Wednesday, December 30, 2020

PROSES PENAJAMAN YANG MENDEWASAKAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 30 Desember 2020

Baca:  Amsal 27:1-27

"Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya."  Amsal 27:17

Perjalanan hidup setiap orang pasti penuh dengan warna:  ada suka, ada duka, ada manis, ada pahit, ada kegagalan, ada keberhasilan, ada kekalahan, ada kemenangan, ada yang menyenangkan, ada yang menyakitkan, dan masih banyak lagi.  Oleh karena itu setiap orang mempunyai dua jenis memori yang tersimpan di dalam pikiran:  memori positif dan memori negatif.  Memori positif berisikan rentetan peristiwa, kejadian atau kenangan yang membahagiakan, menyenangkan, membangkitkan semangat hidup.  Sementara memori negatif berisikan kenangan, pengalaman, peristiwa atau segala hal yang menimbulkan kekecewaan, luka, sakit hati, kecewa, mematahkan semangat hidup.

     Memori mana yang sering muncul di pikiran atau yang sering kita ingat-ingat?  Apakah hati dan pikiran kita dibelenggu oleh kenangan-kenangan masa lalu yang menyakitkan yang membuat kita tidak bisa move on?  Selama kita masih terbelenggu oleh masa lalu yang kelabu, kita takkan pernah bisa menatap hari esok dengan pasti, karena kita masih menoleh ke belakang.  "...marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita,...Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman..."  (Ibrani 12:1-2).  Ingat!  Masa lalu itu sudah berlalu dan takkan mungkin bisa terulang kembali.  Kita takkan bisa memperbaiki masa lalu, yang bisa kita lakukan adalah mengisi waktu sekarang dengan sebaik mungkin, tanpa terpengaruh pada pengalaman masa lalu yang menyakitkan.  Jadikan masa lalu sebagai pemelajaran hidup!  Mungkin saja Tuhan mengijinkan kita mengalami hal-hal pahit di masa lalu dengan maksud yang indah, yaitu Ia hendak menajamkan karakter kita, melatih kesabaran, melatih iman, melatih ketekunan, menguji kesetiaan, melatih penguasaan diri, mengajar mengampuni orang lain dan sebagainya.

     Hari ini adalah penghujung tahun 2020!  Biarlah apa yang sudah terjadi dan kita alami sepanjang tahun ini menjadi pendorong kita untuk lebih maju, tak lagi mengulang kembali kesalahan dan kegagalan.

Jangan biarkan Iblis mengintimidasi dan menghalangi langkah menyambut esok!

24 comments:

  1. Hari ini adalah penghujung tahun 2020! Biarlah apa yang sudah terjadi dan kita alami sepanjang tahun ini menjadi pendorong kita untuk lebih maju, tak lagi mengulang kembali kesalahan dan kegagalan. Terpujilah namaMU Tuhan Yesus, Heleluyah.

    ReplyDelete
  2. Ya Tuhan hari ini bila kurenungkan kebaikkanMu sepanjang tahun ini sungguh saya bersyukur beserta keluarga telah banyak berkat2 dari padaMu yang Engkau beri, tidak dapat kuhitung berkat kesehatan dan pekerjaan yang luar biasa semuanya buah dari kesabaran dan ketekunan bermezbah bagi Tuhan semuanya Tuhan perhitungkan... Banyak juga pelajaran yang harus saya ambil untuk tidak mengulangi kesalahan yang menimbulkan kegagalan... Belajar dari nasehat2 firman Tuhan akan membuka jalan kesuksesan di tahun yang akan datang... Terpujilah nama Yesus kekal sampai selama lamanya... Amin.

    ReplyDelete
  3. Tuhan merencanakan masa depan penuh harapan, hari esok Tuhan yg tau, dan pasti rencana hari esok penuh kemenangan, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  4. Terpujilah Tuhan atas berkat dan sukacita Tuhan pada hidup kami, amen

    ReplyDelete
  5. Amin puji Tuhan. Tuhan membentuk karakter seseorang tidak secara otomatis, tetapi melalui proses penajaman, dengan melibatkan orang-orang disekitarnya. Tuhan dapat memakai setiap orang yang kita jumpai untuk ikut menajamkan sisi kehidupan kita agar lebih dewasa.Laluilah proses penajamam itu dengan tegar, walau mungkin tidak mudah, karena kita tahu bahwa dengan cara itu kualitas hidup kita sedang dimurnikan.

    ReplyDelete
  6. Ameennn...Puji Tuhan.
    Haleluyah👍😇

    ReplyDelete
  7. Filipi 3:13 ... aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

    ReplyDelete
  8. kuatkan hatiku Tuhan Yesus.

    ReplyDelete
  9. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk FirmanNya,Bapa ampuni saya Bapa yang tidak dapat melakukan FirmanMu seturut dengan kehendakMu Bapa,Bapa beri kami roh pengendalian diri didalam hidup saya Bapa,Bapa tutup bungkus anak,suami,saya,orang tua saya dan keluarga kami Bapa,aman dalam perlindunganMu,dan seluruh orang-orang kudusMu Bapa,beri kami kesehatan,damai sejahtera,didalam kehidupan kami Bapa,terima kasih Tuhan Yesus haleluya,amin

    ReplyDelete
  10. Amin, puji Tuhan, trmksh renungannya,

    ReplyDelete