Wednesday, September 23, 2020

BERPEGANG PADA FIRMAN: Kunci Menjaga Pikiran

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 23 September 2020

Baca:  Filipi 4:2-9

"Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur."  Filipi 4:6

Rasul Paulus menasihati jemaat di Filipi agar mereka selalu menjaga pikiran, sebab pikiran adalah medan peperangan yang sesungguhnya.  Ada tertulis:  "For as he thinks in his heart, so [is] he." (Proverbs 23:7, NKJV), artinya:  "sebagaimana dia berpikir dalam hatinya, demikianlah dia."  Jadi pikiran kita akan membentuk kehidupan kita, pikiran memimpin seluruh tindakan kita;  tindakan kita adalah refleksi pikiran kita.  Karena itu kita harus menjaga pikiran sedemikian rupa agar tetap berisikan hal-hal yang benar dan positif.

     Salah satu ciri orang yang berpikiran positif adalah tetap bersukacita di segala keadaan:  "Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!"  (Filipi 4:4).  Bersukacita bukanlah sekedar saran atau himbauan, melainkan suatu perintah dan kehendak Tuhan!  Sekalipun hari-hari yang sedang kita jalani terasa berat, kita diajar untuk tetap berpikiran positif dan membuang semua yang negatif:  kuatir, takut, ragu, bimbang, cemas dan sebagainya  (ayat nas).  Inilah kunci untuk memiliki pikiran yang positif:  "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu."  (Filipi 4:8).  Pernyataan  'Jadi akhirnya...'  menunjukkan bahwa inilah yang menjadi inti dari nasihat rasul Paulus kepada jemaat di Filipi ini, supaya pikiran kita dipenuhi dengan semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan.  Kita harus senantiasa bersektu dengan Tuhan dan merenungkan firman-Nya setiap hari.

     Ada tertulis:  "Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya."  (Yesaya 32:17).  Kalau kita hidup dalam kebenaran Kristus kita akan memiliki damai sejahtera yang melampaui segala akal, yang akan memelihara hati dan pikiran kita  (Filipi 4:7).

Hati dan pikiran yang terpelihara di dalam Kristuslah yang memampukan kita untuk terus berpikiran positif di segala keadaan.

27 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus atas firmanNya Bapa,Bapa kuduskan hati dan pikiran kami Bapa,agar kami dapat kudus dihadapanMu Bapa,kuasai hati dan pikiran kami Bapa didalam kristus dan kami dapat terus menjadi pelaku firmanMu Bapa,ampuni kesalahan dan dosa kami Bapa yang tidak berkehendak di hatiMu Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Tuhan Yesus utk FirmanMu yang menguatkan hatiku dsaat covid melanda istriku, kiranya aku selalu dberikan kekuatan utk tidak kuatir akan masalah yang aku hadapi karena Tuhan Yesusku berkuasa untuk menyembuhkan istriku. Amen.

    ReplyDelete
  3. Bersama Yesus selalu ada sukacita, kedamaian, ketenangan dan pengharapan.
    Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  4. Ajarlah hambamu ini untuk terus memelihara hati dan pikiran yg positif....Amin

    ReplyDelete
  5. Kita harus senantiasa bersekutu dengan Tuhan dan merenungkan firman-Nya setiap hari.

    ReplyDelete
  6. Puji dan syukur buat anugerah Tuhan karna berkat dan kuasa Tuhan telah menyembuhkan saya dari penyakit, dan berikan Hati dan pikiran saya Tuhan agar terpelihara di dalam Bapa di surga agar saya dimampukan untuk terus berpikiran positif di segala keadaan, amin

    ReplyDelete
  7. Berkata positif berpikir positif, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas renungan yg selalau menguatakan dan meneguhkan kami setiap hari,Amin

    ReplyDelete
  9. Amin
    Terimah kasih buat renungannya yang selalu menguatkan disetiap hari..

    ReplyDelete
  10. Kiranya Tuhan Yesus selalu memelihara kehidupan kami dan memberkati lumbung2 berkat tidak pernah kosong.. Amin

    ReplyDelete
  11. Terima kasih atas renungan yg selalu menguatkan hati dan pikiran kami,amin Tuhan Yesus Memberkati

    ReplyDelete
  12. Ya Tuhan terima kasih firmanMu hari ini untuk selalu berpikir sesuai dengan firmanMu... Biarlah kami renungkan firmanMu ini siang dan malam agar kami beroleh Damai dan Sukacita didalamMu... Dalam nama Yesus ada sukacita... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete