Friday, November 13, 2020

DAMAI SEJAHTERA SEJATI: Tak Terpengaruh Situasi

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 13 November 2020

Baca:  Yohanes 14:15-31

"Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu."  Yohanes 14:27

Menurut pandangan orang dunia, damai sejahtera adalah suatu keadaan atau suasana yang aman, tidak ada perang, tidak ada konflik, tidak ada bencana, tidak ada perselisihan, tidak ada masalah.  Orang dunia juga berpikir bahwa sumber damai sejahtera itu ada pada uang, harta kekayaan, mobil mewah, rumah megah, popularitas, juga damai sejahtera dengan hal-hal yang tampak dari luar atau secara kasat mata  (eksternal), atau bergantung pada situasi kondisi.  Padahal semua yang ada di dunia ini hanyalah semu, serba tidak menentu, tidak kekal.  Hari ini mungkin kita merasakan damai karena kita punya uang banyak dan harta berlimpah, tetapi ketika uang dan harta kita sudah habis, apakah damai itu masih bertahta di hati kita?

     Berbeda dengan damai sejahtera yang Tuhan berikan!  Damai sejahtera dari Tuhan mengalir dari dalam hati  (internal), tidak terpengaruh oleh situasi kondisi, dan bersifat kekal.  Sekalipun diterpa masalah, sekalipun situasi sedang tidak baik, hati tetap dipenuhi oleh damai sejahtera.  Damai sejahtera bersumber dari hubungan yang karib antara kita dengan Tuhan dan dampak dari ketaatan kita melakukan firman Tuhan.  Ada tertulis:  "Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,"  (Yesaya 48:18).  Dengan cara inilah Tuhan akan melimpahkan damai sejahtera-Nya kepada kita.

     Damai sejahtera dari Tuhan ini tidak dapat dibeli dan diukur dengan uang dan harta sebesar apa pun!  Damai sejahtera ini diberikan secara cuma-cuma kepada setiap orang yang percaya kepada Kristus, yang adalah sumber damai sejahtera.  Tapi mengapa banyak orang malah menolak Kristus?

Kunci memiliki damai sejahtera sejati adalah memiliki persekutuan yang karib dengan Tuhan dan taat melakukan firman-Nya!

26 comments:

  1. Ya Yesus hari ini firmanMu Engkau nyatakan bahwa Engkau mengasihi orang yang memegang perintahMu... Ampunilah kami apabila kami kadang tidak menurut perintaMu... Utuslah Roh kudusMu ya Tuhan sehingga kami tidak lagi tersesat dan menurut kehendak kami sendiri dan biarlah kami jauh dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan... Terpujilah nama Yesus Allah yang perkasa... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  2. Amen, Tuhan Yesus Kristus Memberkati.πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  3. Damai sejahtera bersumber dari hubungan yang karib antara kita dengan Tuhan dan dampak dari ketaatan kita melakukan firman Tuhan. Haleluyah!

    ReplyDelete
  4. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya,Bapa beri damai sejahtera di hati kami Bapa,Bapa ampuni saya Bapa yang masih melakukan dosa dan tidak melakukan semua FirmanMu dengan benar Bapa,Bapa buang segala kesombongan di hati saya Bapa,beri roh kerendahan hati di hati saya Bapa,roh hamba melayaniMu Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  5. Amin..
    Tuhan Jesus Nemberkati..πŸ˜‡πŸ™

    ReplyDelete
  6. Amin
    Tuhan Yesus MemberkatiπŸ˜‡πŸ™

    ReplyDelete
  7. Damai sejahtera yg Tuhan berikan, sungguh tidak dapat menandingi apapun di dunia ini, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  8. Haleluya terpujilah nama-MU ya Bapa di dalam Kristus Yesus Tuhan juruselamat dan sumber hidup dan kehidupan amin.πŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♂️πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  9. Amien. Damai sejahtera yang sejati hanya didapatkan dari Tuhan Yesus Kristus melalui hubungan yang karib dengan Tuhan dan memperhatikan FirmanNya.

    ReplyDelete
  10. Amin puji Tuhan. Damai sejahtera sejati hanya dapat kita miliki didalam Kristus Yesus.Damai sejahtera tidak akan pernah sampai sejati jika bukan dalam Yesus.(Efesus 2:13-17).

    ReplyDelete
  11. Trimakasih untuk firman tuhan yg indah ini,firman yg sangat menguat kan hati saya,dan saya yakin hidup saya akan di penuhi damai sejahtera

    ReplyDelete