Thursday, June 11, 2020

JANGAN LAGI BOCOR MULUT!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 11 Juni 2020


"Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut."  Amsal 20:19

Adalah fakta yang tak terelakkan bahwa setiap orang memiliki kecenderungan suka membicarakan orang lain alias bergosip, entah itu membicarakan kelebihan atau kekurangannya  (negatif atau positif).  Tapi umumnya, yang namanya gosip selalu berkonotasi negatif yaitu membicarakan keburukan, kelemahan, kekurangan atau aib orang lain.  Biasanya kalau orang membicarakan kelemahan/kekurangan seseorang, ia tidak akan pernah kehabisan bahan, karena selalu ada saja bumbu-bumbu yang ditambahkan.  Orang yang suka sekali menggosip bisa dikategorikan sebagai orang yang bocor mulut, karena tak pernah bisa menahan diri untuk membicarakan orang lain.

     Dalam kehidupan sehari-hari aktivitas menggosip ini biasanya disukai oleh para wanita, emak-emak atau para ibu rumah tangga;  mereka menganggap bahwa menggosip adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan di kala senggang, tapi lama-kelamaan menjadi suatu kebiasaan.  Orang yang suka menggosip disebut penggosip, yaitu orang yang mempunyai kebiasaan menceritakan sensasi atau membicarakan orang lain disertai bumbu-tumbu tambahan supaya semakin sedap didengar, entah itu beritanya benar atau tidak, biasanya bersumber dan meyebar dari mulut ke mulut.  Berhati-hatilah!  Menggosip adalah masalah yang sangat serius di hadapan Tuhan dan merupakan perkataan sia-sia yang sangat berbahaya, karena bisa berdampak buruk bagi orang yang diperbincangkan atau pun si penyebar gosip itu sendiri.  Gosip yang negatif dapat menimbulkan fitnah, pertengkaran, merusak persahabatan/pertemanan/persaudaraan, karena  "...siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib."  (Amsal 17:9).

     Setiap perkataan sia-sia yang keluar dari mulut kita  (salah satunya gosip), akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Tuhan:  "Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."  (Matius 12:37).  Berhentilah menggosip atau membicarakan kejelekan-kejelekan orang lain!  Jangan sampai menjadi senjata makan tuan:  kita menuai akibat perbuatan kita, karena kita bocor mulut.

"Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi."  Amsal 10:19

21 comments:

  1. Amin,terima kasih Tuhan YesusπŸ™

    ReplyDelete
  2. Tetap berserah kepada Tuhan agar langkahku dipimpin olehNYA.

    ReplyDelete
  3. Biarlah kami menjaga perkataan mulut kami, lidah kami,jauhkan kami dari gosip, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  4. Menahan bibir adalah orang yang berakal budi...sedikit bicara dan banyak bekerja mendatangkan kesuksesan...Tuhan biarlah hambaMu tidak hanya berpangku tangan tetapi lebih giat lagi bekerja dan Engkau sendiri yg menilainya seberapa upah yg akan Engkau beri...Terima kasih Tuhan hambaMu mengucap syukur...Haleluya...Amin.

    ReplyDelete
  5. Puji Tuhan....
    Tuhan Yesus akan menolong ku untuk menjaga hatiku dari segala kewaspadaan.

    ReplyDelete
  6. AminπŸ™‡‍♂️πŸ™‡‍♂️πŸ™‡‍♂️πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  7. Amin πŸ™


    God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  8. Benar ya Tuhan manusia selalu susah mengekang lidahnya dengan mulutnya dia memuji Tuhan dengan mulutnya juga dia mengutuki ciptaan Tuhan. Ajar kami Tuhan untuk mengekang mulut lidah kami.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih mengingingatkan saya...renungan pagi ini. Terpujilah Tuhan.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih Firman Tuhan ini menegur dan mengingatkanku.πŸ™πŸ™πŸ™
    Tuhan Yesus Baik πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete