Wednesday, January 10, 2018

BELAJAR MEMAHAMI WAKTU TUHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 10 Januari 2018

Baca:  Yesaya 30:18-26

"Sebab itu TUHAN menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!"  Yesaya 30:18

Masalah yang dialami oleh manusia bisa berasal dari dalam atau disebabkan oleh pihak luar.  Dari dalam yaitu karena kesalahan yang diperbuatnya  (Yakobus 1:14), sedangkan dari luar adalah karena perlakuan atau perbuatan jahat orang lain.  Dalam kondisi seperti itu semua orang pasti mengharapkan adanya jalan keluar sesegera mungkin.  Di tengah keterbatasan dan ketidakberdayaan ini kita sangat menantikan uluran tangan Tuhan.  Pada saat menantikan pertolongan dari Tuhan ini timbul masalah lain yaitu berkenaan dengan sikap hati kita yang cenderung tidak sabar menunggu waktu Tuhan.

     Dalam masa menunggu ini kita seringkali lemah dan putus asa, karena kita merasa bosan dan tidak lagi sabar ketika melihat kenyataan masih belum seperti yang diharapkan.  Kemudian kita mendesak Tuhan dan cenderung memaksa Dia untuk segera menolong menurut cara dan waktu kita.  Seorang yang dewasa rohani seharusnya tidak bersikap demikian, melainkan belajar tetap sabar dan terus bertekun menanti-nantikan Tuhan, karena ia sangat percaya bahwa Tuhan memiliki waktu tersendiri, dan terbaik.  Belajarlah dari Saul yang karena ketidaksabarannya menunggu waktu Tuhan harus menanggung akibat sangat fatal yaitu ditolak menjadi raja.  Berkatalah Samuel,  "...sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya. Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu."  (1 Samuel 13:13-14).

     Rasul Paulus menasihati,  "Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!"  (Filipi 4:4).  Nasihat untuk bersukacita senantiasa dalam Tuhan mengindikasikan bahwa dalam segala keadaan kita harus mampu menjaga hati untuk tidak menjadi takut dan kuatir.  Kita perlu belajar untuk menantikan waktu Tuhan, walaupun keadaan serasa tidak ada harapan dan terlambat, seperti yang dialami Lazarus  (Yohanes 11:17, 21).

Orang yang menanti-nantikan Tuhan pasti tidak akan dipermalukan  (Mazmur 25:3).

No comments:

Post a Comment