Friday, April 24, 2020

PANDANG TERUS SALIB KRISTUS

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 24 April 2020

Baca:  Galatia 3:1-14

"Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"  Galatia 3:13

Menurut pandangan orang-orang dunia salib adalah lambang kutuk dan penghukuman, karena itu mereka memandang rendah dan hina orang yang menjalani hukuman di atas kayu salib;  tetapi bagi orang percaya salib justru merupakan sebuah kemenangan yang memerdekakan, yaitu kemenangan atas kutuk dan melepaskan kita dari belenggu dosa.  Kristus yang tidak pernah berbuat dosa dan bahkan tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa, karena dosa dan pelanggaran kita, supaya di dalam Dia kita dibenarkan oleh Bapa  (2 Korintus 5:21).  Juga segala kutuk yang telah membelenggu kehidupan kita ditanggungkan kepada-Nya.  "Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: 'Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!'"  (Galatia 3:13).

     Rasul Paulus menyatakan,  "...pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa,"  (1 Korintus 1:18).  Bagi orang-orang yang akan binasa, berita tentang salib Kristus adalah sebuah kebodohan, karena mereka tidak mengerti tentang rencana keselamatan Bapa bagi dunia melalui Anak-Nya yang tunggal,  "...supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."  (Yohanes 3:16).  Bagi orang yang tidak percaya, salib tetaplah sebuah kutuk yang ditimpakan terhadap orang-orang yang melakukan kejahatan besar, dan mustahil keselamatan atau penebusan dosa manusia diperoleh melalui orang yang mati di atas kayu salib.  Karena itu orang-orang dunia tidak percaya kepada pengorbanan Kristus!

     Orang-orang dunia berprinsip bahwa keselamatan kekal dapat diperoleh melalui amal kebaikan, karena itu mereka berlomba-lomba untuk melakukan amal sebanyak mungkin.  Yang menjadi pertanyaan:  seberapa besar amal yang harus kita lakukan untuk menebus dosa-dosa yang telah kita perbuat selama hidup?  Penebusan dosa hanya dapat dilakukan melalui karya Kristus di atas kayu salib,  "Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa,"  (Efesus 1:7).  Jelas bahwa di luar Kristus tidak ada penebusan dosa dan tidak ada jaminan untuk kehidupan kekal!

"...di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."  (Kisah 4:12), selain di dalam Kristus.

14 comments:

  1. Ya Yesus pengorbanananMu diatas kayu salib telah melepaskan kutuk yang mengikat kami manusia... Kami percaya oleh Iman kami kepadaMu, Engkau akan mencurahkan RohMu yang telah Engkau janjikan bagi kami... Terima kasih Bapa kami terima janjiMu dengan penuh ucapan syukur...Haleluya...Amin.

    ReplyDelete
  2. Amin, karena SalibMu ku hidup, terima kasih Engkau telah menebus dosa2 kami, dengan tergantung di atas kayu Salib, thanks Jesus buat pengorbananMU, haleluya..

    ReplyDelete
  3. Oleh pengorbanan Kristus di kayu salib, dosaku di tebus. Halelluyah, Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  4. Amin ya Bapa dan karena kasih sayang-Mu sajalah, sehingga melalui pengorbanan Anak-Mu Yesus Kristus kami dibebaskan dari dosa dosa kita dan memperoleh keselamatan serta dipulihkan hubungan cinta kasih dengan Bapa di Sorga..Amin.πŸ™πŸ™πŸ™πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  5. AminnnnπŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  6. Terimakasih Bapa didalam Yesus Kristus..pengorbananMU dikayu Salib menyelamatkanku dan ksmi semua yg oercaya padaMU

    ReplyDelete
  7. Terpujilah yesus kristus yg menebus dosa kita di kayu salib.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih Renungan nya TUHAN YESUS SENANTIASA MEMBERKATI YANG SEARCH DI GROUP DAN KITA SEMUA YANG BACA. ...

    ReplyDelete
  9. Puji Tuhan,AminπŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  10. trima kasih Yesus atas pengorbananMu bagi kami yg tak layak ini

    ReplyDelete