Saturday, May 2, 2020

ADA LALANG DI ANTARA GANDUM

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 2 Mei 2020

Baca:  Matius 13:36-43

"Musuh yang menaburkan benih lalang ialah Iblis. Waktu menuai ialah akhir zaman dan para penuai itu malaikat."  Matius 13:39a

Dalam perumpamaan ini Kristus menjelaskan secara gamblang bahwa  "Orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia; ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat."  (Matius 13:37-38).  Benih ditabur dengan satu tujuan yaitu tumbuh dan menghasilkan buah, tuaian, panenan, atau pelipatgandaan.  Bahkan sejak awal penciptaan Bapa memberikan suatu perintah kepada manusia,  "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."  (Kejadian 1:28).  Beranak cucu dan bertambah banyak juga berbicara tentang pelipatgandaan, ini bertujuan agar supaya bumi dipenuhi dengan orang-orang yang seharusnya memiliki karakter Ilahi!

     Siapa pun orangnya pasti akan menaburkan benih yang kualitasnya baik, bukan benih yang biasa apalagi benih yang jelek.  Tetapi dalam perumpamaan ini ada lalang yang tumbuh di antara gandum, dari manakah lalang itu berasal?  Ternyata ada musuh yang menaburkan benih lalang di ladang tuannya:  "Musuh yang menaburkan benih lalang ialah Iblis."  (ayat nas).  Ladang di sini berbicara tentang ladang pelayanan, sedangkan benih adalah Injil kebenaran.  Benih kebenaran pertama telah ditaburkan oleh Kristus dan kemudian tugas menabur benih ini dilanjutkan oleh murid-murid-Nya dan juga para rasul yang telah menerima Amanat Agung:  "...pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu."  (Matius 28:19-20a).

     Iblis pun tak mau ketinggalan, ia menaburkan benih lalang ke dalam hati Yudas Iskariot, ini adalah benih lalang pertama di ladang pelayanan.  Di masa-masa akhir ini para penyesat juga bekerja ekstra untuk menaburkan benih lalang:  "Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus."  (2 Yohanes 1:7).

Kita harus selalu berjaga-jaga dan waspada, sebab Iblis tiada berhenti untuk menaburkan benih-benih yang jahat dan menyesatkan!

21 comments:

  1. Jadikan aku ya Tuhan benih yang baik dan walaupun hambaMu ada ditengah2 ilalang tapi akan tubuh subur dan menghasilkan buah2 kebenaranMu...Amin.

    ReplyDelete
  2. Di dalam Nama Tuhan Yesus,kuasa iblis di kalahkan. Amin πŸ˜‡✝️

    ReplyDelete
  3. Berikan kami hikmat,agar kami bisa membedakan mana penyesat nabi palsu, antikris,Amin tetap waspada..

    ReplyDelete
  4. Amin Terima kasih Tuhan Yesus Kristus atas perlindungan-Mu dalam hidup dan kehidupan kami anak anak-Mu di sepanjang masa yang Tuhan kehendaki.πŸ™πŸ™πŸ™πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  5. Amin,Puji Tuhan...πŸ˜ŠπŸ˜‡

    ReplyDelete
  6. Amin,puji Tuhan,Tuhan Yesus tutup bungkus keluarga kami dengan kuat kuasa darah YesusMu Bapa,pagari kami dengan perisai pagar tembokMu Bapa,Tuhan Yesus beri kami roh ketaatan,roh iman dan takut akan Tuhan Yesus,amin

    ReplyDelete
  7. Terima kasih Yesus untuk pemeliharaanMu yang sempurna pada kami, Amin.

    ReplyDelete
  8. Puji Tuhan,Amin πŸ˜‡πŸ™

    ReplyDelete
  9. Tambakan hikmatMu kepadaku agar bisa mengerti

    ReplyDelete
  10. Tuhanlah cahaya yang illahi nya

    ReplyDelete