Thursday, April 16, 2020

TIDAK LAGI BERLOMBA DENGAN BAIK

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 16 April 2020

Baca:  Galatia 5:1-15

"Dahulu kamu berlomba dengan baik. Siapakah yang menghalang-halangi kamu, sehingga kamu tidak menuruti kebenaran lagi?"  Galatia 5:7

Ada gejala kesuaman dan kemerosotan rohani melanda jemaat di Galatia!  Mereka tidak lagi bersemangat dalam mengerjakan perkara-perkara rohani, bahkan banyak dari mereka yang mulai goyah imannya karena terpengaruh oleh ajaran-ajaran lain.  Apa yang menjadi penyebabnya?  Ternyata ada guru-guru palsu yang dengan sengaja mengacaukan dan menghasut jemaat dengan menanamkan ajaran yang menyimpang dari Injil Kristus.

     Untuk memperoleh keselamatan, menurut mereka  (guru-guru palsu), kita harus mengikuti adat-istiadat Yahudi dengan berbagai peraturan yang dirasa sangat memberatkan.  Akhirnya hal itu menimbulkan kebimbangan di dalam hati jemaat dan memengaruhi perkembangan iman mereka.  Rasul Paulus menjadi sangat geram:  "...barangsiapa yang mengacaukan kamu, ia akan menanggung hukumannya, siapapun juga dia...Baiklah mereka yang menghasut kamu itu mengebirikan saja dirinya!"  (Galatia 5:10b, 12).  Ditegaskan:  "...keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."  (Kisah 4:12).  Hanya oleh iman kepada Kristus kita beroleh keselamatan,  "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu,"  (Efesus 2:8).

     Di zaman sekarang ini banyak bermunculan ajaran-ajaran yang melenceng dari Injil yang seringkali membuat banyak orang Kristen  'terombang-ambing'  dan akhirnya mereka melakukan kompromi dan tidak lagi hidup dalam kebenaran sejati.  Ingat!  Hidup kekristenan adalah sebuah perlombaan iman.  Berbicara tentang perlombaan berarti butuh perjuangan, disiplin, semangat dan fokus.  Kristus telah memerdekakan kita dari dosa, karena itu kita harus berdiri teguh dan jangan sampai goyah!   "Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita."  (Ibrani 12:1).

Tetaplah hidup dalam kebenaran  (hidup seturut dengan Injil Kristus)  dan jangan pernah digoyahkan oleh ajaran-ajaran yang menyesatkan!

20 comments:

  1. Biarlah roh kami tetap menyala dalam mengiring ENGKAU Tuhan, tidak dingin & panas, suam dalam Tuhan, mengikuti ajaran yg menyesatkan, tapi tetap berdiri teguh dalam Tuhan..haleluyah Amin..

    ReplyDelete
  2. Marilah kita berlomba dalam iman dan kebenaran akan Yesus Kristus sehingga tak akan mungkin ajaran2 yg menyesatkan dapat membuat iman kita lemah... Berdirilah teguh dan maju melawan tipu daya iblis...Tetap kuat mempertahankan iman sampai Tuhan Yesus datang dan kita menjadi PEMENANG...Halleluya Amin.

    ReplyDelete
  3. Amin πŸ™


    God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  4. Amin terima kasih atas firman Tuhan yang terus mengingatkan kami dan hanya dalam kasih sayang Tuhan Yesus Kristus sajΓ lah kami beroleh selamat dan damai sejahtera.πŸ™πŸ™πŸ™πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  5. Halleluyah Amin..Terima kasih Tuhan buat Firman Mu..

    ReplyDelete
  6. Puji Tuhan, Haleluya, Amin .

    ReplyDelete