Thursday, September 12, 2019

MENGAPA TUHAN TAK MAU MENJAWAB

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 12 September 2019

Baca:  Mazmur 143:1-12

"Jawablah aku dengan segera, ya TUHAN, sudah habis semangatku! Jangan sembunyikan wajah-Mu terhadap aku,"  Mazmur 143:7

Jika apa yang kita doakan kepada Tuhan langsung mendapatkan jawaban dari Tuhan, hal itu tidak mendatangkan masalah bagi kita.  Namun bagaimana kalau doa-doa kita tak mendapatkan jawaban dari Tuhan?  Hal ini akan menjadi awal permasalahan dalam hidup, sebab biasanya kita langsung menunjukkan reaksi yang negatif sebagai tanda ketidaksiapan kita menerima kenyataan yang ada:  kecewa, bersungut-sungut, mengomel, dan kemudian menyalahkan Tuhan.  Jika Tuhan tidak menjawab permohonan doa kita, bukan berarti Tuhan pilih kasih atau tidak memedulikan kita.

     Salah satu penyebab mengapa Tuhan tidak menjawab doa-doa yang kita serukan kepada-Nya, atau berkata  'tidak' untuk permohonan doa kita, adalah karena kita salah dalam berdoa.  Ini berkaitan dengan motivasi hati kita yang salah, karena apa yang kita minta kepada Tuhan hanya bertujuan untuk memuaskan keinginan daging kita, seperti yang Yakobus sampaikan,  " Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu."  (Yakobus 4:3).  Alasan utama mengapa Tuhan tidak menjawab doa-doa kita adalah karena ada dosa yang belum dibereskan.  Dosa adalah penghalang dan penghambat utama untuk kita memperoleh jawaban doa.  Nabi Yesaya menyampaikan,  "Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. Sebab tanganmu cemar oleh darah dan jarimu oleh kejahatan; mulutmu mengucapkan dusta, lidahmu menyebut-nyebut kecurangan."  (Yesaya 59:1-3).

     Apabila doa-doa kita tidak mendapatkan jawaban dari Tuhan, hal terbaik yang harus kita lakukan adalah koreksi diri dan datang kepada Tuhan dengan penuh kerendahan hati, serta mohon pengampunan dari-Nya!  (Yohanes 1:9).

Jika hidup kita sudah benar-benar beres, Tuhan pasti akan menjawab doa-doa kita dan menepati janji-Nya!

21 comments:

  1. Apakah itu berarti seoertinya menghskimi ya? Saya tidak tega kslsu utk mengatakan bgt kpd orang yg sedang oatah semangat dan curhat ke saya. Trm ksh. TYm

    ReplyDelete
  2. Renungan ini benar2 menegur dgn sangat. Puji Tuhan, terimakasih atas renungannya. Tuhan memberkati kita semua

    ReplyDelete
  3. Terkadang isi Firman menyentuh langsung dgn pergumulan yg sedang dihadapi sangat tergantung tiap orang yg menyikapi...tentunya ketika kita menasehati orang carilah kata kata yg bijak agar tidak miss intrepetasi seakan akan Dia disudutkan..

    ReplyDelete
  4. Tuhan Begitu Baik
    Sehingga Senantiasa Memberikan Jalan Meskipun Kita Manusia Berdosa

    ReplyDelete
  5. Tuhan Begitu Baik
    Sehingga Berkenan Dengan Orang Berdosa

    ReplyDelete
  6. Terimakasih utk renungan yg sudah dibagikan Semoga menjadi berkat bagi kita semua

    ReplyDelete
  7. Ada tiga jawaban Doa:
    1. Yes
    2. Sabar....tunggu kata Tuhan
    3. Tidak, karena memang Tuhan tidak
    setuju dengan permintaan kita.

    ReplyDelete
  8. Amin...
    Firman yang menyentuh,hidup menurut perintah Tuhan & belajar utk menjauhkan diri dari dosa,kiranya Roh Kudus memimpin.Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  9. bagaimana dengan teori : doa qt tdk segra dijawab krn tuhan sedang menguji kita?
    saya pikir tdk semua doa tdk dikabulkan dikarenakan terhalang dosaa qt...terkadang memang Tuhab taruh duri dalaam daging supaya qt sbg manusia tetap menyandarkan diri pada Tuhan dan tdk meraasa bisa krn sgala sesuatu nya sdh terpenuhu

    ReplyDelete
  10. Terima kasihπŸ™ saya diberkati dengan Renungan iniπŸ˜‡

    ReplyDelete
  11. Tuhan tolonglah jawablah doaku. Aku berusaha terus utk mengikuti FirmanMu. DariMulah pertolongannya.Amin

    ReplyDelete
  12. Tuhan apa yang harus saya perbuat ..pikiran sy terkuras ,jalan yang sy tempuh buntu.sy tidak tau arah..bantu saya tuhan keluar ?

    ReplyDelete