Monday, June 15, 2020

TAAT DAN SETIA: Beroleh Peninggian Dari Tuhan

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 15 Juni 2020


"Sebab bukan dari timur atau dari barat dan bukan dari padang gurun datangnya peninggian itu,"  Mazmur 75:7

Tak ada orang yang mau menjadi nomor dua, semua ingin menjadi nomor satu, yang terutama, teratas, terbaik, tertinggi.  Untuk mencapai semuanya itu tidak sedikit orang menempuhnya dengan segala cara, tak peduli apakah menyalahi aturan, melanggar hukum, merugikan atau mengorbankan orang lain.  Inilah ambisi yang salah!  Kata  'ambisi'  (Latin, ambitio)  adalah suatu hasrat besar seseorang terhadap kekuasaan, kehormatan, kemashyuran atau apa saja yang memberikan keunggulan dan keistimewaan;  keinginan seseorang untuk membuat dirinya berbeda dari orang lain;  usaha seseorang untuk memajukan dirinya.

     Adalah sah-sah saja memiliki suatu ambisi, asalkan jalan atau cara yang kita tempuh untuk mewujudkan ambisi tersebut sesuai dengan aturan atau hukum yang berlaku, tidak menyimpang dari kebenaran firman Tuhan.  Ambisi yang bertujuan semata-mata untuk meninggikan diri sendiri, mencari hormat dan pujian dari manusia adalah perbuatan yang sangat dicela oleh Tuhan!  Ambisi-ambisi semacam ini ternyata bukan hanya terjadi di dunia luar, di lingkungan gereja atau pelayanan pun banyak sekali ditemukan:  ada pelayan-pelayan Tuhan yang bertengkar dan saling jegal karena memperebutkan posisi atau jabatan penting di gereja!  Korah adalah contoh orang yang sangat berambisi untuk mengangkat dirinya sendiri sebagai pemimpin, karena itu ia mengajak orang-orang untuk memberontak terhadap Musa, pemimpin yang dipilih Tuhan.  Apa yang diperbuat oleh Korah akhirnya menjadi bumerang bagi dirinya sendiri dan juga semua orang yang mengikuti dia  (Bilangan 16:31-33).

     Pemazmur menegaskan bahwa peninggian seseorang itu datang bukan dari timur, barat, padang gurun, atau dari mana pun, peninggian itu datangnya dari Tuhan:  "...direndahkan-Nya yang satu dan ditinggikan-Nya yang lain."  (Mazmur 75:8).  Ingin beroleh peninggian dari Tuhan?  Taatilah firman-Nya, maka  "TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun,"  (Ulangan 28:13), dan setialah dari perkara-perkara kecil  (Lukas 16:10).

Asal kita taat dan setia mengerjakan apa yang Tuhan percayakan, peninggian pasti datang!

28 comments:

  1. Ya Tuhan aku percaya bahwa hanya Engkau yang layak menilai perbuatan tiap2 orang...hamba bersyukur karena Engkau masih mempercayakan hambaMu ini pekerjaan2 besar yang Engkau berkati...biarlah talenta yang Engkau beri ini dapat lebih hamba kembangkan lagi menjadi lebih besar untuk hormat dan kemuliaanMu...Haleluya Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin !Haleluya terpujilah nama Tuhan Jesus Kristus sekarang sampai selama - lamanya

      Delete
  2. Ya Tuhan, aku akan tetap setia sampai akhir hidupku.

    ReplyDelete
  3. Tuhan yang sanggup mengangkat kita, biar kami setia apapun yg terjadi, haleluya Amin..dan yakin percaya Tuhan yg akan meninggikan kita..

    ReplyDelete
  4. Segala hormat dan kemuliaan bagi Nama Tuhan Yesus.
    Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  5. Haleluyah puji Tuhan Yesus Kristus amin.πŸ™‡‍♂️πŸ™‡‍♂️πŸ™‡‍♂️πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  6. Puji Tuhan. Orang yg selalu rendah hati akan ditinggikan oleh Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Bapa,Tuhan Yesus beri kami kerendahan hati Bapa,hati hamba didalam pribadi kami,hati yang mengasihi Bapa,aminπŸ™

    ReplyDelete
  8. Kejujuran dan kesetian, amin

    ReplyDelete