Tuesday, April 28, 2020

MELIBATKAN TUHAN DI SEGALA PERKARA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 28 April 2020

Baca: 1 Samuel 23:1-13

"Diberitahukanlah kepada Daud, begini: 'Ketahuilah, orang Filistin berperang melawan kota Kehila dan menjarah tempat-tempat pengirikan.'"  1 Samuel 23:1

Ketika diperhadapkan dengan masalah atau situasi sulit, kita seringkali bertindak dengan mengandalkan kekuatan sendiri, karena merasa diri mampu untuk mengatasinya.  Kita tak pernah melibatkan Tuhan untuk setiap keputusan dan tindakan yang kita ambil.  Alkitab memperingatkan:  "Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana."  (Amsal 19:21).  Sebuah keputusan bijak bila sebelum mengambil sebuah keputusan atau tindakan, kita berdoa memohon tuntunan daripada Tuhan.

     Daud, salah satu contoh seorang yang selalu berdoa  (mencari Tuhan)  terlebih dahulu, sebelum mengambil sebuah keputusan dan melakukan suatu tindakan!  Dengan kata lain, Daud selalu melibatkan Tuhan di segala aspek kehidupannya.  Ketika ada seorang yang datang kepada Daud untuk menyampaikan berita tentang keadaan politik dan keamanan di Kehila:  "Ketahuilah, orang Filistin berperang melawan kota Kehila dan menjarah tempat-tempat pengirikan."  (ayat nas), Daud pun tidak langsung bertindak, tapi ia berdoa dan bertanya kepada Tuhan terlebih dahulu:  "'Apakah aku akan pergi mengalahkan orang Filistin itu?' Jawab TUHAN kepada Daud: 'Pergilah, kalahkanlah orang Filistin itu dan selamatkanlah Kehila.'"  (1 Samuel 23:2).  Setelah mendapatkan jawaban dari Tuhan bahwa ia diijinkan untuk pergi ke Kehila, barulah ia melangkah.  Dan ketika orang-orang merasa ragu dan takut untuk pergi ke Kehila Daud kembali bertanya kepada Tuhan dan Tuhan kembali meneguhkan Daud untuk pergi ke Kehila.

     Pergilah Daud dan orang-orangnya ke Kehila dengan penuh percaya diri karena percaya Tuhan menyertai mereka.  Karena campur tangan Tuhan Daud berhasil mengalahkan musuh dengan kemenangan yang gemilang!  Bertanya kepada Tuhan apakah kita harus pergi atau tetap tinggal merupakan wujud kebergantungan kita kepada Tuhan sebelum kita mengambil suatu keputusan atau melangkah maju.  Kita perlu bertanya kepada Tuhan karena kita menyadari kekuatan dan kemampuan kita yang sangat terbatas, karena itu kita membutuhkan uluran tangan-Nya untuk menuntun dan menyertai kita.

"Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu."  Yakobus 4:15

26 comments:

  1. Setiap langkahku diatur oleh Tuhan...Disetiap langkah dan keputusan dimulai dengan doa mezbah pagi...Aku percaya Engkau yg menuntun langkahku dan tiada jalan yg buntu bersama Yesus dan selalu ada jalan keluar disetiap permasalahan...Haleluya Yesusku luar biasa...Amin.

    ReplyDelete
  2. Amin Puji Tuhan.πŸ™πŸ™πŸ™πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  3. Segala rencana apapun, biarlah kami melibatkan Engkau dalam setiap rencana kami, Amin..

    ReplyDelete
  4. Thanks God, Engkaulah perisai hidupku. Pelihara dan lindungilah kami

    ReplyDelete
  5. Tarima kasih untuk renungannya

    ReplyDelete
  6. bagaimana kita tau itu jawaban Tuhan dan bukan kehendak kita sendiri?

    ReplyDelete
  7. Amen...Haleluya, terpuji nama Tuhan.

    ReplyDelete
  8. Amin..biarlah ini menguatkan saya jika dalam masalah hanya datang kepada Tuhan dan menantikan pertolongannya.

    ReplyDelete
  9. Amin. Berkatilah and pimpinlah setiap langkah ku Tuhan.

    ReplyDelete
  10. Amin,terima kasih Bapa,sertai kami selalu Bapa,didalam tangan kuat kuasaMu Bapa,amin

    ReplyDelete
  11. Sungguh memberkati FirmanNya.,Amin..

    ReplyDelete
  12. Tuhan lindungi keluargaku, orang yg kukasihi dan umatMu yang hidup di alam semestaMu ini yg mohon pengasihan dan pengampunanMu ya Bapa.karena bukan rancanganku namun rancanganMu dan bukan kehendaku namun kehendakMu ya Bapa.terpujilah namaMu. Amin.

    ReplyDelete
  13. ,Tuhan ampunilah Dosa Ku ya Tuhan yg kadang dgn Ego ku aku mengambil tindakan tampa melibatkan engkau Ampunilahh Dosa Ku ya Tuhan....

    Berkatilah Hidup Hamba kiranya hamba bisa belajar agar sllu melibatkan Engkau Tuhan.
    Trimaksi Tuhan...

    ReplyDelete
  14. jawaban Tuhan indah pada waktunya. Jawaban Tuhan sudah pasti mendatangkan kebaikan dan berkat kepada kita dan orang disekitar kita. Jawaban Tuhan tidak seperti matematika. Ketika kita intim dengan Tuhan kita akan peka dengan kehendak Tuhan. melalui hikmat yang diberikan Tuhan kepada kita.

    ReplyDelete
  15. Amin...qt percaya dengan iman penyertaan Tuhan sangat sempurna, dan yg terutama dahulukan Tuhan maka Tuhan pasti menolong ...πŸ™

    ReplyDelete