesus kami bisa berakar kuat dalam iman kepada Bapa Yang Disurga aminπŸ™

    ReplyDelete
  12. Puji Tuhan Yesus dengan segenap hati dan kakuatan kita...

    ReplyDelete
  13. Amin Terpujilah nama-Mu yang Agung dan Mulia di dalam Kristus Yesus Tuhan.πŸ™πŸ™πŸ™πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  14. Tuhan Yesus Yehova Gibbor, perkasa dalam menolong ku.....
    Amin....

    ReplyDelete