Thursday, December 17, 2020

MASA DEPAN KITA DALAM JAMINAN TUHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 17 Desember 2020

Baca:  Yeremia 29:1-23

"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."  Yeremia 29:11

Tak perlu kita takut akan hidup ini!  Tuhan menjamin hidup kita bukan hanya untuk hari ini dan esok, tapi masa depan kita sepenuhnya ada dalam jaminan Tuhan, karena rancangan Tuhan atas hidup orang percaya sungguh teramat indah.

     Janji firman Tuhan tentang jaminan masa depan ini Tuhan sampaikan kepada bangsa Israel saat mereka masih berada dalam pembuangan di Babel,  "...semua orang buangan yang diangkut ke dalam pembuangan dari Yerusalem ke Babel:"  (Yeremia 29:4).  Orang-orang yang berada dalam pembuangan, secara logika, mustahil memiliki masa depan yang baik!  Di tengah situasi yang sepertinya tidak ada harapan ini Tuhan datang dengan janji firman-Nya yang menguatkan.  Ini menunjukkan bahwa Tuhan tahu pergumulan yang mereka alami dan tak pernah lupa akan janji-janji-Nya kepada bangsa Israel.  Seberat apa pun pergumulan kita saat ini, Tuhan tidak pernah meninggalkan, Ia tidak pernah terlelap dan tertidur  (Mazmur 121:4);  Tuhan tahu apa yang kita perlukan.

     Tuhan memberikan perintah kepada bangsa Israel,  "Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya;"  (Yeremia 29:5).  Membangun  'rumah'  berbicara mengenai  'rumah rohani'  atau membangun mezbah doa dalam kehidupan keluarga.  Mereka juga diperintahkan untuk membuat kebun  (membuka ladang atau tanah baru).  Ini berbicara tentang pembaharuan hati!  Tanah hati kita harus diolah dan dipersiapkan terlebih dahulu sebelum  'benih'  ditaburkan.  "Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu;"  (2 Korintus 9:10).  Saat  'rumah doa'  itu sudah dibangun, di mana ada pujian dan penyembahan naik ke hadirat Tuhan dan hati kita siap menjadi tanah yang baik, saat itulah Tuhan menaburkan benihnya, sehingga benih itu dapat tumbuh dan berbuah-buah.

Masa depan yang gemilang adalah kepastian bagi orang percaya!  Apa yang telah Tuhan rancangkan pasti digenapi-Nya!

26 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya Bapa,Bapa kami menaruh masa depan kami dan anak kami didalam perlindunganMu Bapa,Bapa yang merangkai hidup kami agar berkenan di hatiMu Bapa,ampuni setiap pelanggaran dan dosa yang saya perbuat Bapa,Bapa tutup bungkus pikiran saya dengan kuat kuasa darah YesusMu Bapa,Bapa tutup bungkus dengan kuat kuasa darah YesusMu pagari kami Bapa dari segala yang jahat untuk anak kami,suami,saya,keluarga kami dan orang-orang kudusMu,dalam perlindunganMu Bapa,Bapa jaga selalu bait roh kudusMu Bapa untuk semua orang-orang kudusMu Bapa,bimbing kami dengan firmanMu dan kami dapat melakukannya agar kami dijauhkan dari segala marabahaya,malapetaka dan sakit penyakit Bapa,hanya roh kudusMu yang berkuasa didalam diri kami,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  2. Seberat apa pun pergumulan kita saat ini, Tuhan tidak pernah meninggalkan, Ia tidak pernah terlelap dan tertidur. Tuhan tahu apa yang kita perlukan.

    ReplyDelete
  3. Amin... Terpujilah Tuhan Yesus.... Haleluyah!!!

    ReplyDelete
  4. Tuhan Yesus terima kasih karena Janji Tuhan ya dan amin

    ReplyDelete
  5. Tuhan merancang kita rancangan damai sejahtera bukan rancangan kecelakaan dan memberikan kita masa depan penuh harapan... Firman Tuhan ini harus kita bawa didalam memotifasi hidup kita sehari hari, walaupun kadang kurang menyenangkan kita tetapi kita tetap yakin dengan firman ini kelak kita mendapatkan masa depan yang penuh harapan... Jangan cepat kecewa tetapi mari kita pandang Tuhan yang begitu besar dari semua permasalahan kita... Kami sekeluarga terus berdoa bukan hanya sampai doa kita dijawab Tuhan akan tetapi berdoa menjadi kesukaan bagian hidup orang2 percaya... Maju terus dan berkarya bagi Tuhan... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih Tuhan, terpujilah bapq yang disurga,amen

    ReplyDelete
  7. AminπŸ˜‡
    Syukur pada TuhanπŸ˜‡πŸ™

    ReplyDelete
  8. in the name of Lord Jesus Christ , Haleluya amin

    ReplyDelete
  9. AminπŸ˜‡πŸ™
    Kami percaya janjimu Tuhan
    Indah pada waktunya πŸ™‡

    ReplyDelete
  10. Amin, di usiaku skrg yg akan segera lulus SMA aku percaya masa depanku cerah di tangan Tuhan πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  11. Amin, trimakasih, Firman Tuhan menguatkan pergumulan kami...πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  12. Amin puji Tuhan. Tuhan telah memberi rancangan,janji dan karya penyelamatan-Nya yang telah melepaskan kita dari perbudakan dosa. Dengan demikian kehidupan kita telah dan sedang serta terus mengalami masa depan penuh harapan.Masa depan penuh harapan selalu tersedia bagi kita orang-orang yang percaya pada-Nya, dengansyarat kita hidup sesuai kehendak Tuhan, bersedia diproses Tuhan, serta memahami cara kerja Tuhan atas seluruh kehidupan kita.(Matius 6:31-34)

    ReplyDelete
  13. Amin, puji Tuhan, Tuhan telah merancang anak2 ku dalam damai sejahtera

    ReplyDelete