Saturday, October 31, 2020

MENGANDALKAN MANUSIA ADALAH KEBODOHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 31 Oktober 2020

Baca:  Yeremia 17:1-18

"Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk."  Yeremia 17:6

Ayat nas di atas adalah gambaran tentang keadaan orang yang hidup tidak mengandalkan Tuhan, tapi berharap dan mengandalkan manusia.  Dari pembacaan ayat yang kita baca Tuhan mengutus nabi Yeremia untuk menyampaikan firman-Nya kepada bangsa Yehuda, yang hatinya mulai menjauh dari Tuhan.  Nabi Yeremia diperintahkan Tuhan untuk mengingatkan mereka bahwa berhala-berhala itu tidak akan pernah bisa menolong.  Karena itu mereka harus kembali ke jalan Tuhan, kembali menyandarkan hidup hanya kepada Tuhan.  Dinyatakan bahwa orang yang mengandalkan manusia adalah orang yang terkutuk!  "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!"  (Yeremia 17:5).

     Boleh saja minta pertolongan bantuan atau bantuan dari orang lain, tapi bukan berarti kita boleh mengandalkan manusia atau berharap penuh kepada manusia, sebab bagaimana pun manusia tak lebih dari alat yang dipakai Tuhan.  Kadangkala Tuhan memakai seseorang atau menggerakkan hati seseorang untuk menolong, karena itu kita harus belajar menghormati, menghargai dan tidak lupa berterima kasih kepada orang yang menolong kita itu.  Tetapi kita harus memahami benar bahwa pertolongan dan mujizat bagi kita bukan datang dari manusia, tapi Tuhan yang bekerja di dalamnya.  Mengapa Tuhan memperingatkan kita untuk tidak mengandalkan manusia?  Karena kekuatan dan kemampuan manusia sangat terbatas, dan hati manusia cenderung mudah sekali berubah.

     Tak ingin merasakan kekecewaan?  Berhentilah berharap dan mengandalkan manusia!  Karena ketika kita mulai mengandalkan manusia, kita akan sepenuhnya di bawah kendali manusia.  Ingat, sumber pertolongan dan sumber keberhasilan kita adalah Tuhan, bukan manusia!  Tidak ada pilihan lain selain kita harus hidup mengandalkan Tuhan!  Alkitab menyatakan bahwa orang yang hidup mengandalkan Tuhan adalah orang yang diberkati, ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang tidak kuatir akan tahun kering dan takkan berhenti berbuah  (Yeremia 17:7-8).

Sumber pertolongan dan pengharapan hidup kita adalah Tuhan, bukan manusia!

26 comments:

  1. Tuhanlah segala sumber pertolonganku, telah kulihat betapa dalam kasihMu, anakMu yang berharap padaMu tidak pernah meminta minta roti... Andalkan Tuhan dalam segala perkara... Ya Bapa berikan hikmat dari padaMu saat aku dalam kesesakkan dan ampuni segala dosa dan salah kami ya Tuhan... Segala puji dan syukur hanya didalam namaMu Yesus... Amin.

    ReplyDelete
  2. Amin, Tuhan Yesus Memberkati.πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  3. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya Bapa,Bapa ampuni kami atas segala dosa-dosa kami Bapa,terima kasih Tuhan Yesus atas segala kasihMu Bapa,Bapa ajar kami untuk mengerti FirmanMu dan dapat melakukan FirmanMu Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  4. Tidak ada pilihan lain selain kita harus hidup mengandalkan Tuhan!

    ReplyDelete
  5. Di berkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  6. Terima kasih, saya terberkati dengan renungan pagi ini utk selalu mengandalkan Tuhan...

    ReplyDelete
  7. AminπŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♂️πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  8. Amin, puji Tuhan πŸ™πŸ»πŸ’–

    ReplyDelete
  9. Amin puji Tuhan bagi Tuhan tak ada yang mustahil dan tak ada yang tak mungkin Amin πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  10. Puji Tuhan. Dia selalu menyartai setiap orang yang mengandalkan Tuhan. Amin.

    ReplyDelete
  11. Amin puji Tuhan. Kita harus mengandalkan Tuhan dalam segala perkara yang kita hadapi. Tuhan harus yang menjadi pertama dan utama kita andalkan dalam menyelesaikan perkara yang kita hadapi. Pertolongan yang datang dari Tuhan pasti tepat pada waktunya.Dalam Mazmur 121:2-3 mengatakan " Pertolonganku ialah dari Tuhan yang menjadikan langit dan bumi.Ia takkan membiarkan kakimu goyah,Penjagamu tidak akan terlelap".

    ReplyDelete
  12. Amin berharaplah selalu pada Tuhan

    ReplyDelete