Thursday, October 22, 2020

DORKAS: Pemurah Beroleh Kemurahan

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 22 Oktober 2020

Baca:  Kisah Para Rasul 9:32-43

"Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah."  Kisah 9:36b

Dorkas adalah seorang janda dari kaum Yahudi yang tinggal di Yope  (Yunani).  Ia memiliki dua nama panggilan:  teman-teman dari kaum Yahudi memanggil Tabita, dan teman-teman kaum Yunani memanggilnya Dorkas.  Alkitab menyatakan bahwa Dorkas dikenal sebagai orang yang banyak sekali berbuat baik dan suka bersedekah  (ayat nas), sehingga hidupnya menjadi berkat dan kesaksian bagi banyak orang.

     Karena Dorkas dikenal sangat baik dan suka menolong orang lain, maka ketika dia sakit dan meninggal banyak orang sedih dan merasa kehilangan.  Mereka pun mencari cara bagaimana supaya Dorkas bisa hidup kembali.  Begitu mendengar kabar bahwa Petrus sedang berada di Lida  (dekat Yope), diutuslah segera dua orang untuk menemui Petrus:  "'Segeralah datang ke tempat kami.' Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka."  (Kisah 9:38b-39a).  Kemudian, Petrus pun  "...berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: 'Tabita, bangkitlah!' Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk. Petrus memegang tangannya dan membantu dia berdiri. Kemudian ia memanggil orang-orang kudus beserta janda-janda, lalu menunjukkan kepada mereka, bahwa perempuan itu hidup."  (Kisah 9:40-41).  Mujizat terjadi!  Wanita itu dibangkitkan kembali.  "Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan."  (Kisah 9:42).

     Sudahkah kita memiliki kehidupan seperti Dorkas, yang mampu menjadi buah bibir yang baik, karena keteladanan hidup yang ditunjukkan?  Karena Dorkas memiliki kemurahan hati kepada semua orang, ia pun beroleh kemurahan dari Tuhan!  Melayani Tuhan tidak harus selalu menjadi seorang fulltimer atau melayani di gereja.  Kita bisa melayani Tuhan dengan apa yang bisa kita kerjakan sesuai dengan bidang kita masing-masing.  Sekalipun apa yang yang diperbuat oleh Dorkas nampak tak sehebat penginjil-penginjil besar, tapi apa yang diperbuatnya diperhitungkan Tuhan dan berharga di mata-Nya.

"Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan."  Matius 5:7

24 comments:

  1. Teruslah berbuat baik karena upahmu besar di Surga.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih bapa atas berkat dan sukacita yang Tuhan brikan kepada hidup saya dan biarlah saya dibrikan kemurahan hati dan kebahagiaan dalam kehidupan saya Tuhan, terpujilah engkau Tuhan sekarang dan selamanya, amien.

    ReplyDelete
  3. Kemurahan Tuhan luar biasa... Tuhan jadikan kami tahir dari segala dosa kami... Ampuni kami kalau kami tanpa sengaja melanggar perintahMu... Kami rindu menjadi berkat buat banyak orang... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  4. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya Bapa,Bapa bimbing hidup kami Bapa agar kami lebih mengerti firmanMu dan dapat menjadi pelaku FirmanMu Bapa,Bapa tutup bungkus pikiran kami dengan kuat kuasa darah YesusMu Bapa,layakkan kami dan keluarga kami berada di sisiMu Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  5. Amin, semoga kita menjadi berkat kepada orang lain, TUHAN Yesus memberkati.

    ReplyDelete
  6. Halleyuyah...segala puji dan syukur bagi Tuhan, atas kemurahanNya melalui hambaNya Petrus kuasaNya dinyatakan dengan membangkitkan Tabita dari kematian. Kuasa Tuhan dari dahulu, sekarang sampai selamalamaya tetap ada dan dinyatakan bagi hambaNya yang yg memiliki kemurahan hari seperti Tabita. Terimakasih Tuhan Yesus atas kebaikanMu.Amin .πŸ™

    ReplyDelete
  7. Amin puji Tuhan.Berbuat baik tidak ditentukan oleh apa yang kita miliki dan siapa yang akan kita tolong.Tapi motivasi hidup dalam kemurahan itu adalah bagian dari hidup bahagia.Kalau kita ingin hidup kita bahagia,maka bermurah hatilah kita kepada semua orang, karena kita pasti juga akan mendapatkannya.(Galatia 6:7-10).

    ReplyDelete
  8. Amin banyak berbuat baik kepada orang lain adalah panggilan Iman karena Kristus sudah menelamatkan kita πŸ™

    ReplyDelete