Wednesday, January 9, 2019

UNDUR DAN MENINGGALKAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 9 Januari 2019

Baca:  Titus 3:1-11

"pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,"  Titus 3:5

Ketika kita menyerahkan diri dan percaya kepada Kristus, saat itu kita diselamatkan dan dilahirkan kembali oleh pekerjaan Roh Kudus menjadi ciptaan baru  (2 Korintus 5:17).  Sebagai orang yang telah dilahirkan kembali dan menerima baptisan Roh Kudus, cara hidup kita haruslah berbeda dengan cara hidup yang lama.  Untuk mengetahui apakah seseorang benar-benar  'lahir baru'  adalah melalui buah yang dihasilkannya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu buah pertobatan  (Matius 3:8).

     Walaupun dahulu sudah lahir baru dan sudah dibaptis Roh Kudus, tapi bila kemudian orang kembali kepada kehidupan lamanya dan mempunyai karakter yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, perlu dipertanyakan apakah Roh Kudus masih tinggal di dalam dirinya.  Bila kita mengabaikan si Pemberi Roh Kudus dalam diri kita, kuasa-Nya atau urapan-Nya dapat ditarik kembali.  Maka dari itu kita patut memelihara-Nya sebaik mungkin melalui ketaatan kita terhadap firman Tuhan.  Jangan pernah mendukakan Roh Kudus  (Efesus 4:30)  dengan perbuatan kita yang menyimpang dari firman Tuhan, sebab Roh Kudus bisa undur dan meninggalkan kita.

     Awalnya Saul diurapi Roh Tuhan:  "Lalu Samuel mengambil buli-buli berisi minyak, dituangnyalah ke atas kepala Saul, diciumnyalah dia sambil berkata: 'Bukankah TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas umat-Nya Israel?'"  (1 Samuel 10:1).  Seiring berjalannya waktu sikap Saul berubah, tidak lagi taat perintah Tuhan, hidup menurut kehendaknya sendiri.

     Ketidaktaatannya inilah yang membuat Roh Tuhan undur dan meninggalkan Saul, sampai-sampai Tuhan berkata kepada Samuel,  "Aku menyesal, karena Aku telah menjadikan Saul raja, sebab ia telah berbalik dari pada Aku dan tidak melaksanakan firman-Ku."  (1 Samuel 15:11).  Saul ditolak Tuhan menjadi raja Israel, kemudian Tuhan memilih dan mengurapi Daud dengan Roh-Nya menggantikan Saul.

Ketidaktaatan membuat Roh Kudus berduka, lalu Ia akan undur dan meninggalkan hidup seseorang!   

3 comments:

  1. 1Sa 16:14 Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh roh jahat yang dari pada TUHAN.

    ReplyDelete
  2. Yes 63:10 Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.

    ReplyDelete