Wednesday, January 15, 2020

ORANG PERCAYA: Dipanggil Menjadi Terang (1)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 15 Januari 2020

Baca:  Yesaya 60:1-22

"Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu."  Yesaya 60:1

Hidup orang percaya adalah hidup yang berjalan bersama Kristus setiap hari.  Sebagaimana Kristus adalah terang dunia:  "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."  (Yohanes 8:12), maka orang percaya pun dituntut untuk bisa menjadi terang, sebab  "Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup."  (1 Yohanes 2:6).  "Kamu adalah terang dunia. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."  (Matius 5:14a, 16).

     Hidup yang menjadi terang berarti orang percaya tidak lagi menjalani hidup secara asal-asalan, tetapi punya kehidupan yang berarti dan berdampak bagi dunia.  Karena itu orang percaya harus mengalami percepatan untuk bangkit dari segala permasalahan hidup, bangkit dari keterpurukan, dan bangkit dari segala ketertinggalan.  "...marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita."  (Ibrani 12:1).  Itulah cara agar supaya kehidupan kita bisa menjadi kesaksian yang baik.  Tanpa memiliki kehidupan yang berbeda dari orang-orang dunia, kita tidak akan bisa menjadi terang dan menyatakan kemuliaan Kristus di tengah-tengah dunia ini.  Perhatikan dunia saat ini!  Dunia semakin hari semakin kelam dan diliputi oleh kegelapan yang teramat pekat.

     Karena dunia berada dalam kegelapan, banyak orang dibelenggu oleh ketakutan, banyak orang tidak lagi malu berbuat dosa.  Kehidupan orang-orang dunia saat ini benar-benar semakin jauh dari kehendak Tuhan.  Mereka sudah tidak lagi menyadari dan menganggap bahwa Tuhan itu tidak ada, sehingga mereka dengan sengaja hidup dalam dosa.  Itulah sebabnya orang percaya dipanggil untuk menjadi terang di tengah-tengah mereka, sebab kita ini adalah anak-anak terang, yang telah dipanggil keluar dari kegelapan kepada terang Kristus yang ajaib  (1 Petrus 2:9).  Terang itu hanya berbuahkan kebaikan, keadilan dan kebenaran  (Efesus 5:9).  Kalau orang percaya tidak bisa menjadi terang, orang-orang dunia meneladani siapa?

15 comments:

  1. Tuntunan Tuhan Yesus memampukan ku untuk tetap semangat mengiring Yesus.

    ReplyDelete
  2. Haleluya Puji Tuhan... πŸ™
    Tuhan tuntunlah kami selalu berjalan dalam dunia akhir zaman ini... πŸ™ πŸ™ πŸ™

    ReplyDelete
  3. Terpujilah nama Tuhan Yesus Kristus amin.πŸ™πŸ™πŸ™πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  4. Amiiinnnn,,,,terpujilah nama Tuhan Yesus juruselamat kita

    ReplyDelete
  5. Amiiinnn,,,,terpujilah nama Tuhan Yesus

    ReplyDelete
  6. Bertahanlah terus, menjadi Terang di dlm Dunia yg semakin suram iniπŸ‘

    ReplyDelete
  7. Amin. Mohon doa dr bpk/ ibu saudara seiman utk sy agar dikuatkan dan diberi ketenangan hati dan pikiran buat saya. Terimakasih TYM.

    ReplyDelete
  8. Amin jesus blees youπŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete