Tuesday, September 15, 2020

BELAJAR DARI SIFAT BURUNG MERPATI (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 15 September 2020

Baca:  Matius 10:16-33

"...orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat."  Matius 10:22

Sudahkah kita menjadi anak-anak Tuhan yang setia?  Setia ketika segala sesuatu berjalan dengan lancar, itu hal yang mudah!  Masihkah kita setia ketika sedang berada dalam situasi sulit, tekanan, masalah, atau penderitaan?  Kita seringkali berubah sikap dan tak lagi setia, ketika sedang berada dalam masalah.  Seorang Kristus sejati pasti akan setia di segala keadaan!  Sebab Tuhan kita adalah Tuhan yang setia!  "jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya."  (2 Timotius 2:13).

     Kita harus setia dalam hal apa?  Dalam hal beribadah kepada Tuhan!  Ibadah adalah hal sangat penting!  "Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang." (1 Timotius 4:8).  Komitmen untuk setia beribadah di tunjukkan oleh Yosua dan keluarganya!  "...aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!"  (Yosua 24:15b);  kita harus setia berdoa;  kita harus setia dalam membaca, meneliti dan mereungkan firman Tuhan;  kita harus setia melelayani pekerjaan Tuhan sesuai talenta dan karunia yang Tuhan beri.  "Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan."  (Roma 12:11).

      Rasul Paulus begitu setia melayani Tuhan dan selalu ingin memberikan yang terbaik bagi Tuhan:  "Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan."  (Filipi 1:21), dan  "...aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku..."  (Kisah 20:24).  Satu lagi tentang merpati:  burung ini tak punya kantong empedu.  Itulah sebabnya merpati tak punya sifat dendam atau sakit hati.  Jangan ada seorang pun yang menjauhkan diri dari kasih karunia Tuhan agar jangan tumbuh akar yang pahit  (Ibrani 12:15):  "Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan."  (Efesus 4:31).  Kalau kita masih menyimpan akar pahit, kemarahan, dendam, sakit hati dan hal-hal jahat lainnya, mungkinkah kita bisa menjadi berkat bagi orang lain?

Tuhan mau kita setia dan tak menyimpan hal-hal jahat, seperti burung merpati!

23 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus atas FirmanNya Bapa,Bapa beri kami roh kesetiaan,roh kasih didalam hidup kami,Bapa beri kami roh ketaatan,terima kasih Tuhan Yesus atas segala kebaikan Tuhan Yesus didalam hidup kami,ampuni kami Bapa yang masih belum melakukan FirmanMu dan memberi buah dalam kehidupan kami,terima kasih Tuhan Yesus,amin

    ReplyDelete
  2. Ya Tuhan aku berserah diri dalam kehendakMu... Engkau menjadi andalanku yang kupercaya semuanya mendatangkan kebaikkan... Aku dan semua keluargaku akan beribadah kepada Tuhan dan kerajinan kami tidak menjadi kendor tetap menyala nyala melayani Tuhan... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  3. Tetap setia sekallpun kita mengalami masa-masa sulit agar Tuhan tetap menyertai dan memberkati setiap langkahmu.

    ReplyDelete
  4. Tuhan Yesus kekuatanku akan selalu memampukan ku hidup dalam kehendak Nya.
    Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  5. Biarlah kami tetap setia mengiringMu Tuhan, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  6. Tuhan yesus ampuni dosa yg telah ssya perbuat dan jauhkan saya dari masalah masalah yang membuat saya berdosa serta biarlah firman Tuhan selalu bekerja dalam hati dan pikiran saya dalam setiap pekerjaan dan kehidupan saya hari ini dan hari esok, amin

    ReplyDelete
  7. Amin puji Tuhan. Kesetiaan kita pada Tuhan hendaklah jangan dipengaruhi oleh hal-hal duniawi,melainkan pastikan bahwa diri kita tetap setia hingga akhir. " Sebab aku yakin,bahwa baik maut,maupun hidup,baik malaikat-malaikat maupun pemerintah-pemerintah,baik yang ada sekarang maupun yang akan datang,atau kuada-kuasa,baik yang diatas maupun yang dibawah ,ataupun sesuatu mahluk lain,tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus,Tuhan kita".(Roma 8:38-39).

    ReplyDelete
  8. God is good .. anytime and anywhere His always Provide us. Thanks Lord

    ReplyDelete
  9. Puji Tuhan atas setiap renungan Firman Tuhan yg dikongsikan setiap Hari. Saya sungguh diberkati Dan kiranya Tuhan terus mengurapi Dan menggunakan pelayanan ini untuk menjangkau Dan Memberkati lebih banyak jiwa2 untuk kemuliaan namaNya. Tuhan Yesus Memberkati

    ReplyDelete
  10. Sperti burung merpati tanpa empedu,gak nyimpan dendam.
    Itu yg Tuhan beri mujijat pd ku. ada bbrpa batu di empedu, tpi wktu mau oprasi, di cek, bukan batu nya yg hilang,
    TAPI KANTONG EMPEDU LENYAP !!
    ALLAH YG AJAIB untuk kita semua.

    Firman yg telah kt sering dengar, tp selalu baru.

    Kami ber 3 adakan persktuan tiap Rabu subuh, adik di jkt, sy di Jawa tengah dan adik di Sydney.
    Dipersatukan.

    ReplyDelete