Tuesday, October 20, 2020

Priskila: Keluarga Yang Cinta Tuhan

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 20 Oktober 2020

Baca:  Kisah Para Rasul 18:1-17

"Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama, ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah."  Kisah 18:3

Salah satu wanita dalam Perjanjian Baru yang memiliki pernanan penting dalam pertumbuhan gereja adalah Priskila.  Ia dan suaminya  (Akwila)  adalah suami isteri yang cinta Tuhan dan punya hati yang terbeban untuk mendukung pekerjaan Tuhan.  Keluarga ini berasal dari Pontus  (Italia), kemudian pindah ke Korintus, di mana mereka berjumpa dengan Paulus.  Priskila dan Akwila bekerja sebagai pembuat tenda, sama seperti yang dilakukan oleh Paulus.  Karena itulah Paulus menjalin kerjasama dan menginap di rumah mereka.  Saat tinggal bersama itulah Paulus memiliki banyak kesempatan mengajar firman Tuhan, membimbing Akwila dan Priskila, membangun mezbah doa bersama.  Seiring berjalannya waktu Priskila dan Akwila terlibat dalam pelayanan sebagai pemberita Injil.

     Paulus menyebut Priskila dan Akwila sebagai  "...teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus." (Roma 16:3).  Istilah  'teman-teman sekerja' berasal dari kata sunergos  (dari kata ini muncul kata sinergi).  Paulus memandang mereka sebagai rekan kerja yang mendukung dan saling bersinergi dalam memberitakan Injil.  Paulus menyadari bahwa ia tidak dapat mengerjakan tugas pelayanan pemberitaan Injil seorang diri, ia butuh partner atau rekan kerja yang saling mendukung, menopang, menguatkan, dapat bekerja sama satu sama lain.  Kita adalah anggota tubuh Kristus:  "Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh."  (1 Korintus 12:20).  Pula, setiap orang percaya diperlengkapi dengan talenta dan karunia yang berbeda-beda untuk saling melengkapi, dengan satu tujuan untuk kemuliaan nama Tuhan dan untuk membangun jemaat.  Priskila dan Akwila diberi mandat untuk melayani dan membimbing Apolos, pemuda yang rohnya menyala-nyala dalam melayani Tuhan, dan mengajarkan Jalan Tuhan kepadanya  (Kisah 18:24-26).

     Berkat ketekunan Priskila dan Akwila dalam membimbing, Apolos pun menjadi salah satu pemberita Injil yang luar biasa.  Priskila dan Akwila adalah contoh orangtua yang patut diteladani oleh keluarga-keluarga Kristen!

Keluarga seharusnya menjadi gereja terkecil, di mana nilai-nilai kebenaran diajarkan dan Injil diberitakan!

28 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk FirmanNya,Bapa ampuni segala kesalahan kami Bapa yg tidak berkenan kepadaMu Bapa,Bapa beri kami roh yang baik didalam hidup kami Bapa,seluruh keluarga kami memiliki roh yang baik Bapa,roh kudus bimbing hidup kami Bapa,Bapa beri kami Iman yang teguh Bapa,beri kami hati yang melayani Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,amin

    ReplyDelete
  2. Amin, Tuhan Yesus Memberkati.πŸ™

    ReplyDelete
  3. Berkatilah kami ya Tuhan supaya kami dpt mengabarkan Injil Tuhan.....Amin...πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  4. AminπŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  5. Setiap orang percaya diperlengkapi dengan talenta dan karunia yang berbeda-beda untuk saling melengkapi.TETAP SETIA sampai akhir hidupmu.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih renungannya Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  7. Keluarga menjadi pintu gerbang utama dalam pelayanan dan pengabaran Injil... Perlu diperhatikan bahwa pelayanan kita dinyatakan berhasil apabila kita memberi contoh dahulu dalam keluarga kita... Tuhan Yesus pasti memberkati kita sekalian yang mau menjadi teladan, baik dilingkungan masyarakat dan keluarga... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih Tuhan atas berkat dan rejeki yang sudah Tuhan berikan kepada saya dan ampuni dosa akan kesalahan saya dan jauhkan saya dari marabahaya dan berikan saya kesehatan dan terpujilah engkau Tuhan hari ini dan selamamya, amien.

    ReplyDelete
  9. Semoga semua keluarga Kristen mengerti tanggung jawabnya untuk melanjutkan pengajaran mengenai keselamatan, Allah tritunggal memberkati.

    ReplyDelete
  10. Pelayanan dimulai dari keluarga. Tuhan Yesus menyertai.

    ReplyDelete
  11. Amin. Tks Tuhan menyertai terus dalam pelayanan secara online utk memberkati banyak orang agar tetap percaya dan beriman pada Yesus.

    ReplyDelete
  12. Keluarga menjadi sumber contoh yang mengajarkan dan memberikan nilai nilai kebenaran bagi orang lain dan lingkungan masyarakat sekitarnya.Tuhan Yesus mnyertai

    ReplyDelete
  13. Amin Puji Tuhan mari kita tumbuh bersama dengan keluarga kita dalam Kristus. Terima kasih renungannya, Tuhan berkati kita semua.

    ReplyDelete