Saturday, September 26, 2020

TUHAN ADALAH SUMBER KASIH KITA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 26 September 2020

Baca:  Mazmur 36:1-13

"Ya TUHAN, kasih-Mu sampai ke langit, setia-Mu sampai ke awan."  Mazmur 36:6

Di masa-masa sulit seperti sekarang ini banyak orang Kristen yang goyah imannya, mereka mulai meragukan kasih dan penyertaan Tuhan dalam hidup ini.  Kalau kita masih saja meragukan kasih setia Tuhan dalam hidup ini berarti kita adalah orang-orang yang tidak tahu berterima kasih, sama seperti sembilan orang yang sakit kusta yang sudah disembuhkan Tuhan, yang setelah sembuh mereka langsung pergi meninggalkan Tuhan tanpa berterima kasih kepada-Nya  (Lukas 17:17).  Bukankah di setiap langkah, di mana pun dan ke mana pun kita pergi, Dia Imanuel, Tuhan yang selalu menyertai kita, kita masih bisa bernafas sampai detik ini bukankah semua karena kasih Tuhan?

     Rasul Yohanes dalam suratnya menegaskan bahwa Tuhan adalah kasih, dan dalam hal mengasihi ini bukan kita yang mengasihi Tuhan, tapi Tuhanlah yang telah mengasihi kita  (1 Yohanes 4:8-10).  Pernyataan bahwa Tuhan adalah kasih memberi pengertian kepada kita bahwa Tuhan adalah sumber kasih itu sendiri sehingga Dia tidak dapat dipisahkan dari sifat dasarnya yang adalah kasih.  Karena kasih adalah karakter Tuhan, maka segala perbuatan-Nya senantiasa bermuatan kasih, di dalam Tuhan ada kasih yang berlimpah-limpah.  Tidak ada kata lain untuk mengungkapkan kebesaran kasih Tuhan selain kita harus selalu mengucap syukur kepada-Nya.  Karena kasih Tuhan yang berlimpah ini manusia berdosa pun dikasihi-Nya dan diselamatkan-Nya melalui pengorbanan-Nya di kayu salib:  "...oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa."  (Roma 5:8).  Kasih menjadi bagian penting dari kehidupan kekristenan!

     Karena Tuhan lebih dulu mengasihi kita dengan memberikan hidup-Nya untuk kita, maka kita harus merespons kasih-Nya itu dengan mengasihi Dia segenap hati, segenap jiwa, segenap akal budi, dan segenap kekuatan kita  (Markus 12:30).  Kata  'segenap'  berarti menempatkan Tuhan sebagai prioritas yang terutama dalam hidup ini.  Kita menjadikan Tuhan sebagai subyek kasih satu-satunya, tidak ada siapa pun dan apa pun yang kita kasihi melebihi kasih kita kepada Tuhan.  Banyak orang lebih mengasihi uang dan hartanya daripada mengasihi Tuhan;  kita lebih mengasihi bisnis kita daripada mengasihi Tuhan, waktu-waktu kita pun tersita untuk perkara-perkara dunia.

Kasih Tuhan kepada kita sungguh tak terbatas!  Bagaimana kasih kita kepada-Nya?

24 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya Bapa,Bapa ajar kami untuk mengasihi sesama,Bapa arahkan mata kami hanya memandangMu saja Bapa,kuduskan hati dan pikiran kami Bapa,jauhkan kami dari segala dosa Bapa,tutup bungkus kelemahan kami Bapa,jangan masukkan kami kedalam percobaan Bapa,ampuni kesalahan kami Bapa,amin

    ReplyDelete
  2. Kami mau menjadi lebih produktif, sekalipun pada masa sulit, selagi kesempatan makin terbatas, hanya Tuhan saja penolong kami yg penuh belas Kasihan.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Tuhan atas kasih setiamu

    ReplyDelete
  4. Ingat dan sadari...Bila sampai hari ini kita masih bisa bangun pagi artinya Tuhan Yesus masih memberikan nafas kehidupan bagi kita. itu semua karena KASIH dan KEMURAHANNYA.

    ReplyDelete
  5. Firman Tuhan ya dan amin, dalam perkenanan-Mu ya Bapa sorgawi ampunilah segala dosa, pelanggaran dan kecemaran kami, sehingga karena kasih Tuhan Yesus Kristus kami dilayakkan dan masuk ke dalam persekutuan bersama Bapa, amin.πŸ™‡‍♀️πŸ™πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  6. Terima kasih Tuhan, atas kasihMu pada kami, tidak dapat kami membalas akan kasihMu, tapi biarlah hati kami, kami persembahkan kepadaMu Tuhan, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  7. Amin, Puji Tuhan selalu kami panjatkan Bagi Allah Kami yg Maha KuasaπŸ™‚ Kasih Allah Begitu Besar dan Berkuasa atas langit dan bumi beserta segala isinya.

    ReplyDelete
  8. AMIN puji Tuhan atas kasih mu bapa ajar kan kami untuk tetap percaya kepada Tuhan Yesus ampunilah dosa2 kami dan tujuh kan lh mata kami dan harapan dan lll.. hanya lh ke pada mu bapa Terimakasih Amiiinn πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  9. Amin puji Tuhan. Firman Tuhan berkata kita bisa mengasihi karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.(1 Yohanes 4:19).Tanpa kasih Allah terlebih dahulu memenuhi hati kita,kita tidak mampu untuk mengasihi. Mendekatlah pada Allah buka hati lebar-lebar dan mintalah supaya kasih Allah itu masuk dan memenuhi hati kita,supaya hati kita benar-benar penuh dengan kasih.

    ReplyDelete
  10. AminπŸ™πŸ™πŸ™haleluyaπŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete