Wednesday, June 10, 2020

MASALAH DATANG TANPA DIUNDANG

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 10 Juni 2020


"Karena manusia tidak mengetahui waktunya. Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba."  Pengkhotbah 9:12

Tak seorang pun tahu secara persis kapan masalah akan datang dan terjadi.  Orang sepintar dan sehebat apa pun takkan pernah bisa memprediksi apa pun, karena masalah bisa datang sewaktu-waktu tanpa diduga dan tanpa diundang!  Kita pasti ingat hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek di malam pergantian tahun, tepatnya pada tanggal 31 Desember 2019 lalu.  Ketika banyak orang bersukacita menyambut hari pergantian tahun, warga ibukota harus berduka karena bencana banjir melanda:  menenggelamkan perumahan-perumahan elit, menghanyutkan mobil-mobil, ratusan orang menjadi korban dan harus mengungsi.  Siapa yang menyangka akan terjadi banjir sedemikian parahnya?

     Dari peristiwa ini kita mendapatkan suatu pembelajaran hidup!  Tak ada yang bisa dibangga-banggakan dari apa yang kita miliki:  rumah megah, mobil mewah, pangkat, tak bisa menolong dan meluputkan kita dari bencana.  Karena itu Salomo menasihati,  "Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu." (Amal 27:1).  Hal terpenting yang harus kita lakukan di tengah situasi apa pun adalah hidup melekat kepada Tuhan, karena hanya Dialah sumber pengharapan dan sumber pertolongan kita:  "Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu."  (Mazmur 121:1, 2, 5).  Adalah lumrah bila manusia merasa takut dan kuatir saat tertimpa masalah, namun sebagai orang percaya kita harus selalu berpegang teguh pada janji firman Tuhan!  Tidak ada masalah sekecil apa pun yang kita alami, yang tak diketahui Tuhan atau terlepas dari perhatian Tuhan  (Mazmur 139:1-2).

     "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!"  (Markus 6:50b).  Masalah boleh saja datang, persoalan boleh menerpa, tapi Tuhan tak pernah lepaskan tangan-Nya tuk menopang kita.

"Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;"  Mazmur 34:20

28 comments:

  1. Halleluya, terpujilah nama Tuhan Yesus Kristus yang menopang hidup kami.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Bapa karena Engkau beri kami masalah dan kami banyak belajar dari padaMu untuk menemukan jalan keluar...Semua itu Engkau bukakan pada kami untuk supaya kami lebih mengenalMu...Engkau Tuhan yang sungguh baik...segalanya Engkau siapkan bagi kami anak2Mu yang mau turut mendengar perintahMu...Haleluya Amin.

    ReplyDelete
  3. Amin terima kasih ya Bapa sorgawi didalam Tuhan Yesus Kristus adalah sumber pengharapan dan sumber pertolongan kita kemarin, kini dan sampai selama-lamanya.πŸ™‡‍♂️πŸ™‡‍♂️πŸ™‡‍♂️πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  4. Harus melekat dengan TUHAN agar tanganNYA tetap menopangku.

    ReplyDelete
  5. Kita tidak tau masalah itu akan datang, tapi satu hal yg kita tau, Allah turut bekerja dalam segala hal, untuk mendatangkan kebaikan, Amin..

    ReplyDelete
  6. Tuhan menguatkan. Terpujilah nama Tuhan. Amin!

    ReplyDelete
  7. Tuhan Yesus menguatkan. Terpujilah nama Tuhan.
    Amin!

    ReplyDelete
  8. Amin!Amin!
    Tuhan penopang hidupkuπŸ˜‡

    ReplyDelete
  9. Amin πŸ™


    God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  10. Amin,Puji Tuhan Terima kasih Bapa,kami menaruh hidup dan pengharapan kami didalam tangan kuat kuasa Tuhan Yesus,amin

    ReplyDelete
  11. Terpujilah Nama TUHAN yg senantiasa menjaga & melindungi umatNYA.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih Tuhan Yesus.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih Tuhan, atas masalah yg datang di keluargaku tanpa di undang.
    Tapi aku tetap melekat pada Mu, saja
    Amin,,,,,,

    ReplyDelete
  14. Jalan bersama YESUS semua akan dimudahkan walau berat dijalankan namun akan Ada ujung kebahagiaan.

    TUHAN YESUS baik...

    ReplyDelete
  15. haleluya, Tuhan Yesusku baik, penjagaku yg tdk pernah terlelap

    ReplyDelete