Friday, September 11, 2020

MAMPU BERTAHAN KARENA ANDALKAN TUHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 11 September 2020

Baca:  Yeremia 17:1-18

"Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!"  Yeremia 17:7

Tak bisa dipungkiri, goncangan di segala bidang sedang melanda kehidupan manusia di dunia.  Hal ini menyebabkan banyak orang menjadi takut, iman tergoncang, dan mulai kehilangan pengharapan.  Orang Kristen pun yang awalnya begitu semangat melayani Tuhan dan memulai segala sesuatu dengan roh lambat laun semangatnya mengendor, bahkan bisa jadi mereka tidak lagi hidup dalam roh, tapi hidup dalam daging  (Galatia 3:3).

     Firman Tuhan menegaskan sekalipun dunia bergoncang, setiap kita yang hidup di dalam Kristus  "...menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan,"  (Ibrani 12:28).  Tuhan Yesus telah menerima segala kuasa di bumi dan di sorga, karena itu tidak ada yang tak mungkin bagi-Nya.  Tak perlu takut menghadapi goncangan sebab Tuhan yang menopang dan melindungi kita;  penyertaan Tuhan atas orang percaya takkan pernah berakhir  (sampai kesudahan zaman).  Sekalipun keadaan dunia serba tidak menentu, bagi orang yang hidup mengandalkan Tuhan ada pengharapan yang pasti:  "Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah."  (Yeremia 17:7-8).

     Orang yang hidup mengandalkan Tuhan pasti dibuat  'berbeda'  oleh Tuhan, sehingga tak perlu takut pada musim-musim kering.  Hidup mengandalkan Tuhan berarti tidak lagi hidup mengandalkan diri sendiri  (kekuatan, kepintaran, kekayaan, kedudukan).  Pemazmur mengingatkan kita ini adalah debu  (Mazmur 103:14)!  Segala hal yang melekat pada kita takkan mampu menolong kita dari goncangan dunia, sebab semuanya serba terbatas, termasuk umur kita juga ada batasnya.  Begitu pula semua yang ada di dunia ini bersifat fana, pada akhirnya akan berakhir.  Oleh karena itu tidak ada jalan lain selain kita harus seperti akar yang terus mendekat dan melekat pada sumber air.  Sumber air itu firman Tuhan, itu adalah Tuhan Yesus sendiri  (Yohanes 7:37-38, Yohanes 1:1).

Kunci untuk bertahan di tengah goncangan dunia adalah hidup mengandalkan Tuhan!

29 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus atas segala pertolongan dalam hidup saya Bapa,melepaskan saya dari kesesakan,belenggu-belenggu pengikat Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,Bapa kami menaruh harapan dan masa depan kami dan anak-anak kami didalam tangan kuat kuasaMu Bapa,kami menyerahkan diri kami didalam tangan kuat kuasaMu Bapa,ampuni segala dosa dan kesalahan kami Bapa,amin

    ReplyDelete
  2. Ya Tuhan jadikanlah kami hidup hanya mengandalkan Engkau sang empunya segalanya... semua ini hanya titipan dari padaMu yang Engkau percayakan kepada kami... biarlah kami setia mengiring Engkau dan terus melayaniMu... sukacita melimpah penuh saat Engkau mendengar dan menjawab doa kami... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  3. Sudah saatnya hidup kita harus mengandalkan Tuhan karena kehidupan di dunia ini adalah fana, yang ada batasnya termasuk umur kita.

    ReplyDelete
  4. Hanya dekat Allah saja aku tenang. Allah didalam Nama Tuhan Yesus, kekuatan ku yang selalu ku andalkan dalam hidup ku.
    Semuanya sia-sia tanpa campur tangan Tuhan Yesus.

    ReplyDelete
  5. Terpujilah nama Tuhan Yesus Kristus. Amin

    ReplyDelete
  6. Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan atas berkat penyertaan Tuhan terhadap hidup saya dan berikan saya jalan yang terus mendekat pada sumber air yaitu firman Tuhan, amin.

    ReplyDelete
  7. Amin puji Tuhan. Firman Tuhan hari ini mengajak kita sebagai orang yang percaya untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan dan masalah kahidupan.Tuhan akan melepaskan kita dari mara bahaya,dan menunjukkan jalan keluar bagi setiap masalah serta memberikan kita kekutan untuk tetap bertahan.(Amsal 3:5-6)

    ReplyDelete
  8. Akar iman yang dalam akan menyerap aliran air hidup sehingga mampu menjadikan pohon hidup yang kuat dan tahan goncangan kehidupan amin..

    ReplyDelete
  9. Tuhan aku mengandalkanMu disetiap waktu,amin.

    ReplyDelete
  10. Tuhan aku mengandalkanMu disetiap waktu,amin.

    ReplyDelete
  11. As believer in Jesus, we all are winner even in earth or in heaven.

    ReplyDelete
  12. kami percaya kuasaMu Tuhan Yesus. Amin.

    ReplyDelete
  13. Amien, Tuhan..perkenankan akarku berada di aliran sungaiMu...

    ReplyDelete
  14. Amin
    Terimakasih Tuhan atas penyertaanMu sepanjang hidup ini.
    God bless :)

    ReplyDelete
  15. Amin πŸ™
    Terimakasih Tuhan atas penyertaan Mu sepanjang hidup ini.
    God bless πŸ˜‡πŸ™

    ReplyDelete
  16. Aminnnn,,,TYM kita di sgl aktifitas kita...aminn

    ReplyDelete
  17. Biarlah tangan Tuhan terus menjaga dan memelihara hidup kita hari kesehari

    ReplyDelete
  18. Percaya bahwa Tuhan Selalu menuntun hidup kitaπŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete