Wednesday, July 1, 2020

MENGENAL TUHAN: Melekat Kepada-Nya

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 1 Juli 2020

Baca:  Hosea 6:1-6

"Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."  Hosea 6:3

Banyak orang Kristen merasa dirinya sudah mengenal Tuhan dengan baik, dibuktikan dengan rajin beribadah dan terlibat dalam pelayanan.  Padahal itu tidak menjamin sepenuhnya seseorang memiliki pengenalan yang benar akan Tuhan.  Yang dimaksud  'mengenal'  bukanlah sekedar tahu, tapi lebih dari itu, yaitu memiliki hati yang melekat pada Tuhan, dan ada persekutuan yang karib dengan-Nya yang terjadi secara terus-menerus.  Bila hanya sekedar tahu saja, maka orang tidak akan tahu isi hati-Nya.

     Daud adalah contoh orang yang mengenal Tuhan dan hidup melekat kepada-Nya.  Hidup melekat kepada Tuhan tidak berarti Daud tak pernah melakukan kesalahan atau pelanggaran, tapi ia punya hati yang mau dibentuk, ditegur dan dikoreksi, serta punya kerendahan hati untuk mengakui kesalahan dan kelemahannya.  Ada berkat yang luar biasa bagi orang yang mengenal Tuhan dengan benar:  1.  Tuhan melindungi dan membentengi hidupnya.  "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku."  (Mazmur 91:14).  2.  Tuhan mendengar dan menjawab doanya.  Orang yang mengenal Tuhan dengan benar doanya pasti dijawab oleh Tuhan, sebagaimana yang Tuhan firmankan kepada Yeremia,  "Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,"  (Yeremia 29:12-13).  3.  Tuhan memberkati dengan umur panjang  (Mazmur 91:16), meliputi:  kesehatan dan damai sejahtera  (Amsal 3:2).  4.  Memperoleh keselamatan  (Mazmur 91:16).  Ada jaminan keselamatan dan kehidupan kekal bagi orang-orang yang mengenal nama-Nya.

     Oleh karena itu marilah kita semakin bersungguh-sungguh di dalam Tuhan, lebih dan lebih lagi.  Mengenal Tuhan berarti mengerti isi hati-Nya, mengerti kehendak-Nya, mengerti rencana-Nya, menyelaraskan setiap langkah hidup seturut dengan firman-Nya, serta berusaha untuk tidak menyakiti atau mengecewakan Tuhan dengan ketidaktaatan.

Kalau kita mengenal Tuhan dengan benar, kita pasti dikasihi-Nya!

22 comments:

  1. Amin,terima kasih Tuhan Yesus,ampuni setiap kesalahan kami Bapa,kuduskan hati kami Bapa,bentengi kami dengan perisai pagar tembokMu Bapa untuk seluruh keluarga kami dan semua pengikut Yesus kristus,kami mau menerima setiap didikan dan pengenalan akan Allah dengan takut akan Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus,lekatkan kami dengan FirmanMu Bapa,aminπŸ™

    ReplyDelete
  2. Terus berusaha untuk selalu dekat dan melekat serta menyenangkan hati Tuhan.

    ReplyDelete
  3. Terpujilah Kristus selama lamanya. Amin.

    ReplyDelete
  4. Yg ku rindukan mengenal Tuhan dan lebih mendekatkan kepada Tuhan, pasti kami akan bersukacita, sekalipun kami di liputi dengan hal2 yg persoalan hidup, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  5. Amin, anakmu ingin mengenal akan engkau lebih dekat lagi ya tuhan yesusku.πŸ™‚

    ReplyDelete
  6. Halelluyah,,,,
    Ku yakin janji Tuhan Yesus Ya dan Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  7. Amen. Tuhan kuserahkan Hidupku ditanganMu. Jadilah padaku seperti yang Engkau Ingini ya Allah Ku. AMEN. πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  8. Amin trimaksih Tuhan Yesus, Engkau membawa aku lebih lgi melekat dgn MU πŸ™❤

    ReplyDelete
  9. Lebih dekat Allah saja aku tenang
    Dan akan selalu dekat dengan Tuhan

    ReplyDelete
  10. Pengenalan akan Tuhan dalam kehidupan ini sangat penting. Kita jangan hanya mengaku dengan bibir kita bahwa kita percaya kepadanya, sedangkan kita tidak mengenal pribadi Tuhan secara pribadi. Ada jaminan ketika hidup kita melekat bersama dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih Tuhan, kalau Engkau masih mau menegur kami....
    Bearti Engkau masih menyayangi kami...
    Terima kasih , Amin...

    ReplyDelete
  12. Puji Tuhan, aku mau lebih lagi mengenal Tuhan, Amin.

    ReplyDelete
  13. Bagaimana caranya saya tahu jika saya sudah melekat pada Dia? Rasanya renungan ini seperti menampar saya😭

    ReplyDelete
  14. Haleluyah puji Tuhan Yesus Kristus amin.πŸ™πŸ™πŸ™πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete