Tuesday, August 13, 2019

ADA TUHAN, TAK PERLU KITA TAKUT

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 13 Agustus 2019

Baca:  Yesaya 41:8-20

"Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: 'Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.'"  Yesaya 41:13

Banyak hal yang membuat seseorang mengalami ketakutan, kegentaran dan cemas:  musibah, bencana alam, krisis, terorisme, perampokan, pembunuhan, ancaman, kegagalan, ataupun persaingan antar individu di segala aspek kehidupan.  Bagi orang percaya yang benar-benar hidup melekat kepada Tuhan tak sepatutnya mengalami ketakutan yang berlarut-larut, sebab ada jaminan perlindungan dan keselamatan dari Tuhan.

     Suatu ketika, murid-murid sedang berada di dalam perahu dan Kristus juga turut serta, tapi Ia sedang tidur di buritan di sebuah tilam.  Tiba-tiba taufan dahsyat mengamuk dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu sehingga perahu hampir penuh dengan air dan nyaris tenggelam.  Murid-murid menjadi sangat takut dan segeralah mereka membangunkan Tuhan:  "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?"  (Markus 4:38b).  Tuhan segera bangun dan menghardik angin itu dan danau pun menjadi tenang.  Berkatalah Tuhan kepada mereka,  "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?"  (Markus 4:40).  Para murid mengira bahwa Tuhan tidak mempedulikan dan membiarkan mereka binasa.  Mereka lupa dengan mujizat-mujizat yang Guru sudah perbuat.  Menghadapi amukan taufan yang sangat dahsyat iman mereka langsung melemah, karena takut perahunya akan tenggelam.  Ketakutan seringkali membuat kita meragukan kuasa Tuhan;  Ketakutan membuat kita mengalami kepanikan.  Padahal dibutuhkan ketenangan untuk menghadapi suatu masalah, sebab  "...dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu."  (Yesaya 30:15).

     Ketakutan apa yang saat ini sedang menyerang Saudara?  Ingatlah selalu firman Tuhan dan pegang teguh janji Tuhan ini:  "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."  (Ibrani 13:5b).  Tuhan juga menegaskan,  "Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: 'Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.'"  (ayat nas).  Kalau Tuhan sendiri yang berkata:  Jangan takut!  Akulah yang menolong engkau!, masihkah kita ragu dan takut menghadapi hari-hari yang kita jalani?

Bersama dengan Tuhan kita cakap menghadapi dan menanggung segala sesuatu!

19 comments:

  1. Terpujilah nama-Mu yg kudus di dalam Yesus Kristus amin.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih, Tuhan kita memang luar biasaaaa!!

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Tuhan..FirmanMu kekuatanku...

    ReplyDelete
  4. Trima kasih Tuhan atas firmanMu hari ini...

    ReplyDelete
  5. Renungan yg pas sekali dg apa yg saya rasakan hari ini. Terimakasih ya penulis mll renungan ini sudah mengingatkan saya kembali utk tidak takut dan ragu krn Tuhan pasti tolong :) Halleluyah!

    ReplyDelete
  6. Terimakasih ya Tuhan. Ampunilah kami yang sering tanpa sengaja berlarut dalam kekhawatiran. Terimakasih atas renungan yang menguatkan

    ReplyDelete