Saturday, September 19, 2020

MENYUKAKAN MANUSIA: Hamba Manusia

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 19 September 2020

Baca:  Galatia 1:1-10

"Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus."  Galatia 1:10b

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam pelayanan pekerjaan Tuhan adalah berkenaan dengan motivasi.  Dalam melayani pekerjaan Tuhan kita harus memiliki motivasi yang murni yaitu mengejar perkenanan Tuhan, bukan mencari perkenanan dari manusia.  Kalau pelayanan kita hanya bertujuan untuk menyenangkan hati manusia atau orang-orang yang dilayani berarti motivasi kita sudah melenceng jauh.  Perhatikan apa yang rasul Paulus katakan,  "Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus."  (ayat nas).

     Fenomena ini sedang melanda gereja Tuhan di akhir zaman:  banyak pelayan Tuhan atau hamba Tuhan yang karena takut kehilangan jemaatnya akhirnya memilih untuk berkompromi dengan dosa.  Mereka tidak berani menegur jemaatnya yang berbuat kesalahan;  mereka tetap saja menutup mata seolah-olah tidak terjadi apa-apa;  mereka tidak bisa bersikap tegas!  Ketika kita lebih takut kepada manusia demi menyenangkan hatinya, atau lebih memilih untuk mencari pujian manusia, sama artinya kita sudah menghambakan diri kepada manusia.  Yang namanya  'hamba'  adalah orang yang berusaha melakukan apa saja demi untuk menyenangkan hati tuannya.  Ketika kita melakukan segala sesuatu dan menempuh segala cara dengan tujuan untuk menyenangkan hati manusia berarti kita sudah menjadi hamba manusia.

     Sebagai hamba-hamba Tuhan kita harus memiliki satu tujuan dalam melayani pekerjaan Tuhan kita harus memiliki satu tujuan bagaimana supaya kita tetap berkenan dan menyenangkan hati Tuhan.  Orang yang mengejar perkenanan Tuhan pasti akan menghambakan diri kepada Tuhan sepenuhnya dan berkomitmen untuk meninggalkan cara hidup yang tidak berkenan kepada Tuhan;  kita tidak akan melakukan perbuatan-perbuatan yang menyimpang dari kebenaran yang membuat hati Tuhan sedih.  Inilah harga yang harus dibayar seorang hamba Tuhan!  Apa pun situasinya kita harus tetap berdiri teguh dalam kebenaran firman Tuhan dan tidak akan berkompromi dengan dosa.

Kristus sudah mengorbankan nyawa-Nya untuk menebus dosa-dosa kita, karena itu kita harus menghambakan diri sepenuhnya hanya kepada Tuhan!

20 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk FirmanNya Bapa,ampuni segala dosa kami Bapa yg tidak berkenan di hatiMu Bapa,tuntun hidup kami Bapa agar kami lebih mengerti FirmanMu dan dapat melakukanNya,biarlah mata kami terus memandang engkau Bapa seperti pada mulanya,amin

    ReplyDelete
  2. Puji Tuhan....
    Oh Tuhan ku persembahkan hidup ku dipakai menjadi kesaksian iman ku untuk hormat dan kemuliaan Nama Tuhan Yesus. Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  3. Menjadi hamba Tuhan harus sepenuh hati dalam melayani agar menyukakan hati Tuhan. Jangan pernah kompromi!

    ReplyDelete
  4. Fokus kepada Tuhan, di berkatilah orang yg mengandalkan Tuhan, terkutuklah orang yg mengandalkan manusia, terpujilah namaMu Tuhan, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih Tuhan atas firman Tuhan dan berkat Tuhan serta berikan kesehatan kpd saya serta kekuatan kpd saya utk dapat menghambakan sepenuhnya kepada Tuhan dalam kehidupan saya tiap harinya, amin

    ReplyDelete
  6. Pandanglah kepada yesus biarlah wajahNya selalu menyinari engkau,itu cara menghambakan diri kepada Yesus.

    ReplyDelete
  7. Amin puji Tuhan. Tuhan hanya akan dapat memakai kita secara leluasa bila kita bebas bergerak menjadi alat tangan Tuhan dan tidak terikat oleh tuntutan untuk menyenangkan hati orang (hamba manusia).Tuhan pun tahu kelemahan dan ketakutan kita yang ingin menyenang hati orang.Tuhan akan mendampingi kita,dan Ia pun akan mengaruniakan kuasaNya kepada kita.Jadi beranikanlah diri kita demi Tuhan dan pekerjaan NYA.(Keluaran 4:11-12).

    ReplyDelete
  8. Takut akan Tuhan adalah kunci untuk selalu dekat dan taat menjalankan firmanNya....Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  9. Tuhan yesus tolong berkati hidup kmi berikan kami hikmat dan kekuatan supaya hidup kmi dapat menyenangkan hatimu
    Ajari kmi Tuhan untk sllu bersyukur atas hidup kmi

    ReplyDelete
  10. Tuhan yesus tolong berkati hidup kmi berikan kami hikmat dan kekuatan supaya hidup kmi dapat menyenangkan hatimu
    Ajari kmi Tuhan untk sllu bersyukur atas hidup kmi

    ReplyDelete