Sunday, July 1, 2018

GAIRAH HIDUP KUDUS

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 1 Juli 2018

Baca:  Roma 7:13-26

"Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku."  Roma 7:21

Di dalam hidup setiap kita dihadapkan pada pilihan-pilihan atau keputusan-keputusan.  Pilihan dan keputusan kita saat ini menentukan kehidupan kita di kemudian hari, menentukan tempat kita di kekekalan nanti  (kehidupan kekal atau kebinasaan kekal).  Oleh karena itu buatlah pilihan dan keputusan hidup yang benar selagi masih ada kesempatan.

     Untuk memiliki kehidupan kekal di sorga tidak ada jalan lain selain harus memiliki gairah untuk hdiup kudus setiap hari.  Arti kata  'gairah'  adalah keinginan  (hasrat, keberanian)  yang cukup kuat.  Ada dua gairah yang saling berebut kekuasaan dalam hidup seseorang, yaitu gairah hidup manusia lama dan gairah hidup manusia baru.  Pergumulan untuk melepaskan diri dari manusia lama juga dirasakan oleh Paulus:  "Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku."  (Roma 7:22-23).  Jika gairah hidup manusia lama itu lebih kuat, maka kita semakin dituntun kepada kehidupan yang duniawi.  Manusia lama disebut juga keinginan daging, di mana hawa nafsu kedagingan yang menguasai.  "Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah."  (Galatia 5:19-21).

     Gairah hidup yang mana yang menguasai dan mendominasi begitu kuat dalam hidup Saudara?  Ingat!  Sasaran hidup orang percaya adalah menjadi mempelai Kristus yang dewasa rohani dan tak bercacat cela.  Maka dari itu milikilah gairah untuk hidup kudus dengan menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru.  "...hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging."  (Galatia 5:16).

Ketidaksediaan menanggalkan manusia lama akan berujung pada penolakan Tuhan!

4 comments:

  1. gimana ya caranya supaya blog dapat dicari di google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengakses langsung blog ini, silahkan ketik https://airhidupblog.blogspot.com/. Terima kasih, Tuhan memberkati.

      Delete
  2. bagaimana caranya agar supaya blog dapat dicari di mesin pencari? tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengakses langsung blog ini, silahkan ketik https://airhidupblog.blogspot.com/. Terima kasih, Tuhan memberkati.

      Delete