Saturday, January 25, 2020

NIAT JAHAT: Doa Tak Dijawab

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 25 Januari 2020

Baca:  Mazmur 66:1-20

"Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar."  Mazmur 66:18

Firman Tuhan secara tegas menyatakan bahwa faktor utama yang memisahkan manusia dari Tuhan adalah dosa  (Yesaya 59:1-2).  Sebaliknya, kekudusan mendekatkan manusia dengan Tuhan, sebab Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang Mahakudus,  "sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan."  (Ibrani 12:14).  Ini yang kurang disadari oleh kebanyakan orang Kristen, sehingga ketika doa-doanya tidak beroleh jawaban, dimana hal pertama yang mereka lakukan adalah langsung menyalahkan Tuhan.

     Jangan sekali-kali menyalahkan Tuhan!  Banyak faktor yang membuat doa-doa kita tak dijawab oleh Tuhan.  Faktor utamanya adalah dosa dan kesalahan kita  (Yesaya 59:1-2).  Karena itu kita harus mengoreksi diri terlebih dahulu sebelum complain kepada Tuhan.  Ayat nas adalah pernyataan luar biasa dari Daud, seorang raja yang mempunyai persekutuan yang karib dengan Tuhan.  Karena begitu dekat dengan Tuhan, Daud tahu benar apa yang menjadi kemauan dan kehendak Tuhan.  Kalau ada niat jahat dalam hati saja Tuhan tidak akan mendengar doanya, apalagi menjawab doanya.  Padahal itu hanya sebatas niat di dalam hati, belum diwujudkan melalui sebuah tindakan.  Terlebih-lebih bagi mereka yang melakukan kejahatan dan hidup dalam dosa,  "Pada waktu itu mereka akan berseru kepadaku, tetapi tidak akan kujawab, mereka akan bertekun mencari aku, tetapi tidak akan menemukan aku. Oleh karena mereka benci kepada pengetahuan dan tidak memilih takut akan TUHAN, tidak mau menerima nasihatku, tetapi menolak segala teguranku,"  (Amsal 1:28-30).  Sebelum semuanya terlambat, segeralah datang kepada Tuhan, akui dengan jujur setiap dosa kesalahan di hadapan-Nya.

     Tuhan kita adalah Tuhan yang setia, juga berlimpah dengan kemurahan,  "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."  (1 Yohanes 1:9).  "Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba."  (Yesaya 1:18).

"Kesalahanmu menghalangi semuanya ini, dan dosamu menghambat yang baik dari padamu."  Yeremia 5:25

15 comments:

  1. Thanks Jesus... Amin, semangat saat teduh semuanya, wake up...

    ReplyDelete
  2. Amin Puji Tuhan πŸ™
    Tuhan ampunilah kami segala dosa kami ya Tuhan πŸ™ πŸ™ πŸ™

    ReplyDelete
  3. Amin. Terima kasih Tuhan

    ReplyDelete
  4. Amin terima kasih Tuhan Yesus utk segala kasih,pengampunan dan dan berkat anugerahMu dalam menjalani th 2020 dengan kekuatan dan pimpinan Roh Kudus Mu

    ReplyDelete
  5. Jujur ini kali pertama aku baca alkitab waktu pertama aku mau buka renungan ini semua nats nya kenak ke aku ��

    ReplyDelete
  6. Jauhkanlah kami dari yang jahat, Tuhan.
    Amin πŸ™πŸ™πŸ™

    God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  7. terima kasih renungan kudusnya.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih Tuhanku.. Ajar kami utk lebih baik lagi,, ampuni kami Tuhan org berdosa ini, ampuni kami Tuhan atas segala kekurangan kesalahan kami..

    ReplyDelete