Friday, December 20, 2019

JANGANLAH JADI ORANG MUNAFIK

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 20 Desember 2019

Baca:  Yesaya 29:9-16

"Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,"  Yesaya 29:13

Banyak orang Kristen memandang remeh arti pengorbanan Kristus di kayu salib.  Mereka berpikir bahwa dengan percaya kepada Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat itu sudah cukup, dan pasti diselamatkan.  Percaya kepada Kristus adalah jalan yang benar untuk kita memperoleh keselamatan, sebab ada tertulis:  "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."  (Kisah 4:12).  Namun demikian bukan berarti setelah percaya kepada-Nya kita boleh hidup seenaknya sendiri atau bermain-main dengan dosa.  Perhatikan!  Sekalipun sudah menjadi Kristen tetapi bila dalam hidup ini kita tidak mau taat menuruti firman Tuhan, kita juga akan mengalami kebinasaan kekal.  Tuhan berfirman dengan keras:  "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga."  (Matius 7:21).

     Agama, denominasi gereja atau pelayanan tidak menjamin orang masuk ke dalam Kerajaan Sorga, apalagi jika ibadah dan pelayanan hanya dipakai sebagai kedok.  Tuhan menentang ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, yang tahu tentang kebenaran dan bahkan mengajarkan kebenaran kepada orang lain, tetapi diri mereka sendiri tidak hidup dalam kebenaran:  "Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan."  (Matius 23:23, 28).

     Tuhan sangat benci dengan kemunafikan!  Yang Tuhan cari adalah orang-orang yang punya hati hamba yang mau taat melakukan kehendak Tuhan.

Karena kita telah diselamatkan, marilah kita mengerjakan keselamatan itu dengan ketaatan penuh.  Itu yang akan membawa kita kepada keselamatan kekal!

12 comments: