Saturday, April 20, 2019

KARENA DOSA MANUSIA: Kristus Menanggung Kutuk

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 20 April 2019

Baca:  Galatia 3:1-14

"Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: 'Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!'"  Galatia 3:13

Penyaliban merupakan salah satu bentuk hukuman yang terkejam dan terhina.  Esensi dari penyaliban bukanlah kematian itu, melainkan penderitaan panjang menjelang kematian.  Biasanya hukuman salib diperuntukkan bagi orang-orang yang melakukan kejahatan tingkat tinggi sehingga patut disebut sebagai orang yang terkutuk  (Ulangan 21:22-23).

     Tapi penyaliban Kristus di kayu salib bukan diakibatkan oleh kesalahan dan pelanggaran-Nya.  Kristus tidak punya dosa atau kesalahan sedikit pun, karena pada hakekatnya Dia adalah Tuhan.  Hal ini diakui oleh Pilatus:  "Kejahatan apa yang sebenarnya telah dilakukan orang ini? Tidak ada suatu kesalahanpun yang kudapati pada-Nya, yang setimpal dengan hukuman mati."  (Lukas 23:22).  Kristus menjadi berdosa karena kita,  "Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan..."  (2 Korintus 5:21).  Ketika Kristus disalibkan, semesta alam pun berduka:  mulai dari pukul dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai pukul tiga sore.  "Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: 'Eli, Eli, lama sabakhtani?' Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?"  (Matius 27:46).  Ini adalah ungkapan penderitaan dan kepedihan yang Kristus alami karena telah ditinggalkan oleh Bapa-Nya.

     Pada saat Kristus menyerahkan nyawa-Nya terjadilah peristiwa yang teramat dahsyat:  "...tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,"  (Matius 27:51).  Tabir Bait Suci terbelah menjadi dua adalah gambaran tentang kasih karunia dan anugerah dari Bapa yang mengalir kepada bangsa-bangsa melalui Kristus.  Hukuman sebagai akibat dosa telah ditanggungkan pada Kristus, Ia rela menjadi kutuk karena kita sehingga pengampunan dosa dapat dianugerahkan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya.  Bagaimana respons Saudara terhadap pengorbanan Kristus ini?

"...Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain,"  Galatia 3:14

8 comments:

  1. Sungguh teramat dahsyat dan luar biasa Kasih Karunia dan Pengampunannya kepada kita manusia berdosa. Terima kasih atas renungannya, Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  2. Tuhan Yesus ampuni dosaku yang selalu melawan kehendakMu. Amin

    ReplyDelete
  3. Amin!!bilurNYA menyembuhkan banyak orang

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ya Tuhan atas kasih sayang Mu pada kami. Amin.

    ReplyDelete