Friday, November 20, 2020

SELESAIKAN PERTANDINGAN SAMPAI AKHIR

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 20 November 2020

Baca:  1 Timotius 4:1-8

"Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman."  2 Timotius 4:7

Rasul Paulus menasihati orang percaya untuk selalu mengevaluasi diri setiap hari.  "Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain. Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri."  (Galatia 6:4-5).

     Mengevaluasi diri dan menguji pekerjaan sendiri sangatlah penting dengan tujuan mengoreksi hal-hal yang salah, mengetahui kekurangan dan kelemahan, kemudian mencari solusi, sehingga kita dapat melakukan sesuatu secara benar dan jauh lebih baik dari sebelumnya.  Di hari-hari menjelang kedatangan Tuhan Yesus yang semakin dekat ini bukan saatnya untuk bersantai-santai, tapi haruslah kita perhatikan kehidupan rohani kita:  apakah kita sudah setia melayani Tuhan atau sudah menjadi pelaku-pelaku firman.  Banyak orang Kristen memulai segala sesuatu dengan baik  (studi, pekerjaan, pelayanan), tapi hal itu tak bertahan lama... lambat laun semangat makin kendur dan akhirnya menyerah di tengah jalan.  Apa yang Tuhan sudah percayakan tak dikerjakan sampai tuntas:  dimulai dengan baik di dalam roh, tapi diakhiri di dalam daging  (Galatia 3:3).

     Tuhan menghendaki kita dapat mengakhiri pertandingan dengan baik.  Artinya bertanding sesuai dengan aturan yang berlaku  (sesuai firman Tuhan)  sampai akhir, tidak menempuh jalan pintas, sesuai di jalur yang ditetapkan, tidak menyimpang dari jalurnya.  Tuhan juga menghendaki kita memelihara iman dengan baik.  "Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula."  (Ibrani 3:14).  Di dalam Kristus kita beroleh pengampunan dosa, keselamatan, berkat-berkat rohani,  "...asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula."  (ayat nas).  Artinya selama kita masih hidup di dunia ini kita harus mempertahankan apa yang sudah menjadi bagian kita di dalam Kristus itu dengan mengerjakan keselamatan dengan takut dan gentar  (Filipi 2:12)  dan memelihara iman kita sampai akhir, jangan sampai gugur di tengah jalan.

Ada mahkota kebenaran tersedia bagi orang yang mampu menyelesaikan pertandingan sampai garis akhir!

20 comments:

  1. Di dalam Kristus kita beroleh pengampunan dosa, keselamatan, berkat-berkat rohani, "asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula"

    ReplyDelete
  2. Amen, Amen, Amen, Tuhan Yesus Kristus Memberkari kita semua.πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  3. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya Bapa,Bapa bimbing kami dengan FirmanMu dan dapat melakukanNya saya,suami dan anak saya dapat menjadi pelaku FirmanMu,Bapa pelihara masa depan kami dan anak kami didalam tangan kuat kuasaMu Bapa,tutup bungkus saya,suami dan anak kami dan seluruh keluarga kami serta orang-orang kudusMu dengab kuat kuasa darah YesusMu Bapa,jauhkan dari segala marabahaya,malapetaka dan sakit penyakit,terima kasih Tuhan Yesus

    ReplyDelete
  4. Terimakasih Bapa disurga karena saya telah diingatkan melalui firman Tuhan dan ampuni akan dosa yang sudah saya perbuat dan biarlah saya beroleh sukacita dalam pengharapan dan rejeki dari pada Tuhan, Amien.

    ReplyDelete
  5. Amin puji Tuhan πŸ™ Terimakasih bapak atas firman mu hari ini bapak Bapak ajar kan aku untuk menggunakan firman mu sehingga aku dapat memuji muji Engakau terhadap semua orang sesuai dengan kehendak mu bapak πŸ™

    ReplyDelete
  6. amen, terpujilah nama Tuhan Yesus πŸ₯ΊπŸ™

    ReplyDelete
  7. Semua yg diciptakan Allah adalah baik dan tidak ada yg haram asalkan kita menerimanya dengan ucapan syukur dan doa... Terima kasih Bapa, Engkau berfirman bagi kami untuk memikul tanggung jawab kami sendiri tanpa melihat keadaan orang lain yg lebih dari kita dengan demikian kita boleh bermegah dengan hasil tangan kita sendiri... Telah aku saksikan berkat2 Tuhan yang luar biasa bagi keluargaku, kiranya Engkau tetap memelihara kami dijauhkan dari sakit penyakit, musibah dan marabahaya, segala maksud2 orang yg tidak baik dijauhkan dari kami anak2Mu yang percaya kepadaMu... Tutup bungkus kami oleh kuasa darahMu yang kudus...

    Ya Tuhan berkati juga Indonesia jauhkan dari segala paham intoleran dan pemecah belah bangsa kami... Hanya didalam nama Yesus Engkau mendengar doa2 kami... Amin.

    ReplyDelete
  8. Amin... puji Tuhan atas firman-Nya hari ini

    ReplyDelete
  9. Amin puji TuhanπŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete