Friday, September 4, 2020

PERINTAH TUHAN ADALAH HIDUP KEKAL

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 4 September 2020

Baca:  Yohanes 12:44-50 

"Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."  Yohanes 12:50

Masuk dalam Kerajaan Sorga adalah tujuan akhir hidup orang percaya.  Tetapi, untuk bisa mencapai tujuan tersebut ada harga yang harus dibayar, yaitu taat melakukan firman Tuhan, sehingga menjadi pelaku firman adalah syarat utama untuk mendapatkan kehidupan kekal;  sebaliknya ketidaktaatan terhadap firman Tuhan berujung pada penghukuman kekal, sebab ada tertulis:  "...upah dosa ialah maut;"  (Roma 6:23).

     Rasul Paulus menyatakan bahwa firman Tuhan bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran  (2 Timotius 3:16).  Maka dari itu jangan marah atau tersinggung bila tertempelak  (tertegur)  oleh firman Tuhan yang keras.  Lebih baik kita merasakan  'sakit'  sekarang saat berada di dunia daripada mengalami kebinasaan kekal.  Jika dalam kondisi yang baik mungkin kita bisa melakukan apa yang Tuhan perintahkan, tapi ketika situasi berbeda  (banyk pergumulan)   seringkali kita merasa berat untuk melakukan kehendak Tuhan, terlebih-lebih bila perintah Tuhan itu sepertinya tidak masuk akal.  Apakah Saudara mengasihi Tuhan?  Bukti kasih kepada Tuhan adalah taat melakukan firman-Nya!  "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku;"  (Yohanes 14:23-24).

     Ayat nas menegaskan bahwa perintah Tuhan  (firman-Nya)  adalah hidup yang kekal!  Oleh karena itu jangan pandang remeh firman Tuhan!  "Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan."  (Amsal 13:13).  Hidup menyimpang dari firman Tuhan resikonya sangat besar, dampaknya bukan hanya untuk kehidupan di dunia ini saja, tapi juga untuk kehidupan di kekelan nanti.  Maka  "...janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi."  (Yosua 1:7).  Karena itu kita perlu menyukai perintah Tuhan  (Mazmur 1:1-2).

Ketaatan terhadap firman Tuhan itulah yang membawa kepada kehidupan kekal!

21 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus,Bapa ajar kami untuk dapat taat terhadap firman Tuhan dan dapat melakukannya,amin

    ReplyDelete
  2. Aku sangat berbahagia sebab aku percaya Yesus datang untuk menyelamatkanku dan seluruh keluargaku... FirmanMu adalah kehidupan yg kekal bagi orang percaya... Haleluya terpujilah nama Bapa, Putera dan Roh Kudus...Amin.

    ReplyDelete
  3. Ada harga yang harus dibayar bila ingin masuk dalam Kerajaan Sorga yaitu taat melakukan Firman Tuhan.

    ReplyDelete
  4. Puji Tuhan...
    Yesus kekuatanku, kiranya selalu menuntun ku tetap setia dan taat melakukan segala sesuatu dalam kehendak Nya.

    ReplyDelete
  5. Amin,firman Tuhan itulah pelita hidupku πŸ™πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  6. Terimakasih Tuhan, untuk girmanmu pagi ini, mampukan aku Tuhan untuk mau melewati hati ini dengan melakukan yang sesuai dgn firmanMu

    ReplyDelete
  7. Firman Tuhan ya dan amin.πŸ™‡‍♀️πŸ™

    ReplyDelete
  8. Melakukan Firman Tuhan, maka kita akan berhasil dan beruntung, biarkan kita taat melakukan Firman Tuhan, Roh Kudus yg dapat memampukan kami, untuk jadi pelaku Firman, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  9. Amin puji Tuhan.Jika kita hidup menurut firman Tuhan dan melakukan kehendakNYA, tidak ada satupun yang dapat menjatuhkan kita dari tumpuan hidup kita." Bukankah telah KU-perintahkan kepadamu:kuatkan dan teguhkanlah hatimu.Janganlah kecut dan tawar hati,sebab TUHAN,Allahmu,menyertai engkau kemanapun engkau pergi"(Yosua 1:9).

    ReplyDelete
  10. Amin.firman yg mengajarkan kita hidup dalam kebenaran.

    ReplyDelete
  11. Puji Tuhan, sangat terberkati dengan renungan diatas. Namun yg saya percayai bahwa syarat utama menerima anugerah hidup kekal adalah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya. Kita melakukan perintah Tuhan Yesus pun harus didasari dengan iman bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat.

    ReplyDelete