Sunday, May 17, 2020

JANGAN PERNAH MENYALAHKAN TUHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 17 Mei 2020

Baca:  Ayub 10:1-22

"Tangan-Mulah yang membentuk dan membuat aku, tetapi kemudian Engkau berpaling dan hendak membinasakan aku?"  Ayub 10:8

Penderitaan, masalah, kesulitan atau kesengsaraan yang terjadi di dunia ini memang tak pandang bulu, bisa menimpa siapa saja dan dapat terjadi dalam berbagai bentuk.  Penderitaan dalam hidup ini bisa terjadi karena berbagai hal:  bisa akibat kesalahan atau dosa yang diperbuat, tapi bisa juga karena faktor lain yaitu karena Tuhan punya rencana atas hidup kita, sehingga Ia ijinkan hal itu terjadi.  Pada umumnya bila penderitaan sudah mencapai puncaknya, kita seringkali merasa tidak tahan dan kemudian memberontak.

     Ayub pernah menunjukkan rasa frustasi dan keputusasaannya,  "Aku telah bosan hidup, aku hendak melampiaskan keluhanku, aku hendak berbicara dalam kepahitan jiwaku. Mengapa Engkau menyebabkan aku keluar dari kandungan? Lebih baik aku binasa, sebelum orang melihat aku!"  (Ayub 10:1, 18).  Karena penderitaan yang dialami terasa berat Ayub merasa menyesal mengapa ia dilahirkan ke dunia.  Ia pun sempat menganggap bahwa Tuhanlah yang menjadi penyebabnya.  Bahkan Ayub menuduh Tuhan telah dengan sengaja menindas hidupnya dan berkompromi dengan kehidupan orang-orang yang berlaku fasik  (Ayub 21:7-12).  Berkatalah Ayub,  "Apakah untungnya bagi-Mu mengadakan penindasan, membuang hasil jerih payah tangan-Mu, sedangkan Engkau mendukung rancangan orang fasik?"  (Ayub 10:3).  Bukankah ketika kita sedang terpuruk dan berada di titik terendah dalam hidup ini kita sering berbuat yang seperti Ayub lakukan?  Kita menuduh Tuhan berlaku jahat kepada kita, Tuhan tidak lagi memedulikan kita, dan Tuhan berlaku tidak adil terhadap kita.

     Penderitaan terkadang Tuhan ijikan terjadi dalam kehidupan kita karena Tuhan sedang memproses kita.  Selalu ada rencana yang indah di balik penderitaan yang kita alami!  Seringkali untuk menggenapi rencana indah Tuhan terjadilah pemrosesan dan persiapan terlebih dahulu.  Percayalah bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan  (Roma 8:28).  Akhirnya Ayub menyadari kekeliruannya menyalahkan Tuhan, serta mencabut semua perkataan negatifnya  (Ayub 42).

"Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas."  Ayub 23:10

17 comments:

  1. Terima kasih Bapa berkat firmanMu...
    Kami sadar ada Rencana yang indah yang Engkau siapkan dibalik semua yang tidak kami inginkan terjadi...Haleluya Amin.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Tuhan,bahwa lewat penderitaan yg ku alami ku percaya akan menyatakan kemuliaan Tuhan bahwa ada rencana indah yang Tuhan sediakan karena Tuhan turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan

    ReplyDelete
  3. Penderitaan yg kita alami, tidak sebanding kemuliaan yg Tuhan nyatakan, apapun pergumulan yg kita hadapi, kita tetap berkata Tuhan Yesus baik, Amin haleluya..

    ReplyDelete
  4. Halelluyah....
    Dahsyat dan luar biasa Tuhan memproses hidupku.
    Ku yakin pertolongan Tuhan Yesus selalu indah pada waktunya. Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  5. Amin. kiranya Tuhan memberkati kita semua.

    ReplyDelete