Friday, October 9, 2020

MANUSIA BIASA, DOANYA LUAR BIASA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 9 Oktober 2020

Baca:  Yakobus 5:12-20

"Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya."  Yakobus 5:16b

Doa adalah salah satu senjata rohani orang percaya yang sangat efektif untuk mengalahkan musuh  (Iblis).  Karena itu jangan meremehkan kekuatan doa!  Doa adalah senjata yang tidak kelihatan secara kasat mata, tapi kuasanya sungguh teramat dahsyat melebihi senjata apa pun di dunia ini, sebab doa sanggup mengalahkan musuh-musuh di alam roh  (Efesus 6:12).  Doa Elia sanggup menggerakkan tangan Tuhan untuk menahan langit agar tidak menurunkan hujan ke bumi selama tiga setengah tahun, juga membuka langit untuk mencurahkan hujan setelah tak ada hujan selama tiga setengah tahun.  Mungkin kita berkata,  "Elia adalah manusia biasa sama seperti kita,..."  (Yakobus 5:17a).  Benar, Elia adalah manusia biasa yang juga punya kelemahan, kekurangan dan keterbatasan, pernah takut dan nyaris putus asa, bahkan sampai berkeinginan untuk mati saja  (1 Raja-Raja 19:3, 4).

     Terlepas dari keberadaannya sebagai manusia biasa, ada rahasia doa Elia yang membuat doanya menghasilkan mujizat!  1.  Elia taat.  Ketika diperintahan Tuhan untuk menghadap raja Ahab memberitahukan bahwa Tuhan akan menurunkan hujan bagi bangsa Israel, Elia taat  (1 Raja-Raja 18:1-2).  Ketaatnya adalah kunci utama!  Dalam hal berdoa ini Elia berdoa atas kehendak Tuhan, bukan menurut kehendaknya sendiri.  Seringkali kita berdoa menurut kehendak dan keinginan kita sendiri!  Kita hanya berdoa untuk kebutuhan diri sendiri, bukan berdoa menurut kehendak Tuhan.

     2.  Elia berdoa dengan sungguh.  "...bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan."  (Yakobus 5:17b).  Berdoa dengan sungguh berarti roh, jiwa dan tubuh menjadi satu kesatuan, tidak terpecah-pecah.  Seringkali ketika berdoa, hati dan pikiran kita tidak sinkron karena pikiran melayang kemana-mana  (tidak fokus), mulut berdoa, hati bimbang.  Yang penting juga adalah berdoa di dalam nama Tuhan Yesus!  "...dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."  (Yohanes 14:13-14), sebab segala kuasa ada di dalam nama-Nya.

Asal kita taat dan berdoa dengan sungguh dalam nama Tuhan, mujizat pasti terjadi!

24 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk FirmanNya,Bapa ampuni kami yang berdosa ini Bapa,Bapa beri kami roh ketaatan Bapa,roh kesetiaan Bapa,Bapa beri kami roh kerendahan hati Bapa,roh kasih didalam diri kami Bapa,tutup bungkus kami dan keluarga kami dengan kuat kuasa darah YesusMu Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  2. Ketikaku berdoa mujizat itu nyata..

    ReplyDelete
  3. Taat dan tetap berdoa sampai akhir hidupmu adalah jalan menuju kehidupan yang kekal.

    ReplyDelete
  4. Puji Tuhan.....
    Setiap keluh kesah dalam doa yang kita mohonkan dengan benar dan sungguh-sungguh kepada Tuhan, maka ada kuasa Tuhan Yesus mengalir didalam doa kita.
    Halelluyah,,,, Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete

  5. Haluyah puji Nama TUHAN! Amin,

    ReplyDelete
  6. Amin puji Tuhan Trimakasih atas firman mu hari ini bapak terpujilah Engakau Ampunilah segala dosa kami aku percaya Tuhan...dan hanya lh ketentuan dari mu kami selamat Trimakasih dari dunia ini Tuhan Yesus Amiiinn πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  7. Doa mengubah segalanya...kadang iblis mendakwa kita bahwa kita belum hidup benar sehingga jika kita berdoa kita tidak punya kuasa untuk mengubah hidup kita... Pekerjaan iblis yg menipu kita harus kita lawan dengan yakin bahwa Yesus turut bekerja dalam doa kita untuk mendatangkan kebaikkan... Haleluya... firmanMu Ya dan Amin.

    ReplyDelete
  8. amin terimakasi Tuhan Yesus memberkati

    ReplyDelete
  9. Mujizat Tuhan Yesus Kristus ya dan amin.πŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♂️πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete