Thursday, May 28, 2020

SALOMO: Seorang Yang Berkarisma

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 28 Mei 2020

Baca:  1 Raja-Raja 10:1-29

"sungguh setengahnyapun belum diberitahukan kepadaku; dalam hal hikmat dan kemakmuran, engkau melebihi kabar yang kudengar."  1 Raja-Raja 10:7

Salomo adalah salah satu tokoh besar di Alkitab yang terkenal karena hikmat dan kekayaannya.  Nama  'Salomo'  berarti damai sentosa!  Ia dipilih Tuhan sebelum ada di dalam kandungan ibunya.  Tuhan sudah berpesan kepada Daud bahwa puteranya, yaitu Salomo, akan mengokohkan kerajaannya dan mendirikan rumah Tuhan,  "...Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya."  (2 Samuel 7:12-13).

     Alkitab mencatat tentang kehebatan Salomo:  1.  Hikmat yang luar biasa.  Tuhan memberikan hikmat yang luar biasa kepada Salomo sehingga banyak orang berikhtiar menghadap Salomo, ingin menyaksikan hikmat tersebut  (1 Raja-Raja 10:24).  Karena hikmat yang dimilikinya, Salomo menjadi lebih bijaksana daripada semua orang  (1 Raja-Raja 4:29-31), dan ia pun menjadi sangat terkenal:  "...datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo, dan ia menerima upeti dari semua raja-raja di bumi, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu."  (1 Raja-Raja 4:34).  2.  Kekayaan yang melimpah.  Salomo tidak hanya diberkati dengan hikmat, tapi juga kekayaan:  "...Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorangpun seperti engkau di antara raja-raja."  (1 Raja-Raja 3:13).  Begitu kayanya Salomo sehingga seluruh perkakas minuman raja dan semua barang yang ada di dalam istananya terbuat dari emas murni, tidak ada barang perak  (1 Raja-Raja 10:21), dan  "Raja Salomo melebihi semua raja di bumi dalam hal kekayaan dan hikmat."  (1 Raja-Raja 10:23).

     Salomo memiliki karisma sangat luar biasa!  Karisma adalah kemampuan atau kehebatan yang dimiliki seseorang yang tidak diperoleh melalui pendidikan formal, melainkan pembawaan lahir.  Secara rohani karisma bisa diartikan kemampuan yang diberikan Roh Kudus secara khusus kepada orang percaya untuk dipergunakan melayani pekerjaan Tuhan, membangun jemaat dan semata-mata untuk kemuliaan nama Tuhan.

Karena karismanya Salomo menjadi sangat terkenal dan dikagumi banyak orang!

16 comments:

  1. Terima kasih firmanMu Tuhan...Biarlah setiap langkah kami Engkau berikan hikmat dari padaMu sebab hikmat dan kekayaan adalah pemberianMu...Sejak dari kandungan pun Engkau sudah tentukan bagi setiap orang...Jadilah padaku sesuai kehendakMu ya Bapa dan berikan aku hikmat dari padaMu... Amin

    ReplyDelete
  2. Thank GOD πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  3. Haleluya, berikan kami hikmat seperti Salomo, ketika hikmat turun, maka yakin & percaya hal2 dahsyat akan terjadi dalam setiap langkah hidup kita, Amin..

    ReplyDelete
  4. Teriima kasih, atas Firman Tuhan. Amin !

    ReplyDelete
  5. Amin πŸ™


    God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  6. Amin..berika hikmat pada kami ya Tuhan..Amin

    ReplyDelete