Tuesday, November 10, 2020

ORANG PERCAYA SEBAGAI BATU HIDUP

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 10 November 2020

Baca:  1 Raja-Raja 7:1-12

"Tembok dari semuanya ini dibuat dari batu yang mahal-mahal, yang sesuai dengan ukuran batu pahat digergaji dengan gergaji dari sebelah dalam dan dari sebelah luar, dari dasar sampai ke atas, dan juga dari tembok luar sampai kepada tembok pelataran besar."  1 Raja-Raja 7:9

Ketika hendak membangun rumah, pasti diperlukan batu-batu yang berkualitas bagus, bukan sembarang batu.  Contohnya adalah ketika tempat kediaman Salomo dibangun, batu yang digunakan adalah batu-batu yang berkualitas dan berharga mahal.  Namun demikian batu-batu itu tidaklah bernyawa alias benda mati.  Berbeda dengan tempat kediaman Tuhan  (Bait Suci Tuhan)  yang adalah lambang kehadiran Tuhan.  Bait Tuhan dibangun bukan dengan batu-batu mati, tetapi dengan batu-batu hidup, yaitu kumpulan orang-orang percaya  "...sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani..."  (1 Petrus 2:5).

     Sebuah batu hidup adalah unit tunggal sebelum ia dipersatukan dengan batu-batu hidup lain, untuk menjadi satu kesatuan sebagai bagian dari pembangunan rumah rohani.  Yesus berkata,  "Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."  (Matius 16:18-19).  Saat ini masih banyak  'batu-batu'  yang tercerai berai di sana-sini, tak menyatu.  Dapatkah kita membangun sebuah rumah, bila batu-batu yang hendak kita pergunakan terpencar, tercerai-berai, dan tidak karuan?  Untuk bisa dipakai sebagai batu hidup bagi pembangunan rumah rohani, batu-batu itu harus menyatu, terkumpul, dan kemudian dibangun di atas batu yang lain.  Dari situlah kita akan tahu bahwa batu-batu itu telah berfungsi di tempat yang seharusnya.  Jika batu-batu itu tetap sebagai batu tunggal, ia tidak dapat berfungsi.

     Sebagai batu yang hidup kita harus berada di tempat yang tepat, yaitu di area pembangunan rumah Tuhan.  Terkadang kita harus siap untuk dihaluskan dan dipertajam lagi supaya bisa  'pas'  dengan tempat kita.

Orang percaya takkan berfungsi maksimal bagi rumah Tuhan bila berjalan sendiri-sendiri!

19 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya,Bapa jadikan kami dan keluarga kami menjadi Bait Allahmu Bapa yaitu tubuh kami sendiri Bapa,Bapa perbaharui roh kami Bapa,beri kami roh kasih,roh damai sejahtera,roh kesetiaan dalam diri kami,Bapa beri kami iman yang teguh didalamMu Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  2. Membangun rumah Tuhan yang dimulai dari keluarga dan rumah kita sendiri sangat aku rindukan seperti Salomo.
    Ya Tuhan jadikan rumah kami menjadi tempat Engkau bersemayam, kami rindu agar keluarga kami senantiasa ada dalam mezbahMu yang kudus... Kasihanilah dan tolong kami untuk selalu terhindar dari noda dosa dan tetap melekat erat dalam persekutuan dengan Bapa disurga... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  3. Ampuni kami,biar kami jadi batu penjuru tetap kokoh dan kuat bersatu, tidak tercerai-berai,Amin..

    ReplyDelete
  4. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. Terpujilah namaMU Tuhan.

    ReplyDelete
  5. Terpujilah engkau Bapa yang disurga atas firman dan berkat Tuhan kepada saya, amien.

    ReplyDelete
  6. Aminnn.. bersatulah gereja Tuhan!

    ReplyDelete
  7. amen terpujilah nama Tuhan πŸ˜‡

    ReplyDelete
  8. AMIN puji Tuhan πŸ™πŸ™❤️

    ReplyDelete