Sunday, April 12, 2020

KEBANGKITAN KRISTUS: Kemenangan Orang Percaya

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 12 April 2020

Baca:  1 Korintus 15:1-34

"Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu."  1 Korintus 15:17

Orang percaya patut berbangga hati dan bersukacita karena kita punya Tuhan yang hidup dan berkuasa!  Hari ini kita memperingati kebangkitan Kristus dan kematian!  "...Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;"  (1 Korintus 15:3-4).  Kebangkitan Kristus adalah kemenangan iman orang percaya.  Ini merupakan penegasan kebenaran ajaran Kristus.  Pernyataan-Nya tentang kematian dan kebangkitan-Nya benar-benar telah digenapi  (Matius 16:21).

     Tak bisa dibayangkan andai saja Kristus tidak bangkit pada hari yang ke-3.  Rasul Paulus menyatakan,  "...sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu."  (1 Korintus 15:14).  Jadi jika Kristus tidak bangkit pada hari ke-3, sia-sialah jerih lelah dan pengorbanan para hamba Tuhan, penginjil atau misioner memberitakan Injil sampai ke pelosok, pedalaman, pegunungan, pedesaan, mengarungi laut dan samudera, bahkan sampai ke seluruh penjuru ujung bumi ini.  Inilah yang membedakan kekristenan dan kepercayaan yang lain.  Iman Kristen adalah iman yang berdiri atas kebangkitan Kristus.  Tanpa kebangkitan-Nya sia-sialah pemberitaan Injil dan kekristenan tidak akan pernah ada sampai detik hari ini.  Andai saja Kristus tidak bangkit, maka  "binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus."  (1 Korintus 15:18), sehingga setiap orang yang percaya kepada Kristus menjadi orang-orang yang paling malang di dunia;  sebaliknya karena Kristus telah bangkit, maka kita menjadi orang-orang yang berbahagia dan paling beruntung.  Mengapa?  Karena kebangkitan Kristus memberikan jaminan kehidupan kekal yang pasti bagi orang percaya.  Haleluyah!

     Oleh karena itu pengharapan hidup kita sebagai pengikut Kristus adalah bergantung mutlak kepada kebangkitan Kristus ini.  Hal inilah yang membuat rasul Paulus tetap memiliki roh yang menyala-nyala dalam memberitakan Injil, sekalipun harus diperhadapkan dengan ujian dan tantangan yang tidak ringan.

Karena Kristus sudah bangkit, maka Ia akan membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga  (Efesus 2:6).

17 comments:

  1. Kristus bangkit memberikan kita semangat yang baru untuk bangkit bersama Kristus, lebih bersemangat untuk bekerja dan melayani Tuhan...Halleluya... Amin

    ReplyDelete
  2. Selamat PASKAH untuk semua sahabat2 Kriatiani dan Keluargaku di Indonesia...Selamat PASKAH juga buat team AIR HIDUP, semakin bersemangat melayani Tuhan dan sesama...salam saya dari Qatar.

    ReplyDelete
  3. Amin πŸ™


    God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  4. Amen! Happy Easter all πŸ™

    ReplyDelete
  5. Sbab Dia hidup,, ada hari esok

    ReplyDelete