Friday, April 19, 2019

KARENA DOSA MANUSIA: Kristus Harus Menderita

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 19 April 2019

Baca:  Yesaya 53:1-12

"Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh."  Yesaya 53:5

Dalam pengajaran-Nya Kristus menegaskan bahwa Ia harus menanggung penderitaan akibat dosa manusia.  Hal penderitaan Kristus ini telah dinubuatkan ribuan tahun sebelumnya melalui nabi Yesaya sebagaimana tertulis di pasal 53 ini.

     Firman Tuhan secara tegas menyatakan bahwa upah dosa adalah maut  (Roma 6:23).  Kata  'maut'  ini berbicara tentang kematian kekal, dan tak satu pun manusia di muka bumi ini yang bisa menebus dan menyelamatkan dirinya sendiri dari hukum maut, sekalipun ia telah berbuat amal atau melakukan perbuatan baik.  Karena dosa, manusia harus menanggung akibatnya yaitu menerima penghukuman kekal.  Namun, puji Tuhan, Bapa bukanlah Pribadi yang kejam, melainkan Pribadi yang penuh belas kasihan.  Meski demikian penderitaan dan kematian pada manusia harus terjadi karena manusia telah berbuat dosa.  Ini menunjukkan bahwa Bapa tetap konsisten dengan keputusan-Nya bahwa setiap ketidaktaatan pasti mendatangkan hukuman.  Namun karena kasih-Nya kepada manusia, Bapa rela membayar dosa dan pelanggaran manusia dengan menanggungkan hukuman maut tersebut kepada Anak-Nya, yaitu Kristus.

     Karena itulah Kristus harus datang ke dunia, menderita dan mati bagi umat manusia seperti tertulis:  "...Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."  (Matius 20:28), dan  "...dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib."  (Filipi 2:8).  Nabi Yesaya pun menubuatkan tentang penderitaan yang harus Kristus alami demi menanggung dosa manusia  (Yesaya 53):  rupa-Nya bukan seperti manusia lagi, Ia tidak kelihatan tampan dan semarak pun tidak ada  (ayat 2), Ia dihina dan dihindari orang  (ayat 3), penuh kesengsaraan dan menderita kesakitan  (ayat 3), Ia tertikam karena pemberontakan kita dan diremukkan karena kejahatan kita  (ayat 5), Ia dianiaya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian  (ayat 7), Ia terputus dari negeri orang hidup  (ayat 8).

Karena dosa manusia, Kristus harus menanggung penderitaan di kayu salib!

11 comments:

  1. Terima kasih Yesus, yang telah memberikan diriNya menderita hingga di kayu salib. Sungguh besar kasihMu terhadapku, orang yang berdosa ini.

    ReplyDelete
  2. Ampuni dosa kesalahan kami, Ya Tuhan. Terima kasih atas renungannya, God bless

    ReplyDelete
  3. Sungguh besar kasih Yesus yg telah menebus segala dosa2 ku...

    ReplyDelete
  4. Trimah kasih Bapak ku yang baik,tanpamu hidup keluargaku tidak berarti,tapi hanya karena kuasamu hidup keluargaku sangat berarti.amin.

    ReplyDelete
  5. terimakasih TUHAN, pengorbanan-Mu terlalu ajaib bagiku
    AMIN

    ReplyDelete
  6. Terimakasih Tuhan Yesus,
    Tuhan memberkati, terimakasih untuk renungan nya

    ReplyDelete
  7. Terimakasih kasih Tuhan atas segala yang ada di dalam hidup ini Amin

    ReplyDelete
  8. Terima kasih Tuhan buat pengorbanan-Mu yg luar biasa saya bangga punya Allah seperti Engkau,,,,,,🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete