Thursday, June 25, 2020

TAK MEMENUHI PERSYARATAN TUHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 25 Juni 2020


"Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya."  Yohanes 15:7

Ayat nas ini menjadi ayat favorit banyak orang Kristen, mereka seringkali menggunakan ayat ini sebagai senjata untuk komplain dan mengklaim Tuhan agar doa-doanya dijawab dan segala keinginannya terpenuhi.  Sekalipun selalu memperkatakan ayat ini setiap hari, hal itu tidak akan membawa hasil jika syarat yang diminta Tuhan tidak kita penuhi.

     Apa yang kita minta Tuhan akan berikan dan sediakan, asalkan kita memenuhi persyaratan yang Tuhan kehendaki.  Syarat pertama adalah:  "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku..."  (ayat nas).  Tinggal di dalam Tuhan ini berbicara tentang persekutuan yang karib dengan Tuhan, seperti ranting yang melekat pada pokok anggur!  "Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku."  (Yohanes 15:4).  Tinggal di dalam Tuhan berarti hidup seseorang benar-benar dalam pimpinan Roh Tuhan, sehingga seluruh kehendak pribadi harus dimatikan dan ditaklukkan untuk Kristus,  "...aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku."  (Galatia 2:20),  "Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil."  (Yohanes 3:30).  Orang yang tinggal di dalam Kristus berarti wajib hidup sama seperti Kristus hidup  (1 Yohanes 2:6).  Syarat selanjutnya adalah:  "...firman-Ku tinggal di dalam kamu,"  (ayat nas), ini berbicara tentang ketaatan melakukan firman Tuhan.  Jika firman Tuhan  'tinggal'  di dalam kita,  "demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya."  (Yesaya 55:11).

     Ketika doa-doa kita tak dijawab Tuhan, ketika apa yang kita minta tidak dikabulkan Tuhan, jangan langsung kecewa dan marah kepada Tuhan!  Marilah kita mengoreksi diri:  mungkin selama ini kita belum memenuhi persyaratan yang Tuhan mau.

Jangan hanya menuntut Tuhan untuk memberkati kita, memenuhi keinginan kita, apabila kita sendiri tidak melakukan apa yang menjadi bagian kita!

25 comments:

  1. Aku ingin selalu tinggal pada pokok anggur yg benar yakni selalu melekat kepadaMu Tuhan agar aku dapat berbuah kebaikkan yang Engkau firmankan kepadaku dan semua keluargaku... Pagi ini hambamu berdoa buat semua keluargaku dan semua orang percaya kepadaMu Yesus... Jagalah kami selalu ya Tuhan dijaukan dari virus, kuman, bakteri dan segala sakit penyakit... Kami bangga punya Engkau Tuhan yang sungguh luar biasa dalam hidup kami...Haleluya...Amin.

    ReplyDelete
  2. Amin.πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  3. Kuncinya kuharus menyenangkan hati Tuhan terlebih dahulu agar doaku dijawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus tunduk dan taat pada kehendak Tuhan, maka apa yg kita mau itu juga yg Tuhan mau

      Delete
  4. Biarlah kami terus hidup dalam kebenaranMu, kami terus berbuah bertumbuh dalam firmanMu, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  5. Amin Terpujilah nama Tuhan Yesus Kristus yang adalah pokok anggur dan kita adalah ranting2-Nya; Terima kasih atas kasing sayang dan pemeliharaan Bapa bagi kami di setiap waktu yang Bapa beri dalam menjalani hidup dan kehidupan asal seturut kehendak-Mu sesuai firman Tuhan yang Bapa sampaikan ya dan amin.πŸ™πŸ™πŸ™πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  6. Tuhan Yesus penolongku akan memampukan ku melakukan kehendak-Nya. Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  7. Trima kasih Tuhan Engkau selalu mengingatkanku agar selalu hidup sesuai Firman-Mu. Glory Hallelujah. Amen.

    ReplyDelete
  8. Trima kasih Tuhan Engkau selalu mengingatkanku untuk selalu hidup sesuai Firman-Mu. Glory Hallelujah. Amen.

    ReplyDelete
  9. Tinggal dan melekat pada Tuhan Yesus pasti berbuat lebat. Ajari kami dan mampukanlah ya Tuhan....

    ReplyDelete
  10. Amin πŸ™πŸ™πŸ’ͺ🌹

    ReplyDelete
  11. Kerjakan bagian kita dengan taat dan hidup dalam Firman Tuhan. Then, let God...do the rest.

    ReplyDelete
  12. Amin πŸ™


    God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  13. Tuhan Yesus, aku bersyukur atas segala kasih karunia, rahmat serta kebaikanMu yang telah Engkau berikan kepadaku setiap hari. Ajari aku untuk hidup menurut kebenaranMu. Pimpin aku dalam roh dan kebenaran agar aku tetap percaya akan firmanMu sebagai sumber kehidupanku dan tetap setia sampai selama-lamanya. Amen

    ReplyDelete
  14. terpujilah nama-Mu Yesus. Amin

    ReplyDelete