Saturday, August 1, 2020

KETAKUTAN HARUS DIKALAHKAN!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 1 Agustus 2020


"Maka musuhku akan mundur pada waktu aku berseru;"  Mazmur 56:10

Mazmur 56 ini dilatarbelakangi peristiwa Daud mengalami ketakutan yang luar biasa karena orang-orang Filistin menangkap dia di Gat.  Satu-satunya cara untuk dapat melepaskan diri dari raja Filistin adalah dengan berpura-pura menjadi gila.  "Daud memperhatikan perkataan itu, dan dia menjadi takut sekali kepada Akhis, raja kota Gat itu. Sebab itu ia berlaku seperti orang yang sakit ingatan di depan mata mereka dan berbuat pura-pura gila di dekat mereka; ia menggores-gores pintu gerbang dan membiarkan ludahnya meleleh ke janggutnya."  (1 Samuel 21:12-13).  Pengertian dari kata takut pada ayat di atas adalah tekanan emosi yang timbul karena adanya ancaman, kesakitan, atau bahaya yang mengancam.  Begitu melihat Daud berlaku seperti orang yang tidak waras,  "...berkatalah Akhis kepada para pegawainya: 'Tidakkah kamu lihat, bahwa orang itu gila? Mengapa kamu membawa dia kepadaku? Kekurangan orang gilakah aku, maka kamu bawa orang ini kepadaku supaya ia menunjukkan gilanya dekat aku? Patutkah orang yang demikian masuk ke rumahku?'"  (1 Samuel 21:14-15).

     Sesungguhnya Daud benar-benar sudah hopeless dengan apa yang dialami, ia berpikir saat itu ia pasti dihabisi oleh musuh.  Nasibnya benar-benar di ujung tanduk!  Namun apa yang ditakutkan tak menjadi kenyataan:  ia luput dan terbebaskan setelah berpura-pura jadi gila.  Kalau bukan karena campur tangan Tuhan hidup Daud sudah berakhir.  Karena itu Daud membuat miktam, yaitu nyanyian yang dinyanyikan secara berulang-ulang untuk menguatkan hati.  Semua orang pasti pernah mengalami ketakutan saat diperhadapkan dengan masalah yang berat, tak terkecuali Daud.  Iblis seringkali menggunakan ketakutan sebagai senjata untuk melemahkan dan menjatuhkan iman orang percaya.  Iblis tahu benar bila manusia sudah dihantui dan dikuasai oleh rasa takut, maka imannya kepada Tuhan lambat laun akan melemah.

     Jangan mau dibelenggu oleh ketakutan dan jangan mau diprovokasi Iblis dengan kata-katanya yang mengintimidasi!  "Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku."  (Ayub 3:25).

Kita harus ingat bahwa Tuhan tidak memberi kita roh ketakutan,  "...melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban."  2 Timotius 1:7

17 comments:

  1. tetap berdiri teguh dan jangan goyah melawan segala ketakutan dari iblis. Tangan Tuhan tetap menopang langkah org yg percaya kepadaNYA.

    ReplyDelete
  2. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Bapa,Bapa tutup bungkus dengan kuat kuasa darah YesusMu Bapa untuk seluruh keluarga kami Bapa,aman dalam lindungan Tuhan Yesus,Bapa terima kasih,buat semuanya baik Bapa,tidak ada roh perbudakan,roh Tuhan yang ada didalam diri kami Bapa,amin

    ReplyDelete
  3. Bapa tutup bungkus kami dan seluruh keluarga kami dari segala roh yang ada didunia ini,roh ketakutan,roh perbudakan,roh sakit penyakit Bapa,pagari kami dengan perisai pagar tembokMu Bapa,jadikan kami sebagai pelaku FirmanMu Bapa,ampuni segala dosa dan kesalahan kami Bapa,amin

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas renungan hari ini, saya merasa terberkati...

    ReplyDelete
  5. Amin Puji Tuhan πŸ™ πŸ˜‡ πŸ™

    ReplyDelete
  6. Halelluyah....
    Tuhan Yesus Gunung Batu Perisai hidup ku yang akan meluputkan ku dari kecemasan dan ketakutan menghadapi penderitaan hidup ini.
    Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  7. Tuhan yesus bantu aku untuk mencemaskan hidupku supaya ketakutan didalam diriku bisa kuhilangkan dengan mengandalkan Tuhan,tiada yg mustahil bagi-Mu.

    ReplyDelete
  8. Tuhan Yesus penolong kami. AminπŸ˜‡πŸ™

    ReplyDelete