Thursday, January 31, 2019

IMAN KITA SANGGUP MENGALAHKAN DUNIA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 31 Januari 2019

Baca:  1 Yohanes 5:1-5

"Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita."  1 Yohanes 5:4b

Hari-hari yang kita jalani di dunia ini tak luput dari berbagai macam masalah dan kesulitan hidup.  Sakit penyakit, krisis keuangan, kesulitan, penderitaan, kegagalan dan bencana, bisa saja terjadi tanpa diduga.  Contohnya seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu, di mana gempa bumi berkekuatan 6,4 SR melanda pulau Lombok  (29/7/2018).  Belum lagi sirna trauma itu, bencana terjadi lagi di Palu  (Sulteng), yaitu gempa bermagnitudo 7,4 disertai dengan tsunami yang mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan lebih dari seribu orang meninggal dunia  (28/9/2018).  Karena masalah-masalah inilah banyak orang menjadi takut dan kuatir.  Kita semua tidak tahu apa yang terjadi esok hari.

     Sesuram apa pun hari-hari yang sedang kita jalani, sekalipun dunia bergoncang dengan hebatnya, biarlah kita tetap mengarahkan pandangan dan menguatkan percaya kepada Tuhan.  Hanyalah Tuhan satu-satunya pengharapan dalam hidup ini.  Di dalam Kristus kita memiliki rahasia hidup yang berkemenangan.  Apakah itu?  "sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?"  (1 Yohanes 5:4-5).  Alkitab menyatakan bahwa sewaktu kita percaya dan mengaku bahwa Kristus Tuhan dan Juruselamat, kita diberi kuasa mengalahkan dunia, karena di dalam kita ada Roh Kudus.  Mengalahkan dunia berarti mengalahkan berbagai macam masalah dan pergumulan selama hidup di dunia ini.

     Tak perlu takut dan kuatir menghadapi hidup ini karena janji Tuhan adalah jaminan bagi kita.  Alkitab secara tegas menyatakan bahwa Kristus sudah mengalahkan kuasa maut dan mematahkan kutuk dosa melalui pengorbanan-Nya di kayu salib.  Karena itu milikilah iman yang teguh di dalam Kristus!  Namun supaya iman kita benar-benar mampu mengubah situasi, maka iman itu harus disertai dengan perbuatan  (ketaatan).  "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya."  (Yohanes 15:7).  Iman yang disertai dengan ketaatan pasti menghasilkan kuasa yang dahsyat!

Di dalam Kristus kita tinggal di dalam kerajaan yang tak tergoncangkan!  Ibrani 12:28

21 comments:

  1. Amin...ya Bapa di dalam Kristus Yesus berkatilah kami..

    ReplyDelete
  2. Yakobus 2:26 (TB) Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati

    Aman! 😍🙏




    ReplyDelete
  3. Amin. Trimakasih Tuhan Yesus 😘

    ReplyDelete
  4. Amiiin..!! Allahqu dlm Nama Tuhan Yesus baik, sungguh baik n sangat baik.! Bahwasanya kasih setiaNya utk selama-lamanya.!

    ReplyDelete
  5. Amiiin..!! Allahqu dlm Nama Tuhan Yesus baik, sungguh baik n sangat baik.! Bahwasanya kasih setiaNya utk selama-lamanya.!

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Ya dan Amin,dan Imanku menyelamatkan hidupku.

    ReplyDelete
  10. Ya dan Amin.Imanku menyelamatkan hidupku

    ReplyDelete