Tuesday, July 14, 2020

TETAP KUAT SEPERTI POHON ZAITUN (1)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 14 Juli 2020


"Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya akan kasih setia Allah untuk seterusnya dan selamanya."  Mazmur 52:10

Mazmur ini ditulis Daud saat ia sedang dalam situasi yang teramat sulit karena terus dikejar-kejar oleh Saul.  Ditambah lagi dengan tindakan Doeg yang berusaha mencari cara untuk menghancurkan hidup Daud, dengan memberitahukan keberadaan Daud kepada Saul.  Pada waktu itu Daud sedang berada di rumah Tuhan saat imam Ahimelekh melayani di rumah Tuhan.  "...menjawablah Doeg, orang Edom itu, yang berdiri dekat para pegawai Saul, katanya: 'Telah kulihat, bahwa anak Isai itu datang ke Nob, kepada Ahimelekh bin Ahitub.'"  (1 Samuel 22:9).

     Di tengah situasi yang sangat genting ini Daud berusaha untuk tidak terpengaruh oleh keadaan yang ada.  Ia menyatakan komitmennya untuk tetap  "...seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah..."  (ayat nas).  Ia berkeyakinan bahwa tidak ada kekuatan apa pun yang akan sanggup mengubah dan menggagalkan rencana Tuhan bagi hidupnya.  Karena itu Daud berusaha untuk tetap kuat dan bersyukur sekalipun berada dalam tekanan:  "Aku hendak bersyukur kepada-Mu selama-lamanya, sebab Engkaulah yang bertindak; karena nama-Mu baik, aku hendak memasyhurkannya di depan orang-orang yang Kaukasihi!"  (Mazmur 52:11).  Mengapa Daud menyatakan kerinduannya untuk tetap seperti pohon zaitun?  Apa istimewanya pohon zaitun?  Pohon zaitun adalah pohon yang memerlukan waktu yang lama untuk bertumbuh.  Dengan kata lain, untuk bisa menjadi sebuah pohon yang kuat dan berlimpah buahnya dibutuhkan suatu proses yang tidak instan alias lama.  Pohon zaitun sering digunakan untuk melambangkan keindahan, kekuatan, kedamaian, kelimpahan atau berkat-berkat Ilahi.

     Begitu pula Daud, ia harus melewati proses pembentukan dari Tuhan dalam waktu yang tidak singkat untuk bisa bertumbuh menjadi seorang yang dewasa rohani.  Ini ibarat sebuah pohon yang mengalami pertumbuhan dari fase ke fase:  mula biji ditanam, tumbuh dan bertunas, berakar, menjadi pohon yang berdaun lebat dan berbuah.  Inilah kehidupan Kristen yang bertumbuh secara rohani,  "sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,"  (Efesus 4:13).

22 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus,Bapa ajar kami untuk mengerti FirmanMu dalam hidup kami Bapa,apa yang baik dan berkenan kepadaMu Bapa,ampuni segala dosa kami Tuhan,Bapa kami menaruh pengharapan dan masa depan kami di dalam tangan kuat kuasaMu Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,Bapa beri kami roh rendah hati,roh ketaatan,roh kesetiaan dan pengendalian diri dalam diri kami Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,amin

    ReplyDelete
  2. Kiranya Tuhan membuat aku semakin dewasa dalam Kristus Yesus yang penuh kuasa dibumi dan diSurga...RencanaMu Bapa membuat aku kuat seperti pohon zaitun yang menghijau dirumah Allah... Damai sejahtera, kekuatan dan berkat2 melimpah kiranya menyertai kami... Haleluya...Amin.

    ReplyDelete
  3. Proses pembentukan dari Tuhan tidak akan pernah sia-sia agar aku bertumbuh kuat secara rohani.

    ReplyDelete
  4. Tuhan Yesus yang menguji dan menyelidiki hidup ku untuk menjalani proses hidup dalam kehendak Tuhan.
    Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  5. Yes apapun yg terjadi kami tetap Percaya dan setia padaMu Tuhan, seperti pohon zaitun, sekalipun di proses, tetap kami kuat dalam Tuhan, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  6. AminπŸ™πŸ™‡‍♀️πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  7. Aminnn Puji Tuhan lah hai jiwa ku dan tetap lah tenang , karena Kasih Tuhan ku Yesus Kristus untuk selamanya

    ReplyDelete
  8. Halleluya.....
    Terimakasih Tuhan, telah mengijinkan kami mengalami masa yg sulit utk memproses kami mjd kokoh & indah di hadapan Tuhan

    ReplyDelete
  9. Jadilah kuat berpegang teguh dalam menghadapi segala aspek kehidupan,baik dalam suka maupun duka,sebab Tuhan Yesus Menyertai kita..dan strong ( Kuat ) seperti pohon Zaitun. Strong Family..Antonius.

    ReplyDelete
  10. Trimaksh Tuhan atas berkatMU yg luar biasa jdkan aku pohon zaitun yg kokoh dan berguna..
    Amien

    ReplyDelete
  11. AMINπŸ™πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete