Sunday, September 20, 2020

MENCINTAI FIRMAN: Hidup Dikenan Tuhan

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 20 September 2020

Baca:  Mazmur 119:89-104

"Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari."  Mazmur 119:97

Tentang Daud, Tuhan mengatakan,  "Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku."  (Kisah 13:22b).  Kunci untuk memiliki kehidupan yang berkenan kepada Tuhan adalah memiliki rasa haus dan lapar akan firman Tuhan dan hidup dalam persekutuan yang karib dengan Tuhan.  Daud mau membayar harga dalam hidupnya untuk merenungkan firman Tuhan setiap hari, ia begitu menyukai firman dan Taurat Tuhan.  Bukan sampai di situ saja, ia juga  "...suka melakukan kehendak-Mu...Taurat-Mu ada dalam dadaku."  (Mazmur 40:9).

     Kita seharusnya memiliki perasaan yang sama seperti Daud, yang begitu mengasihi Tuhan dan mencintai firman-Nya.  Orang yang kasihnya bergelora untuk Tuhan tidak akan merasa keberatan untuk melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan.  Itulah yang menyenangkan hati Tuhan:  "Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."  (Yohanes 14:21).  Selain itu kita harus benar-benar percaya dan berpegang teguh pada firman Tuhan, bukan hanya sekedar membaca, sebab semua tulisan yang ada di dalam Injil adalah perkataan Tuhan yang penuh kuasa.  Jangan sekali-kali kita membanding-bandingkan ayat-ayat firman Tuhan atau memperdebatkannya secara akal logika kita, sebab firman Tuhan itu hanya untuk dilakukan dan ditaati.  Seberapa besar rasa haus dan lapar Saudara terhadap firman Tuhan?  "Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan."  (Matius 5:6).

     Banyak orang Kristen lalai dan malas membaca Alkitab, mereka baru mencari Alkitabnya saat dalam keadaan terjepit.  Rasul Paulus menasihati Timotius,  "...bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci,"  (1 Timotius 4:13).  Bagaimana mungkin kita akan mengalami penggenapan janji-janji Tuhan yang tertulis di Alkitab, tanpa bertekun membaca, merenungkan dan melakukan firman Tuhan?  Pemazmur menegaskan bahwa menyukai firman Tuhan dan merenungkannya siang dan malam adalah kunci untuk meraih keberhasilan dalam hidup ini  (Mazmur 1:1-3;  Yosua 1:8).  

Karib dengan Tuhan dan  'tinggal'  dalam firman-Nya kunci diperkenan Tuhan!

23 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya,Bapa tuntun hidup kami dan anak-anak kami agar kami dapat taat dan melakukan FirmanMu Bapa,dan menjadi pelaku FirmanMu Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  2. Bila kita ingin menjadi amggota kerajaan Surga bersama Tuhan Yesus harus rajin membaca, merenungkan dan melakukan firman Tuhan.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih untuk tuliaannya sangat membangun, Tuhan Yesus memberkati

    ReplyDelete
  4. Ku renungkan Firman Tuhan siang dan malam, dan ku percaya kami akan berhasil & beruntung, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  5. Amin@$%& Tuhan Yesus Memberkati haleluyah amin.

    ReplyDelete
  6. Amin... Diberkati setiap orang yang mengandalkan FIRMAN TUHAN..
    Selamat beribadah di hari ini saudara seiman πŸ˜‡

    ReplyDelete
  7. Amin.. berbahagia lah setiap orang yang mengandalkan kekuatan Firman Allah

    ReplyDelete
  8. Amin puji Tuhan. Firman Tuhan sangat penting bagi kita umat kristen,oleh karenanya kita perlu terus membaca firman Tuhan,merenungkannya memahaminya dan melakukannya dalam kehidupan kita sehari-hari,supaya hidup kita semakin hari semakin serupa dengan
    Kristus dan hidup kita bisa menjadi berkat bagi orang lain.(2 Korintus 3:16).

    ReplyDelete
  9. Ya Tuhan aku rindu untuk selalu gemar membaca, merenungkan dan melakukkan firmanMu... Sehingga aku akrab bergaul karib dengan Bapa yang mengasihiku... Sebagai mana Engkau mengasihi anakMu yang setia menjalankan perintahMu... Bawa aku dan keluargaku untuk selalu bermezbah dan duduk diam mendengarkan firmanMu, mengerti dan Roh kudusMu memampukan kami menjalankan perintah2Mu...
    Yesus sahabat kami sangat mengerti apa yang kami butuhkan saat kami jalan bersamaMu... Terma kasih Tuhan kami berdoa dan bersyukur... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  10. amin ya Tuhan πŸ™πŸ» nama Tuhan Yesus selalu ditinggikan

    ReplyDelete