Wednesday, November 13, 2019

ORANG PERCAYA PUNYA MASA DEPAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 13 November 2019

Baca:  Amsal 23:1-18

"Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang."  Amsal 23:18

Setiap orang, tanpa terkecuali, punya kesempatan yang sama untuk memiliki masa depan yang cerah.  Demi meraih masa depan yang cerah semua orang berusaha dan bekerja dengan keras;  para orangtua berusaha menyekolahkan anak-anaknya di sekolah yang terbaik, bahkan sampai ke luar negeri, dengan harapan anak-anaknya kelak mendapatkan pekerjaan yang terbaik, sehingga masa depan hidupnya dapat terjamin.

     Bagi orang percaya, masa depan yang cerah itu bukan sekedar khayalan atau impian semata, tetapi memang sungguh ada, karena Tuhan sendiri yang merancangkannya,  "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."  (Yeremia 29:11).  Ini adalah berita yang sangat menyenangkan, berita yang membangkitkan semangat kita dalam menjalani hari-hari yang terasa berat ini.  Sekalipun banyak orang mengatakan bahwa masa depan itu penuh dengan misteri, bagi orang percaya  "...masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang."  (ayat nas).  Bagaimana supaya kita memiliki masa depan yang cerah, sebagaimana yang Tuhan rancangkan?  Kita harus mengarahkan perhatian kepada didikan:  "Arahkanlah perhatianmu kepada didikan, dan telingamu kepada kata-kata pengetahuan."  (Amsal 23:12), dan  "Janganlah hatimu iri kepada orang-orang yang berdosa, tetapi takutlah akan TUHAN senantiasa."  (Amsal 23:17).  Ini berbicara tentang ketaatan!

     Masa depan cerah hanya akan dimiliki oleh orang-orang yang takut akan Tuhan!  Kita juga diajarkan untuk tidak iri hati kepada orang-orang yang berdosa.  Sikap iri kepada orang berdosa berarti kita menganggap orang lain lebih beruntung daripada diri sendiri, sekaligus menunjukkan bahwa kita tidak menghargai berkat Tuhan dan kurang bersyukur dengan berkat yang kita terima.  Iri hati juga menunjukkan bahwa kita tidak takut Tuhan!  Orang yang takut akan Tuhan akan selalu bersyukur di segala keadaaan dan tidak mudah terpengaruh oleh omongan orang atau situasi apa pun.

Orang yang takut akan Tuhan pasti memiliki penyerahan diri kepada Tuhan, tanpa rasa takut dan kuatir, karena masa depannya sudah dijamin oleh Tuhan!

26 comments:

  1. Thanks. Renungan ini mengingatkan lagi untuk diri saya yang saat ini mungkin sedang dalam masalah. Susah mendapat pekerjaan dan berasa seperti ingin menyerah. Tapi ketika baca renungan ini, saya jadi di sadarkan dan di ingatkan kembali. Praise The Lord. GBU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitupun aku yg juga masih dlm tahap mencari pekerjaan yg terbaik.. tetap tekun dalam setiap prosesnya ya :)). Semangat untukmu dan buatku jga. GBU

      Delete
    2. Semangat ya semuanya..semoga yang terbaik yang akan kalian dapatkan. Gbu

      Delete
    3. Bagi yang sudah bekerja juga tidak lepas dari rasa kuatir karena sewaktu-waktu perusahaan tidak memakai kita lagi mungkin denanalasan yg masuk akal ataupun tidak. Tapi kita yang sudah diselamatkan tetap yakin dan percaya masa depan y\ng indah sudah Tuhan sediakan. Tetap semangat bagi yang belum bekerja dan bagi yang sudah bekerja lakukan yang terbaik bagi Tuhan ditempat kerja kita masing-masing Tuhan Yesus memberkati

      Delete
  2. Bimbing kami untuk selalu bersyukur, sebab yg baik yg Kau beri. Jadikan kami taat. Trm ksh ats firmanMu..amin

    ReplyDelete
  3. God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  4. Firman Tuhan menguatkanku. Thanks God.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sekali buat renungan ini
    Sungguh renungan yang mengingatkan aku yang telah tahu dengan janji Tuhan Yesus

    ReplyDelete
  6. Terima kasih akan Firman yang menguatkan iman kami untuk masa depan yang telah Engkau janjikan... GBU

    ReplyDelete
  7. Trimakasih bahwa aku telah ditegur lewat kebenaran Firman Tuhan. Apapun pergumulanku biarlah diriku tetap mengandalkanMu ya Bapa. Amin

    ReplyDelete
  8. Renungan ini menguatkanku dalam menggumuli masalah hidup ku yang amat berat.

    ReplyDelete
  9. Amin terimakasih utk renungan Firman Tuhan, yg telah mengingatkan kita utk selalu bersyukur berharap dan hidup benar didalam Tuhan.

    ReplyDelete
  10. Aminn��

    ReplyDelete
  11. Amin πŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♀️πŸ˜‡

    ReplyDelete