Monday, September 14, 2020

BELAJAR DARI SIFAT BURUNG MERPATI (1)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 14 September 2020

Baca:  Matius 10:16:33

"Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati."  Matius 10:16

Hari-hari yang kita jalani di dunia ini semakin hari semakin berat karena tantangan yang kita hadapi juga semakin besar, gejolak di segala bidang kehidupan dan kejahatan manusia juga semakin memuncak.  Orang tak lagi punya kepedulian terhadap sesamanya karena kasih sudah menjadi dingin;  orang mudah sekali tersulut emosi, suka memberontak dan tak lagi mengindahkan hukum atau aturan.  Dunia ini sudah seperti hutan rimba, siapa yang kuat dialah yang menang.  Dunia dipenuhi dengan serigala-serigala yang siap menerkam, tapi Tuhan justru mengutus kita untuk berlaku seperti domba di tengah serigala.  Karena itu kita harus memiliki kewaspadaan yang tinggi karena serigala selalu mencari mangsa.  Biarlah kita menjadi cerdik seperti ular, tetapi tetap tulus seperti merpati.

     Mengapa kita harus tulus seperti merpati?  Merpati adalah salah satu lambang dari Roh Kudus.  Ketika Tuhan Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis di sungai Yordan Alkitab menyatakan,  "...pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: 'Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.'"  (Matius 3:16-17).  Selain itu merpati juga sering dipakai sebagai simbol kesetiaan!  Mengapa?  Karena merpati dikenal sebagai burung yang sangat setia terhadap pasangannya, di mana biasanya merpati hanya memiliki satu kekasih atau pasangan untuk seumur hidupnya.

     Tuhan sedang mencari orang-orang yang setia meski tak mudah menemukan orang yang setia!  Pemazmur mengeluhkan hal ini,  "...telah lenyap orang-orang yang setia dari antara anak-anak manusia."  (Mazmur 12:2).  Kesetiaan adalah karakter yang Tuhan cari dalam diri orang percaya:  "Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?"  (Amsal 20:6), sebab  "Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya;"  (Amsal 19:22).  Apakah karakter setia itu ada pada kita?  "Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia."  (Wahyu 17:14b).

27 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus buat FirmanNya Bapa,Bapa beri kami roh kesetiaan didalam diri kami Bapa,setia didalam Kristus Bapa sampai akhir dalam hidup kami Bapa,Bapa roh kudus pimpin hidup kami agar kami memiliki ketulusan dalam diri kami,kuduskan hati dan pikiran kami Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,amin

    ReplyDelete
  2. Ya Tuhan kiranya aku cerdik dan tulus dalam menghadapi segala ancaman didunia ini...
    Logika berpikir dunia yang negatip tidak pernah mempengaruhi kepercayaanku pada Tuhan yang menjadikan langit dan bumi serta segala isinya...
    Taat dan setia kepadaMu Bapaku yang ajaib dan berkuasa dan menyelamatkan aku dan keluargaku kedalam kehidupan yang kekal... Amin.

    ReplyDelete
  3. SETIA adalah hal yang mutlak harus dimiliki setiap manusia dalam situasi dunia yang tidak menentu saat ini agar engkau terpanggil dan mrnjadi pilihan Tuhan.

    ReplyDelete
  4. Kami tetap setia, walau badai menerpa, kami tetap cinta akan Yesus Raja segala Raja, haleluya Amin..setia sampai akhirnya kami mendapatkan mahkota kehidupan yg Tuhan janjikan..

    ReplyDelete
  5. Terpujilah Tuhan Yesus yang mengingatkan kita untuk tetap setia meskipun dalam gumul yang berat.
    Tuhan Yesus dahsyat dan ajaib dalam hidup ini.

    ReplyDelete
  6. Tulus seperti merpati,cerdik seperti ular,terpujilah nama Tuhan Yesus,amin.

    ReplyDelete
  7. Terimakasib Tuhan atas firman Tuhan dan berkati saya dlm kehidupan saya agar saya setia terhadap Tuhan, amin.

    ReplyDelete
  8. Terpujilah Tuhan Yesus ,kr tanpa DIA tdk mungkin bisa saya ada saat ini,kami setia spt merpati,dan cerdik spt ular,berkat MU BAPA...Aminn

    ReplyDelete
  9. Learn to be faithful in everything we do, amen!

    ReplyDelete
  10. amin kami akan selalu setia hanya kepadaMu Tuhan Yesus juruslamat kami.

    ReplyDelete
  11. Amin puji Tuhan, Keselamatan dijanjikan kepada orang yang setia kepadaNYa.Oleh sebab itu,jadilah orang yang setia,orang yang bisa dipercaya,kokoh dan tekun sesuai dengan firman TUHAN.(Amsal:3:1-3).

    ReplyDelete
  12. Amin puji Tuhan Yesus atas FirmanNya trus menyertai kita agar tulus seperti merpati dan cerdik seperti ular di tengah badai dunia ini.

    ReplyDelete
  13. Amin๐Ÿ™Tuhan Yesus Memberkati Kita.

    ReplyDelete