Sunday, April 26, 2020

KELIMPAHAN SEBAGAI ALAT UJI IMAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 26 April 2020

Baca:  1 Petrus 4:12-19

"Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu."  1 Petrus 4:12

Apa yang terjadi dalam kehidupan kita ini tak ada yang kebetulan karena semua ada dalam pengawasan dan kendali Tuhan.  Terkadang Tuhan mengijinkan suatu peristiwa terjadi dalam hidup orang percaya sebagai perwujudan dari kasih-Nya, perhatian-Nya, dan kepedulian-Nya.  Jadi Tuhan mengerjakan segala sesuatu dalam hidup kita ini bukan tanpa suatu maksud, tetapi selalu ada rencana-Nya, yang salah satunya adalah hendak mengukur dan menguji kualitas iman kita, apakah kita tahan ujian atau tidak.  "...orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat."  (Matius 10:22).

     Iman seseorang takkan teruji kualitasnya tanpa melewati ujian!  Salah satu cara yang Tuhan gunakan untuk menguji iman seseorang adalah melalui ujian berkat atau kelimpahan  (Lukas 12:13-21).  Ketika orang hidup dalam kelimpahan, keberkatan, atau berlimpah harta, hatinya cenderung berpaut kepada harta yang ia miliki daripada kepada Tuhan.  Ia tidak lagi menyandarkan hidup kepada Tuhan, tapi kepada hartanya, Tuhan tidak lagi diprioritaskan,  "Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada."  (Matius 6:21).  Karena merasa punya segala-galanya, mereka tidak lagi membutuhkan Tuhan, dengan kata lain Tuhan tidak lagi menjadi prioritas dalam hidupnya!

     Rasul Paulus berpesan kepada Timotius,  "Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati."  (1 Timotius 6:17).  Justru dalam keadaan sentosa  (hidup dalam kelimpahan)  kita harus mengasihi Tuhan lebih sungguh, karena kita tahu bahwa semua yang kita miliki itu berasal dari Tuhan, Tuhan adalah Pemilik segalanya, dan kita ini hanya dipercaya untuk mengelola berkat itu, jangan malah melupakan Tuhan dan meninggalkan Dia.  "Aku telah berbicara kepadamu selagi engkau sentosa, tetapi engkau berkata: 'Aku tidak mau mendengarkan!'"  (Yeremia 22:21a).

Jangan sampai terlena dengan berkat materi.  Dengan kelimpahan berkat yang diterima kita bisa menggenapi rencana Tuhan, yaitu menjadi saluran berkat.

12 comments:

  1. Ya Tuhan segala berkat yang ku terima adalah kepunyaanMu... Jadikan hambaMu ini tahan uji sehingga segala ujian yang Engkau ijinkan terjadi membawa hambaMu menjadi naik kelas bukan turun dan biarlah ujian ini membawa kami sekeluarga semakin berkwalitas dalam iman dan percaya kami kepadaMu...Amin.

    ReplyDelete
  2. Apa yg kami miliki, semua karena Anugrah Tuhan, Yesus luar biasa, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ya tuhan yesus atas segala kelimpahan yg engkau berikan. Ajarlah anakmu ini ya tuhan untuk selalu mengucap syukur kepada engkau. Amin

    ReplyDelete
  4. Karena semua yg kita miliki hanya titipan.untuk itu jngn pernah kita melupakan Dia,dan mengucapsyukur selalu dalam keadaan apapun itu.
    Amin..
    Happy Sunday
    Tuhan Yesus memberkati kita semua.

    ReplyDelete
  5. Amin Puji TuhanπŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  6. Amin.., Terpujilah Tuhan, firmam yg hidup bagi Kita orang Percaya.

    ReplyDelete