Sunday, August 16, 2020

DOA YANG TIDAK DIJAWAB TUHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 16 Agustus 2020


"Pada waktu itu mereka akan berseru kepadaku, tetapi tidak akan kujawab, mereka akan bertekun mencari aku, tetapi tidak akan menemukan aku."  Amsal 1:28

Banyak orang Kristen kecewa dan undur dari Tuhan.  Salah satu penyebab adalah doanya tidak dijawab Tuhan.  Mungkin kita merasa sudah berdoa sekian lama tapi masalah tidak kunjung selesai, sakit tak sembuh-sembuh, ekonomi keluarga belum pulih, suami tetap saja selingkuh, dan masih banyak lagi.  Jika semua doa selalu dijawab Tuhan, semua orang pasti mau mengikut Tuhan.  Masalahnya adalah tidak semua doa dijawab Tuhan!

     Ada beberapa hal yang menjadi penyebab doa tidak dijawab oleh Tuhan, karena kita salah dalam berdoa:  "Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu."  (Yakobus 4:3).  Tuhan menjawab doa seseorang bukan karena susunan kata-kata doanya yang indah, tapi Tuhan melihat motivasi hati kita dalam berdoa.  Di dalam doa-doa, kita seringkali menuntut Tuhan untuk menuruti keinginan dan kemauan kita.  Sadar atau tidak, keinginan doa dan kemauan kita itu semata-mata hanya untuk memuaskan keinginan daging kita atau berfokus pada diri sendiri.  Selain itu, doa kita takkan dijawab Tuhan apabila di dalam hati kita masih tersimpan dosa atau kejahatan.  "Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar."  (Mazmur 66:18).  Daud, sekalipun seorang raja, punya kerendahan hati dan bersedia dikoreksi Tuhan.  "Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku."  (Mazmur 26:2), sebab  "...TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya."  (Yeremia 17:10).

     Pesan penting bagi para suami:  "...hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang."  (1 Petrus 3:7).  Hidup suami memiliki dampak besar bagi keluarganya!  Jika suami hidup tidak benar di hadapan Tuhan, doa-doanya akan dihalangi oleh dirinya sendiri. 

Bila doa tidak dijawab Tuhan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah koreksi.

23 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Bapa untuk FirmanNya,Bapa ampuni setiap pelanggaran kami Bapa,tuntun hidup kami Bapa dan selidiki hati kami Bapa agar kami berkenan di hadapanMu Bapa,amin

    ReplyDelete
  2. Hidup berkenan dihadapan Tuhan agar doamu dikabulkan. Praise GOD.

    ReplyDelete
  3. Biarlah kehendak Tuhan Yesus yang jadi, bukan kehendak ku.
    Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  4. Amin, bimbinglah kami Tuhan sesuai kehendakMu

    ReplyDelete
  5. Ampuni kami Tuhan, agar Doa kami tidak terhalang, Tuhan terlalu ajaib untuk menjawab setiap Doa kami, yg menjadi penghalang dosa kami,ampuni kami Tuhan.. haleluya..

    ReplyDelete
  6. Berdoa dengan sikap rendah hati, sungguh2 menyerahkan segalanya dalam genggaman Tuhan dan tidak mencari cari keuntungan serta yakin dan percaya kuasa Tuhan pasti bekerja...Halleluya...Amin.

    ReplyDelete
  7. Let's pray for our country free from covid-19

    ReplyDelete
  8. Amin. Puji Tuhan.Yesus berkata "Jika engkau berdoa masuklah kedalam kamarmu,tutuplah pintu dan berdoalah" (Mat 6:6).Jangan lelah untuk berdoa,melainkan berdoalah sampai Tuhan " dilelahkan" dengan doa-doa kita.

    ReplyDelete
  9. Terima Kasih! Untuk Kebenaran Firman Tuhan.πŸ˜‡

    ReplyDelete
  10. Terima kasih Tuhan Yesus yang selalu memperbaharui kami setiap waktu.

    ReplyDelete
  11. AminπŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♂️

    ReplyDelete