Wednesday, April 17, 2019

JANGAN PERNAH MELUPAKAN TUHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 17 April 2019

Baca:  Mazmur 50:1-23

"Perhatikanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah; supaya jangan Aku menerkam, dan tidak ada yang melepaskan."  Mazmur  50:22

Bila kita baca ayat nas di atas secara sepintas, seolah-olah Tuhan itu sangat kejam, Ia akan menerkam setiap orang yang melupakan-Nya.  Tidaklah demikian!  Sebab Tuhan itu adil dalam segala tindakan-Nya.  Tuhan memang bersikap tegas terhadap siapa pun yang tidak mau taat, untuk menunjukkan keadilan-Nya, namun Ia akan memberikan pahala atau upah kepada setiap orang yang taat melakukan kehendak-Nya.

     Tuhan tak ingin manusia yang diciptakan-Nya itu menyalahgunakan segala kemurahan, kesabaran, kebaikan dan kasih setia-Nya.  Sebagai makhluk ciptaan-Nya manusia harus taat kepada Tuhan, Sang Pencipta.  Karena itu Tuhan pasti akan membuat perbedaan antara orang yang sungguh-sungguh mengasihi Dia dan orang yang melupakan Dia,  "Aku mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku. Kekayaan dan kehormatan ada padaku, juga harta yang tetap dan keadilan. Buahku lebih berharga dari pada emas, bahkan dari pada emas tua, hasilku lebih dari pada perak pilihan. Aku berjalan pada jalan kebenaran, di tengah-tengah jalan keadilan, supaya kuwariskan harta kepada yang mengasihi aku, dan kuisi penuh perbendaharaan mereka."  (Amsal 8:17-21).  Harta yang tetap yang Tuhan sediakan bagi orang yang mengasihi Dia adalah kehidupan kekal yang tiada pernah layu.

     Jangan sekali-kali kita meninggalkan Kristus dan melupakan Dia.  Melupakan Kristus dan meninggalkan Dia membuat kita akan kehilangan semua berkat-Nya, sebab Dia adalah  "...jalan dan kebenaran dan hidup."  (Yohanes 14:6a).  Ingatlah selalu bahwa Tuhan berlaku sangat adil dalam segala tindakan-Nya dan Ia tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan  (Galatia 6:7).  Berhati-hatilah!  Adalah celaka apabila seseorang melupakan Tuhan, apalagi sampai menolak Dia.  Perhatikan firman Tuhan ini:  "Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu."  (Hosea 4:6).

Yang mengasihi Tuhan pasti beroleh berkat-berkat-Nya, tapi yang melupakan Tuhan pasti akan menuai akibatnya!

10 comments: